Pangeran Raja Atas Angin Cijenuk, Dakwah Islam di Bawah Ancaman Belanda

MyCipongkor.comPerjuangan Syekh Maulana Muhammad Syafei atau yang dikenal sebagai Pangeran Raja Atas Angin atau Eyang Dalem Cijenuk dalam menyebarkan agama Islam patut menjadi teladan. Betapa tidak, bangsawan yang juga pelopor penyebaran Islam di wilayah Bandung Barat itu berjuang tanpa kenal lelah dalam menyebarkan Islam di bawah bayang-bayang ancaman penjajah Belanda .

Pangeran Raja Atas Angin Cijenuk, Dakwah Islam di Bawah Ancaman Belanda

Syekh Maulana Muhammad Syafei yang bergelar Pengeran Atas Angin adalah tokoh yang pertama kali berdakwah menyebarkan agama Islam di Kabupaten Bandung Barat meliputi Garut hingga Sukabumi.

Dalam syiar Islamnya, Syekh Maulana Muhammad Syafei dibantu oleh Eyang Jaga Wadana, Eyang Jaga Raksa, dan Eyang Jaga Wulan. Mereka berjuang tanpa kenal lelah untuk menegakkan dan mengembangkan syiar Islam seperti yang telah diamanatkan leluhurnya.

Pada masanya beliau menghabiskan waktu di Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat setelah sebelumnya berasal dari Cirebon meski ada versi lainnya yakni dari Banten.

Makam Syekh Maulana Raden Muhammad Syafei berada di RT 07/RW 07, Desa Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Di sebelah makam sang pangeran, terdapat makam istrinya yakni Nyimas Rangga Wuluh. Bukti peninggalan dari tokoh awal penyebar Islam ini berupa makam keramat yang banyak diziarahi terutama pada bulan Rabiul Awal (Mulud).

Leave a Reply

Your email address will not be published.