Perlunya Pemahaman Internet Marketing untuk Generasi Muda Cipongkor

Tidak dipungkiri lagi seiring perkembangan zaman terutama dunia teknologi informasi, internet seolah menjadi rumah kedua bagi sebagian masyarakat kita dalam beraktivitas.

Sebagian besar dari kita mungkin saja lebih banyak dihabiskan di dunia internet, mulai dari bangun tidur kita sudah langsung memegang smartphone untuk mengecek aktivitas internet, minimal melihat isi WhatsApp dan halaman facebook, bahkan hingga menjelang tidurpun kita masih saja berselancar di dunia internet.

Internet yang sering dikenal sebagai dunia maya ini memang memiliki potensi yang sangat besar untuk mengubah hidup kita dari segi finansial. Dari awalnya tidak memiliki apa-apa hingga mampu membeli apapun yang kita inginkan, tentu saja jika kita tahu bagaimana cara memanfaatkan dunia internet untuk menjalankan sebuah bisnis.

Pemahaman internet marketing untuk generasi muda cipongkor

Mengenal Internet Marketing

Bisnis internet atau bisnis online atau internet marketing adalah sebuah istilah yang sering kita kenal bagi siapa saja yang menjalankan usahanya di dunia maya.

Menjalankan usaha di dunia maya pada dasarnya sama saja seperti menjalankan usaha di dunia nyata. Bedanya hanya pada cara yang dilakukan. Jika di dunia maya kita hanya memerlukan jaringan internet untuk melakukan aktivitas bisnis, sementara di dunia nyata tentu kita akan melakukannya secara langsung.

Sebagai contoh di lingkungan Cipongkor sendiri ada yang cukup sukses di bisnis kue dan cemilan hanya bermodalkan internet sebagai sarana promosi. Berpromosi hanya mengandalkan Facebook dan WhatsApp untuk menjangkau masyarakat lebih luas sehingga pesananpun terus berdatangan.

Ada pula yang berjualan kaos sablon dan produk-produk hadiah ulang tahun dengan memanfaatkan marketplace untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya.

Tentu bisnis online tidak melulu soal jualan di dunia maya, di Cipongkor sendiri ada juga yang berprofesi sebagai youtuber atau sering di kenal sebagai konten kreator. Juga ada yang menjadi blogger yang hanya membutuhkan modal kecil namun cukup mampu memberikan penghasilan yang lumayan besar.

Pemahaman Internet Marketing Untuk Generasi Mudah Cipongkor

Seperti dikatakan diatas ketika perkembangan zaman sudah semakin pesat terutama dunia teknologi informasi secara tidak langsung sudah mempengaruhi pola hidup masyarakat dalam berkomunikasi, mendapatkan informasi hingga perniagaan.

Semua aktivitas sebagian besar masyarakat lebih banyak dilakukan di dunia internet. Hal itulah yang melatar belakangi bahwa generasi muda Cipongkor wajib memahami dunia internet marketing untuk memanfaatkan peluang tersebut sehingga bisa di konversi menjadi sumber penghasilan.

Ada banyak sekali anak muda di perkotaan yang mampu memanfaatkan peluang ini untuk memperoleh penghasilan. Bahkan tidak sedikit diantara mereka masih berstatus pelajar SMP dan SMA.

Jika tidak memiliki produk untuk dijual maka anak-anak muda ini lebih memilih menjadi seorang blogger atau youtuber, selain itu modal yang dibutuhkan sangatlah minim.

Pilihan Bisnis Online Untuk Generasi Muda

Setidaknya ada beberapa model bisnis online yang bisa digeluti oleh generasi muda terutama pelajar, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjadi Blogger

Blogger adalah model bisnis online yang paling banyak dilakukan oleh generasi muda. Menjadi blogger tidaklah membutuhkan modal yang besar jika kamu sudah memiliki laptop atau PC yang terhubung dengan internet.

Kamu bisa membuat blog dari platform gratisan seperti blogger, kemudian mengurusnya semaksimal mungkin hingga mampu memberikan penghasilan setiap bulannya.

Cara kerjanya sederhana, kamu hanya perlu membuat blog kemudian rutin “mengupload” konten berupa artikel-artikel sesuai dengan tema blog kamu. Misalkan temanya adalah otomotif maka kamu bisa membuat berbagai artikel seputaran otomotif.

Ada banyak orang di dunia maya yang mencari informasi seputaran otomotif dan jika sebagian besar dari mereka menemukan blog kamu di mesin pencarian maka blog kamu akan ramai pengunjung.

Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari banyak sumber, misal dari program periklanan Google Adsense atau iklan mandiri dari sponsor.

Model bisnis ini sangat cocok untuk para pelajar karena tidak membutuhkan modal yang banyak juga bisa dilakukan kapan saja sehingga tidak mengganggu aktivitas sekolah, justru wawasan kamu akan semakin luas jika menjadi seorang blogger.

2. Menjadi Penulis Blog

Tahukah kamu di Indonesia ini ada banyak sekali orang yang berprofesi sebagai blogger. Mereka mampu menghasilkan uang puluhan hingga ratusan juta perbulannya hanya dengan membuat dan mengurus blog.

Mereka bahkan memiliki cukup banyak blog dengan berbagai tema dan semua blog tersebut harus rutin di update artikel. Maka sudah pasti tidaklah mungkin seseorang mampu mengurus banyak blog dengan membuat puluhan hingga ratusan artikel setiap harinya melainkan mereka memanfaatkan jasa pembuat artikel.

Jasa penulis artikel ini sangatlah potensial untuk digeluti, jika tidak percaya silahkan cari di mesin pencarian dengan kata kunci “jasa pembuatan artikel”, maka akan muncul berbagai website yang berprofesi sebagai pembuat artikel.

Apakah sulit membuat artikel? Tentu saja tidaklah sulit, hanya saja bagi kamu yang pemula mungkin tidak akan terbiasa, tapi lama-kelamaan kamu akan mampu membuat artikel yang bagus seiring luasnya wawasan kamu.

Tentu saja membuat artikel tidaklah mudah tapi ada cara yang mudah yang bisa kamu lakukan sehingga kamu mampu memproduksi artikel setiap harinya.

Seorang blogger yang mampu menghasilkan ratusan juta perbulan biasanya memiliki karyawan hingga puluhan orang yang bertugas hanya membuat artikel saja. Satu karyawan ada yang digaji antara Rp.3 juta hingga Rp.10 juta. Padahal mereka hanya membuat rata-rata 3 sampai 5 artikel pendek setiap harinya. Kalau sudah terbiasa mungkin hanya membutuhkan waktu 4 hingga 5 jam saja setiap harinya.

3. Jasa SEO (Search Engine Optimize)

Dunia blog tak lepas dari teknik SEO (Search Engine Optimize) yaitu teknik bagaimana blog bisa bersaing di internet sehingga mampu mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Jika kamu sudah menjadi blogger maka istilah SEO ini akan familiar. Usaha kamu untuk mendatangkan traffik ke blog kamu mulai dari cara pembuatan blog, cara pembuatan artikel yang baik, cara “backlink” blog dan lain sebagainya itu merupakan bagian dari SEO.

Ada banyak blogger yang lebih memilih jasa SEO ketimbang mengoptimasi blognya sendiri, alasannya cukup sederhana yakni tidak memiliki waktu. Hal inilah bisa menjadi peluang bagi kamu untuk menjadi seseorang yang mahir dalam dunia SEO dan membuka jasa SEO.

Ada banyak “sekolah ngeblog” di internet yang memberikan materi SEO, kamu tinggal fokus di materi tersebut dan mengembangkan teknik SEO kamu sendiri, kemudian menjual jasa SEO ke orang lain. Saya sendiri sering membeli jasa SEO dengan kisaran harga Rp. 1 juta untuk paket terendah untuk mengoptimalkan satu blog saya.

4. Menjadi Youtuber

Menjadi youtuber cukup menyenangkan karena kita hanya perlu membuat video. Tentu menjadi youtuber yang sukses butuh proses yang panjang, hanya saja jika kita sudah mengetahui caranya maka proses panjang tersebut bisa di persingkat.

Menjadi youtuber pada dasarnya mirip seperti menjadi blogger hanya saja konten yang kita produksi berbeda. Jika blogger kontennya berupa artikel dan gambar sementara pada youtube kontennya berupa video.

Sumber penghasilan youtube bisa didapatkan dari periklanan seperti Google Adsense.

5. Berjualan Online

Tentu saja berjualan online bagi kamu yang memang memiliki produk, kamu harus mulai aktif memasarkan produknya secara online. Kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, whatsapp, instagram, marketplace dan lain sebagainya.

Ada banyak yang sukses di bidang ini, ada yang memulainya dengan menjadi seorang dropshipper dengan menjualkan produk orang lain, namun ada juga yang menjualkan produk sendiri.

Ada banyak sekali model bisnis yang bisa kamu jalankan di dunia online karena pada dasarnya bisnis di dunia online adalah sama seperti bisnis di dunia offline hanya pada media yang digunakan yang berbeda.

Kesimpulan

Seiring perkembangan zaman dimana teknologi informasi semakin berkembang pesat, maka mau tidak mau generasi muda Cipongkor harus sudah mulai melirik akan potensi internet yang sangat besar ini.

Jika kita tidak memulainya dari sekarang tentu kita akan menjadi generasi yang tertinggal. Peran pemerintah juga sangat penting dengan memberikan pelatihan-pelatihan “online marketing” kepada generasi muda dengan mengundang para praktisi online.

Jika generasi muda Cipongkor melek akan internet maka seiring berjalannya waktu, generasi muda kita akan lebih cepat mandiri. Semoga saja.

Penulis: Deni Andrian

Leave a Reply

Your email address will not be published.