Kisah Sukses Petani Cipongkor, Modal Jutaan Untung Puluhan Juta

Kisah inspirasi sukses bertani modal jutaan untung puluhan juta

MyCipongkor.com – Peluang usaha dibidang pertanian sebenarnya cukup menjanjikan. Kali ini kita akan kupas tuntas potensi pertaninan di Cipongkor langsung ke narasumber yang bergelut didunia pertanian.

Adalah Kang Uus yang berprofesi sebagai petani, namun bukan padi yang dinaman melainkan aneka sayuran seperti kacang panjang, kol, cabai kriting, cabai besar dan lain sebagainya.

Kang Uus sudah empat tahun menjalani profesinya sebagai petani sayuran. Terdapat dua kebun yang sedang digarapnya saat ini dan tengah panen.

Kebun kacang panjang di Kampung Kebon Gelang, Desa Neglasari dan kebun cabai merah di Kampung Cisaladak, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Suka duka menjadi petani sudah dialami, mulai dari kerugian besar dari modal menanam Rp.25 juta tetapi hanya mampu menghasilkan Rp.7 juta saja dari hasil panennya.

“Dulu waktu masih belum seperti sekarang ini, saya pernah modal Rp.25 juta dan hanya narik Rp.7 juta saja, rugi besar”. Kata Kang Uus.

Hingga untung besar dari modal menanam Rp.7 juta dan mampu meraih keuntungan hingga Rp.56 juta dari hasil panennya.

“Tapi pernah juga nanam cabai modal Rp.7 juta terus untung samapi Rp.56 juta”, Tambahnya.

Menurut Kang Uus, bertani tidaklah sulit namun juga tidak gampang. Kalau salah dalam mengelola tanaman dikebunnya maka kemungkinan besar akan gagal. Oleh sebab itu, Kang Uus menyarankan anak-anak muda yang ingin terjun didunia pertanian agar jangan malu belajar terutama memahami nutrisi tumbuhan.

Selain itu, bergabung ke kelompok tani atau komunitas akan memberikan banyak ilmu dan wawasan. Mulai dari pemilihan benih yang tepat, cara merawat tanaman hingga riset sayuran yang akan laris pada beberapa bulan kedepan. Bukan hanya itu, komunitas juga membantu dalam hal pemasaran hasil panen.

Kebun Cabai yang dimiliki Kang Uus saat ini memiliki luas 6000 meter persegi dengan lebih dari 2000 pohon cabai. Satu pohon cabainya mampu menghasilkan lebih dari satu kilogram buah cabai. Perkiraan total hasil panennya mencapai 2 ton.

Harga cabai jika tengah bagus bisa mencapai Rp.60.000 sampai Rp.70.000 perkilogramnya, namun untuk saat ini masih dikisaran Rp.12.000 perkilogramya.

Jika cabai dari luar daerah seperti Jawa Tengah apalagi dari luar negeri masuk ke wilayahnya maka akan mempengaruhi harga cabai lokal menjadi lebih murah.

Kini dengan segudang pengalamannya di dunia pertanian, Kang Uus sudah paham betul bagaimana cara memperoleh profit besar dari kebunnya juga cara meminimalisir keurigan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.