7 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Bikin Betah Anak Kos!

Kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah

Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia – Berbicara mengenai kota-kota di Indonesia dengan biaya hidup paling mahal hingga paling murah tentu menjadi perbincangan yang cukup menarik dikalangan warganet.

Kota-kota besar seperti Jakarta yang memberikan gaji besar memang cukup menarik bagi banyak orang, namun tidak lupa biaya hidup yang besar juga kerap menjadi keluhan.

Nah kali ini, kita akan bahas mengenai 7 kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah yang tentu saja akan bikin betah para perantau yang ngekos terutama para pelajar seperti mahasiswa, berikut ini ulasannya.

1. Sibolga, Sumatera Utara

Kota si Bolga dengan biaya hidup termurah di Indonesia
Kota Sibolga (sumber sibolga.net)

Kota Sibolga di Sumatera Utara berada di pesisir pantai dengan kekayaan alam yang melimpah. Tentu saja kamu bakal disuguhkan beragam keindahan di Kota ini dan sekitarnya.

Mulai dari pantainya dengan pulau-pulau dan perbukitan, hingga wisata bersejarah dengan adanya Benteng Simare-mare.

Kota ini cukup bersahabat dengan isi kantong dimana hidup disini cukup dengan Rp.1 juta hingga Rp.1,5 juta saja perbulan sudah cukup. Apalagi UMK Sibolga terbilang lumayan untuk tahun 2021 ini mencapai Rp3.003.922. Mantap bukan?

2. Metro, Lampung

Kota Metro Lampung dengan biaya hidup termurah di Indonesia
Kota Metro (sumber disporapar.metrokota.go.id)

Awalnya saya tidak tahu ada Kota Metro di Lampung, namun setelah ada kawan dari sana akhirnya saya jadi tahu. Namun yang menarik adalah biaya hidup di kota Metro ini cukup murah karena dengan uang Rp.600 ribu hingga Rp.800 ribu saja sebulan sudah cukup, sementara biasa kost sekitar Rp.350 ribuan saja.

Lantas bagaimana dengan UMKM di Metro? Tidak sebesar di Sibolga yang mencapai Rp.3 jutaan, di Metro justru hanya sekitar Rp.2.433.381. Yupz, sesuai dengan biaya hidupnya kan.

3. Banyuwangi, Jawa Timur

Kota Banyuwangi dengan biaya hidup termurah di Indonesia
Kota Banyuwangi (sumber wisata.pesona.travel)

Kota Bayuwangi terkenal dengan kebudayaannya yang masih terjaga, selain itu Kotanya masih asri dan banyak destinasi wisatanya. Namun lebih dari itu, tinggal di Kota ini juga cukup murah.

Menurut data BPS menyebutkan, untuk hidup layak di Kota Bayuwangi untuk satu keluarga perbulannya cukup dengan Rp.3.029.367.

Harga rumah di Kota ini juga cukup terjangkau, tipe 36 saja dibandrol dibawah Rp.300 jutaan.

Sementara untuk UMK Kota Banyuwangi memang cukup murah hanya sekitar Rp.2.314.278,87. Tapi dengan biaya hidup yang murah tentu sudah cukup nyaman tinggal disini.

4. Cirebon, Jawa Barat

Kota Cirebon dengan biaya hidup termurah di Indonesia
Kota Cirebon (sumber @cirebon.banget)

Di Provinsi Jawa Barat untuk biaya hidup yang cukup murah kamu bisa mencoba tinggal di Cirebon. Kota yang terkenal sebagai penghasil udang ini memiliki UMK terbaru tahun 2021 sebesar Rp2.271.210.

Biaya kos dikisaran Rp.500 ribu dengan fasilitas yang bikin betah, sementara biaya makan mulai dari Rp.15 ribuan sekali makan sudah cukup bikin kenyang.

5. Solo, Jawa Tengah

Kota Solo dengan biaya hidup termurah di Indonesia
Kota Solo (sumber surakarta.go.id)

Solo bisa disebut sebagai salah satu kota pelajar juga lantaran disini terdapat Universitas Negeri Solo (UNS) yang menjadi favorit banyak pelajar di Indonesia.

Selain itu, Kota Solo juga memiliki cukup banyak destinasi wisata seperti Taman Balekambang, Grojogan Sewu Tawangmangu, hingga Pandawa Water World Solo Baru. Kamu juga bisa berkunjung ke Kota Jogjakarta dengan perjalanan sekitar satu jam saja, juga ke Semarang dengan jarak yang hampir sama.

Menariknya, Kota Solo juga digadang-gadang sebagai Kota dengan biaya hidup termurah se Indonesia. Biaya kos mulai dari Rp.1 juta pertahun hingga Rp.3 jutaan pertahun dengan fasilitas mewah.

Sementara biaya makan masih bisa menemukan menu makanan seharga Rp.5000 saja.

UMK Kota Solo pertahun 2021 mencapai Rp.2.013.810, memang cukup murah tapi ya itu sesuai dengan biaya hidup yang harus kamu keluarkan setiap bulannya, masih bisa nabung lah hehe.

6. Purwokerto, Jawa Tengah

Kota Purwokerto dengan biaya hidup termurah di Indonesia

Banyak pelajar yang meneruskan kualiah di Purwokerto yakni UNSOED (Universitas Jenderal Soedirman) yang sudah terakreditasi A. Semua fasilitas umum dan hiburan juga ada disini.

Selain itu jika ingin kos dengan fasilitas mantap cukup dengan membayar Rp.600 ribu saja perbulannya. Sementara biaya makan masih sangat terjangkau, maklum saja UMK Kota Purwokerto masih kecil hanya mencapai Rp.1.970.000.

7. Yogyakarta, DIY

Kota Yogyakarta dengan biaya hidup paling murah di Indonesia

Saya sendiri adalah alumni Yogyakarta, sempat kuliah di kota Gudeg ini dan menghabiskan waktu sekitar 6 tahun. Jelas Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar di Indonesia ini memiliki banyak sekali Universitas baik negeri maupun swasta.

Kos di Kota ini mulai dari Rp.300 ribu perbulan juga ada, kalau mau bayar Rp.500 rb perbulan sudah pasti mendapatkan faslitas mewah. Biaya makanpun cukup murah lantaran masih ada menu makanan yang dibandrol dibawah Rp.10.000.

Wajar saja semua murah di Kota Yogyakarta karena UMK kota ini masih dikisaran Rp.1.765.000. Namun yang pasti, kota ini adalah kota yang sangat nyaman dan bahagia.

Nah itulah 7 Kota di Indonesia dengan biaya hidup yang murah, kira-kira kamu pilih tinggal di kota mana? Kalau saya pribadi milih antara Solo dan Yogyakarta hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.