7 Cara Menghemat Kuota Zoom Saat Belajar Online

Cara menghemat kuota internet saat zoom meetings

Pada masa pandemi ini aplikasi Zoom meetings menjadi salah satu aplikasi populer saat ini untuk melakukan pertemuan secara online.

Dengan aplikasi ini kita masih bisa bertatap muka meski secara online sehingga kegiatan rapat maupun pembelajaran siswa masih bisa dijalankan.

Hanya saja untuk menggunakan aplikasi ini kita memerlukan jaringan internet, apalagi jika kita menggunakan kuota data internet maka akan terasa semakin boros seiring durasi pertemuan yang semakin lama.

Cara Hemat Kuota Internet Zoom

Agar kuota data internet tidak terlalu boros ada beberapa cara yang bisa kita lakukan selagi menggunakan aplikasi Zoom Meetings, berikut ini rinciannya.

1. Mematikan Kamera Jika Tidak Diperlukan

Jika kegiatan rapat online ini berkesan biasa saja tidak terlalu resmi atau non-formal maka kamu tetao bisa mengikutinya hanya saja dengan mematikan fitur kameranya.

Caranya cukup memilih opsi “Turn Off Camera”. Atau jika kamu bertindak sebagai host maka kamu bisa langsung mematikan fitur kamera untuk orang lain. Hal ini cukup mampu mengurangi konsumsi kuota data internet sehingga lebih irit.

2. Matikan Kualitas Vide-HD

Seperti halnya nonton video secara online ketika jaringan internet lemot maka kualitas video akan secara otomatis diturunkan. Nyatanya hal ini juga cukup efektif mengirit kuota saat melakukan Zoom Meetings, kamu tingga mematikan fitur kualitas HD (Hight Definition) pada resolusi video.

Caranya masuk ke “Setting” atau Pengaturan, kemudian pilih opsi “Video” dan pada “My Video” tinggal di centang pada “Enable HD”.

3. Menggunakan Share Screen Jika Diperlukan

Jika tidak diperlukan sebaiknya jangan sering menggunakan fitur berbagi layar atau Sharing Screen.

4. Manfaatkan Dokumen Online

Solusinya jika tidak menggunakan share screen adalah dengan menggunakan platform dokumen online. Kamu bisa memanfaatkan Google Sheet, Google Docs atau yang lainnya untuk berbagi dokumen presentasi.

5. Mematikan Microfon Saat Tidak Bicara

Mengirit kuota data internet saat melakukan Zoom meetings adalah dengan mematikan microfon saat kamu tidak berbicara, caranya cukup mudah.

Pada zoom versi dekstop pilih “Setting” atau pengaturan di sudut kanan atas. Kemudian pilih “Audio” kemudian bisa mencentang 4 opsi ini untuk mematikan microfon:

  • “Automatically join audio by computer when joining a team”
  • “Mute my microphone when joining a meeting”
  • “Press and hold SPACE key to temporarily unmute yourself”
  • “Sync button on headset”

6. Menggunakan Perekaman Cloud

Zoom menyediakan layanan cloud sehingga kamu bisa merekam kegiatan rapat di layanan tersebut. Secara otomatis rekaman video akan langsung masuk ke Cloud.

7. Matikan Aplikasi Lainnya

Hindari menggunakan aplikasi lain saat Zoom Meetings seperti youtube, streaming video, upload hingga download. Gunakan satu aplikasi saja yakni Zoom untuk mengurit kuota internet.

Nah itulah 7 cara menghemat kuota internet saat menggunakan Zoom Meetings untuk rapat atau belajar online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.