Pengertian Perencanaan (Planning) Beserta Jenis-jenisnya

pengertian perencanaan atau planning adalah

Setiap kegiatan manajemen pastilah tidak akan lepas dari perencanaan. Perencanaan atau planning adalah hal terpenting agar kegiatan manajemen bisa berjalan dengan baik.

Saat kita akan mengadakan sebuah kegiatan maka kita membutuhkan perencanaan yang matang. Hal ini agar apa yang kita kerjakan menjadi lebih terstruktur dan berorientasi pada tujuan.

A. Pengertian Perencanaan

Pengertian perencanaan atau planning secara umum adalah suatu proses yang menjelaskan sebuah tujuan dengan menyertakan strategi berupa langkah-langkah yang akan di kerjakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan atau planning juga bisa diartikan sebagai sebuah rencana kegiatan yang terstruktur untuk mencapai sebuah tujuan dalam kurun waktu tertentu.

Rencana (plan) terbagi menjadi dua yakni rencana formal dan rencana informal. Rencana formal adalah rencana yang diketahui bersama anggota organisasi, rencana yang tertulis yang merupakan kesepahaman akan tujuan bersama sehingga rencana formal ini harus dikerjakan oleh setiap anggota.

Sementara rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis yang tidak harus diketahui oleh setiap anggota organisasi dan bukan pula tujuan bersama.

Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

Sebagai rujukan mengenai pengertian perencanaan, maka kami suguhkan beberapa ahli yang mendefinisikan mengenai pengertian perencanaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Erly Suandy

Pengertian perencanaan adalah suatu proses penentuan tujuan organisasi dan kemudian menyajikan dengan jelas strategi-strategi, taktik-taktik, dan operasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh.

  1. Barbara Becker

Pengertian perencanaan adalah suatu cara rasional untuk mempersiapkan masa depan.

  1. John Douglas

Perencanaan adalah suatu proses kontinu dari pengkajian, membuat tujuan dan sasaran, dan mengimplementasikan serta mengevaluasi atau mengontrolnya.

  1. Jaqueline Alder

Perencanaan adalah suatu proses menentukan apa yang ingin dicapai di masa yang akan datang serta menetapkan tahapan-tahapan yang dibutuhkan untuk mencapainya.

  1. George Steiner

Perencanaan adalah suatu proses memulai dengan sasaran-sasaran, batasan strategi, kebijakan, dan rencana terperinci untuk mencapainya, mencapai organisasi untuk menerapkan keputusan, dan termasuk tinjauan kinerja dan umpan balik terhadap pengenalan siklus perencanaan baru.

B. Jenis-Jenis Perencanaan

Berikut ini jenis-jenis perencanaan dan penjelasannya, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan Berdasarkan Jangka Waktu

  • Rencana jangka panjang (long term planning) – adalah perencanaan yang dibuat dan berlaku cukup lama yakni 10 tahun hingga 25 tahun.
  • Rencana jangka menengah (medium range planning) – adalah perencanaan yang dibuat dan berlaku dalam waktu 5 hingga 7 tahun.
  • Rencana jangka pendek (short range planning) adalah perencanaan yang dibuat dan berlaku kurang lebih hanya 1 tahunan saja.

2. Perencanaan Berdasarkan Ruang Lingkup

  • Rencana strategis (strategic planning) – adalah perencanaan yang di dalamnya menjelaskan kebijakan jangka panjang serta waktu pelaksanaan yang cukup lama. Biasanya rencana strategis ini akan sulit dirubah.
  • Rencana taktis (tactical planning) – adalah perencanaan yang di dalamnya menjelaskan kebijakan jangka pendek dan bersipat taktis atau mudah menyesuaikan selama tujuannya masih sama.
  • Rencana terintegrasi (integrated planning) – adalah perencanaan yang di dalamnya terdapat penjelasan secara lebih menyeluruh dan terpadu.

3. Perencanaan Berdasarkan Tingkatan

  • Rencana induk (master plan) – adalah sebuah perencanaan yang menitik beratkan pada kebijakan organisasi yang berisi tujuan jangka panjang dengan ruang lingkup yang lebih luas.
  • Rencana operasional (operational planning) – adalah perencanaan yang lebih fokus pada pedoman maupun petunjuk pelaksanaan program organisasi.
  • Rencana harian (day to day planning) – adalah perencanaan yang bersifat harian dan rutin dikerjakan.

C. Kesimpulan

Setelah mengetahui penjelasan diatas maka bisa dikatakan perencanaan merupakan sebuah proses itelektual mengenai tujuan seseorang ataupun organisasi dengan berisikan berbagai tindakan-tindakan untuk mencapai sebuah tujuan.

Perencanaan sendiri merupakan fungsi manajemen yang fundamental yang mencakup pengambilan sebuah keputusan mengani apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan siapa yang melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.