100 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib di Kunjungi

Halo sobat sekalian, kali ini kita akan berikan informasi mengenai tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi saat liburan tiba. Pulau Jawa memang memiliki banyak sekali destinasi wisata, salah satunya ada di Jawa Tengah.

Bagi sobat yang berasal dari Jawa Tengah tentu suda tidak asing lagi dengan daftar kali ini, namun bagi yang berasal dari luar Jawa Tengah bisa menjadi referensi menarik tempat wisata yang siap dikunjungi bareng keluarga dan teman-teman.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Jawa Tengah yang ber-ibu kota di Semarang memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Banyak diantaranya dijadikan objek wisata unggulan seperti pegunungan dan pantai. Selain itu banyak kota di Jawa Tengah yang menjadi ikon pariwisata yang menarik, berikut ini daftar tempat wisata di Jawa Tengah sebagai referensi sobat sekalian.

1. Taman Nasional Karimun Jawa, Jepara

Tempat wisata di Jawa Tengah Karimun jawa
Kawasan Taman Wisata Karimun Jawa @inspirasinusantara

Taman Nasional Karimunjawa adalah cagar alam laut yang dilindungi dan juga seagai pusat observasi laut. Selain itu tempat ini sudah dikenal sebagai tempat wisata yang menyuguhkan keidahan pantainya yang sudah di kenal hingga ke mancanegara.

Ada banyak kegiata liburan disini selain jalan-jalan dan kulineran juga ada beragam permainan air seperti snorkeling, berenang dan menyelam, menjelajahi bibir pantainya yang indah dan lain sebagainya. Ini menjadi destinasi terbaik bagi sobat yang menginginkan suasana pantai.

2. Wisata Baturaden di Banyumas

Tempat wisata Jawa Tengah Baturaden
Lokawisata Baturaden @hakimteacom

Tempat wisata di Baturaden cocok bagi sobat yang merindukan suasana alam dengan udaranya yang sejuk segar. Ada banyak sekali spot wisata di sini seperti pemandian air panas yang bernama Pancuran Pitu. Ada juga Wana Wisata Baturaden yang berada di lereng Gunung Slamet.

Dikawasan ini juga terdapat Taman Kaloka Widya yang juga mempunyai museum kerangka satwa Indonesia. Pokoknya wisata Baturaden adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi diakhir pekan nanti.

3. Wisata Candi Borobudur, Magelang

Wisata Jawa Tengah Candi Borobudur
Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia sebagai situs warisa dunia UNESCO. Lokasinya ada di Magelang, jika dari Kota Jogjakarta maka bisa di tempuh perjalanan selama 1.5 jam menggunakan kendaraan.

Kamu akan menyaksikan bangunan candi termegah yang ada di Indonesia dan dunia. Dimana disini terdapat 1460 relief dan 504 stupa Budha.

4. Wisata Kampung Batik Laweyan, Solo

Wisata Jawa Tengah, Kampung Batik Laweyan Solo
Kampung Batik Laweyan Solo, @pesonaindonesia

Kampung Batik Laweyan diketahui sebagai Kampung Batik tertua di Solo dan mungkin saja di Indonesia. Kabarnya Kampung Batik Laweyan sudah ada sejak Kerajaan Pajang sekitar abad ke-16. Jika di bandingkan dengan Keraton Kasunanan maka lebih tua Kampung Batik Laweyan.

Selain berbelanja Batik Laweyan Solo kamu juga bisa menikmati suasana disini yang terkesan eropa karean bangunan-bangunannya yang megah. Kabarnya bangunan disini dulunya merupakan hunian para saudagar batik.

5. Museum Purbakala Sangiran, Sragen

Museum Sangiran Wisata Jawa Tengah
Museum Sangiran

Sangiran di tetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia (World Heritage) karena memiliki 13.809 koleksi fosil manusia purba. Selain itu Sangiran memiliki peranan penting bagi ilmu pengetahuan di dunia khususnya untuk ilmu geologi, arkeologi, biologi dan lain sebagainya.

Maka tempat ini menjadi rekomendasi terbaik wisata yang bisa dikunjungi bareng keluarga sekaligus menambah wawasan pengetahuan akan dunia fosil jaman dulu.

6. Wisata Lawang Sewu, Kota Semarang

Wisata Jawa Tengah Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu, Semarang @ar_ferm

Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang banyak di rekomendasikan. Bangunan tua ini memiliki arsitektur yang sangat khas seperti jaman Belanda dulu dan sangat instagramable.

Bangunan ini berdiri sekitar tahun 1904 dan awalnya menadi pusat kantor perusahaan perkereta apian Belanda. Bangunan Lawang Sewu memiliki 1200 daun pintu dan 429 lubang pintu.

7. Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata Jawa Tengah Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa

Ambarawa menjadi salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang patut di kunjungi diakhir pekan ini. Kamu akan merasakan suasana masyarakat Jawa yang sesungguhnya disini.

Selain menikmati Kota Ambarawa dengan segala aktivitas masyarakatnya, kamu juga bisa berkunjung ke salah satu musem tua kereta api yakni Museum Kereta Api Indonesia.

8. Wisata Kota Lama, Kota Semarang

Wisata Jawa Tengah Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang @malioboro_insta

Ingin menikmati suasana Kota dengan bangunan-bangunan tua jaman Belanda dulu, maka kamu bisa mengunjungi kawasan Kota Lama di Kota Semarang. Kawasan ini sangat instagramable dan cocok untuk kaula muda yang berburu foto terbaik.

Salah satu bangunan tua dengan arsitektur khas Belanda adalah Gereja Blenduk yang usianya lebih dari 2.5 abad. Kamu bisa mengunjungi Polder Air Tawang, Stasiun Tawang dan Praoe Lajar.

9. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Wisata Jawa Tengah Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng @snaptrip.id

Kawasan Dieng menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang layak dikunjungi. Kawasan yang dikenal sebagai tempat persemayaman Dewa Dewi ini berjarak 30 KM dari pusat Kota Wonosobo dan memiliki cukup banyak tempat wisata.

Kamu bisa berkunjung ke Candi-cand Hindu, Bukit Sikunir Dieng, Sumur Jalatunda hingga Telaga Warna dengan pemandangan alam yang sangat menawan.

10. Ketep Pass, Magelang

Wisata Jawa Tengah Ketep Pass Magelang
Wisata Ketep Pass Magelang @ketep_pass_magelang

Ketep Pass adalah lokasi favorit saya untuk menikmati pemandangan kemegahan Gunung Merapi. Jika cuacanya tengah cerah maka Gunung Merapi akan terlihat sangat jelas, besar dan megah seolah-olah kita tengah berada dekat dengan Gunung tersebut.

Disini disediakan berbagai fasilitas untuk wisatawan, juga ada beberapa wahana seperti Gardu Pandang, Teropong, Bioskop Mini, Museum Vulkanologi dan lain sebagainya.

Dari pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan secara langsung pemandangan terindah lima Gunung yakni Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Slamet dan Gunung Sumbing.

11. Kedung Ombo, Kab. Grobogan

Kedung Ombo merupakan sebuah waduk yang sangat besar dengan luas mencapai 6.576 hektar. Waduk ini bahkan berbatasan langsung dengan tiga wilayah lainnya seperti Kabupaten Sragen dan Kabupaten Boyolali.

Kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah di kawasan waduk ini, selain itu kamu bisa melihat-lihat bangunan waduk yang besar. Kamu bisa menikmati area waduk dengan menggunakan perahu yang disewa, bisa juga berkegiatan mancing dan lain sebagainya.

12. Ngarsopura Night Market, Solo

Menikmati suasana keramaian Kota Solo dengan berburu kuliner dan lainnya maka kamu bisa berkunjung ke Ngarsopura Night Market yang berada di Jalan Diponegoro, Solo, Jawa Tengah.

Tempat ini dibuka setiap Sabtu dan Minggu dari pukul 7 malam hingga 9 malam. Selain banyak pedagang juga terdapat live performance Jazz, musik etnik, tari-tarian dan lain sebagainya.

13. Museum RA Kartini, Jepara

Jika kamu pencinta sejarah dan tengah berada di Kota Jepara maka tak auh dari pendopo terdapat Museum RA Kartini. Disini terdapat empat ruangan yang menggambarkan kisah RA Kartini semasa hidupnya serta benda-benda peninggalannya. Selain itu juga ada pula koleksi benda-benda purbakala yang sangat bersejarah.

14. Keraton Kasunanan Surakarta Hadinigrat, Solo

Didirikan pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, Keraton Kasunan Surakarta memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi Bangsa Indonesia. Disini terdapat Panggung Sanggabuwana yang memiliki mitos sebagai tempat bertemunya Susuhunan dengan Rat Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

15. Goa Jatijajar, Kab. Kebumen

Goa alam ini berada di Kecamatan Ayah, Kebumen yang terbentuk dari batu kapur. Disini terdapat ornamen tiang kapur, stalagmit, serta stalagtit ditambah dengan buah deodrama serta 32 patung yang bisa ditonton oleh para pengunjung.

16. Air Terjun Montel, Kab. Kudus

Lokasi Air Terjun Montel tidak jauh dari Makam Sunan Muria. Air terjun ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah, kamu juga bisa menikmati kesegaran airnya. Selain itu terdapat kios-kios dan tempat makan di sekitar area air terjun.

17. Jalan Pahlawan, Semarang

Kota Semarang sebagai Ibu Kota Jawa Tengah adalah kota yang sangat besar. Jalan-jalan yang lebar dengan trotoar yang memanjakan para pejalan kaki bisa menjadi pilihan berwisata saat ke Semarang, Jawa Tengah. Kamu bisa menikmati suasana Kota Semarang di Jalan Pahlawan ini, sebaiknya jalan-jalan pada waku sore agar cuaca tidak terlalu terik.

18. Rafting di Sungai Progo Atas

Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang cukup terkenal yakni kawasan Arung Jeram di Sungai Progo Atas yang memiliki jarak 12 KM. Kamu akan menikmati kegiatan rafting cukup lama mencapai 2.5 jam hingga 3 jam dengan beragam rintangan yang kita lalui. Lokasinya berada di Perumahan Griya Tok Songo, Magelang.

19. Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Salah satu destinasi alam bertemakan air terjun yang selalu ramai dikunjungi wisatawan di awa Tengah adalah kawasan Grojogan Sewu Tawangmangu. Air terjunnya cukup tinggi dan deras dengan pemandangan alam yang sempurna.

20. Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci,Tegal berada di lereng Gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni Gunung Slamet. Kamu bisa menikmati pemandian air panas sambil menikmati suasana alam yang asri. Pemandian air panas ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Berikut ini Beberapa Objek Wisata di Jawa Tengah Lainnya

  1. Candi Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah
  2. Pantai Petanahan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah
  3. Objek Mata Air Cokro (OMAC), Kab. Klaten, Jawa Tengah
  4. Pemandian Air Panas Krakal, Kab. Kebumen, Jawa Tengah
  5. Menyelam di Umbul Ponggok, Kab. Klaten, Jawa Tengah
  6. Teluk Penyu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah
  7. River Boarding Kali Pusur, Klaten, Jawa Tengah
  8. Pantai Suwuk, Kebumen, Jawa Tengah
  9. Benteng Vender Wijck, Gombong, Jawa Tengah
  10. Mendaki Gunung Merbabu, Kab. Magelang, Kab. Boyolali, Kota Salatiga, Kab. Semarang
  11. Gunung Slamet, Purwokerto
  12. Goa Petruk, Kebumen, Jawa Tengah
  13. Batur Agung, Purwokerto
  14. Pantai Nampu, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah
  15. Pemandian Tirta Husada Kali Bacin, Banyumas, Jawa Tengah
  16. Pantai Pulau Panjang, Jepara, Jawa Tengah
  17. Gua Maria Kaliori, Purwokerto, Jawa Tengah
  18. Pantai Karang Bolong, Kebumen, Jawa Tengah
  19. Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman, Purwokerto, Jawa Tengah
  20. Kawasan wisata Colo Kudus, Kudus, Jawa Tengah

Tempat Wisata di Jawa Tengah

  1. Telaga Pucung, Banyumas, Purwokerto
  2. Telaga Warna, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
  3. Curug Cipendok, Banyumas, Jawa Tengah
  4. Air Terjun Jumog, Solo,Jawa Tengah
  5. Air Terjun Kali Pancur, Desa Nogosaren, Semarang
  6. Gunung Merbabu, awa Tengah
  7. Candi Kukuh, Karanganyar, Jawa Tengah
  8. Gunung Sumbing, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Jawa Tengah.
  9. Gunung Ungaran Kab. Semarang
  10. Rawa Pening, Kab. Semarang Jawa Tengah

10 Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya

  1. Masjid Agung Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah
  2. Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah
  3. Pantai Menganti, Kebumen Jawa Tengah
  4. Saloka Theme Park, Semarang Jawa Tengah
  5. Brown Canyon, Semarang Jawa Tengah
  6. Pantai Kartini, Jepara, Jawa Tengah
  7. Bukit Sikunir Dieng, Jawa Tengah
  8. Dusun Semilir, Semarang Jawa Tengah
  9. Puncak Suroloyo, Perbukitan Menoreh, Yogyakarta
  10. Pantai Bandengan, Jepara, Jawa Tengah

Nah itulah daftar tempat wisata di Jawa Tengah yang cocok dikunjungi saat liburan tiba. Kami akan update terus daftar tempat-tempat wisata di Jawa Tengah dan di Indonesia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.