10 Fakta Negara Tajikistan, Tempat Pertandingan Timnas Indonesia vs Australia

Mungkin sebagian dari kita masih belum begitu familiar dengan negara Tajikistan. Belakangan negara yang berada di kawasan Asia Tengah ini cukup menarik perhatian banyak orang terutama pencinta sepakbola tanah air, pasalnya Tajikistan akan menjadi venue pertandingan penting antara Timnas Indonesia U-23 melawan Australia U-23.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Shin Tae Yong akan melakoni laga penting menghadapi Australia U-23 di ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 2022.

Pertandingan ini menjadi penentu langkah Indonesia apakah akan lolos ke Piala Asia U-23 2022 atau tidak. Mengingat di Grup G hanya tersisa dua tim saja yakni Indonesia dan Australia setelah Brunei Darussalam dan China memutuskan mundur dari pergelaran tersebut.

Sambil menunggu pertandingan akbar yang akan di helat pada 27 Oktober dan 30 Oktober tersebut, kita akan mengulas sedikit mengenai negara Tajikistan. Sebuah negara kecil yang memiliki banyak sungai ini awalnya merupakan bagian dari Uzbekistan.

Namun pada tahun 1929 memutuskan bergabung dengan Uni Soviet dan mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1991. Ibu Kota Tajikistan adalah Dushanbe. Menariknya pada tahun 2016 penduduknya di dominasi oleh kaum muda dengan usia dibawah 30 tahun yang mencapai 64 persen dari populasi totalnya.

Fakta-fakta Tajikistan

Penasaran dengan fakta-fakta negara Tajikistan? Berikut ini kami sampaikan ulasannya.

1. Penduduk Tajikistan sebagian besar adalah etnis Tajik. Agama mayoritas adalah Islam Sunni yang mencapai 96,7 persen. Sisanya adalah Syiah dan Kristen.

Tajikistan

2. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Tajik dan Rusia. Menariknya bahasa Tajik hampir sama dengan bahasa Persia.

Tajikistan

3. Terdapat pegunungan tinggi yang mencapai 7000 Mdpl, pegunungan ini bernama Pamir dan di juluki sebagai atap dunia.

Tajikistan

4. Tajikistan memiliki danau yang sangat jernih bernama Danau Iskanderkul. Danau ini pada siang hari memiliki kilau seperti zamrud.

Tajikistan

5. Tajikistan merupakan salah satu negara yang memiliki tiang bendera tertinggi kedua di dunia dengan tinggi 165 meter.

Tajikistan

6. Terdapat Bendungan Nurek yang memiliki ketinggian mencapai 304 meter dan masuk rekor dunia (Guinness World Records).

Tajikistan

7. Terdapat monumen berusia 2500 tahun yang bernama Benteng Gisser. Monumen ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Tajikistan

8. Uniknya wanita Tajikistan yang dianggap memiliki kecantikkan yang sempurna adalah yang memiliki alis menyatu (Unibrow).

Tajikistan

9. Palav, shashlik, manti, shurpa, serta samsa adalah makanan khas Tajikistan yang menggugah selera.

Tajikistan

10. Yeti adalah manusia salju yang menjadi legenda di Tajikistan, certia ini sudah dikenal secara turun temurun.

Tajikistan

Nah itulah 10 fakta unik mengenai Tajikistan, semoga Timnas Indonesia U-23 mamp mengalahkah Australia U-23 dan lolos ke Piala Asia U-23 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.