Manager Adalah: Pengertian, Tugas, Fungsi dan Contonya

Manager adalah

Kata manager pasti sudah sering kita dengar terutama di dunia kerja. Biasanya manager identik dengan pemimpin di perusahaan atau seseorang yang memiliki jabatan dan tanggung jawab terhadap perusahaan.

Jika kita di tanya jabatan apa yang ingin dicapai dalam sebuah perusahaan, mungkin sebagian besar dari kita minimal ingin menjadi seorang manager.

Mary Parker Follet menyebutkan kalau manager merupakan seorang yang mempunyai tugas mengendalikan serta memusatkan orang lain, supaya tujuan yang di idamkan bisa terwujud. Manajemen merupakan suatu seni mengerjakan sesuatu dengan memanfaatkan orang lain.

Menurut Ricky W. Griffin, manajemen ialah suatu proses perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian, serta pengontrolan sumber daya yang dimiliki, kemudian mampu dimanfaatkan secara maksimal untuk menggapai tujuan dengan metode yang efisien serta efektif.

Efisien memiliki arti apa yang di kerjakan untuk mencapai tujuan dengan proses yang sudah di rencanakan sebelumnya. Semua pekerjaan mampu dilaksanakan dengan benar dan baik dan sesuai dengan target yang dicanangkan.

Pengertian Manager Menurut Para Ahli

Manager adalah orang yang memiliki berbagai pengalaman serta pengetahuan dan keterampilan yang baik dengan telah diakui oleh organisasi untuk dapat memimpin, mengendalikan, mengelola, mengembangkan dan mengatur sebuah organisasi untuk mencapai sebuah tujuan.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Manajer merupakan orang yang mengendalikan pekerjaan ataupun kerja sama antara bermacam kelompok ataupun beberapa orang agar tujuan bisa tercapai. 2) Manajer adalah Orang yang bertanggung jawab serta bertanggung jawab yang menghasilkan, mengendalikan, memusatkan serta mengatur rencana buat menggapai tujuan yang ditentukan.

2. Wikipedia

Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan mereka untuk mencapai tujuan organisasi.

3. Prof. Dr. H. Arifin Abdurachman

Manajer ialah orang yang melakukan suatu aktivitas atau suatu kegiatan, dengan proses dari kegiatan dalam susunan serangkaian atau juga urutan, lembaga dari orang yang akan melakukan suatu kegiatan.

4. Oxford Leaner’s Pocket Dictionary

Manajer merupakan suatu orang yang terpilih dan dapat mengatur suatu tim, regu, bisnis, dan lain sebagainya.

5. Robert Tanembaum

Manajer merupakan seorang yang dipercaya untuk dapat memimpin dengan orang lain dan juga akan bertanggung jawab atas tanggung jawab dari perkerjaannya sendiri.

Tugas Manager Adalah?

Manager adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab terhadap kinerja perusahaan agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Nah berikut ini tugas-tugas seorang manager:

  • Tugas manager adalah mengevaluasi kinerja dari para staff atau pegawai dengan melakukan komunikasi secara langsung. Membuat sebuah perencanaan, mengawasi hingga melakukan penilaian dari hasil perkerjaan yang sudah dikerjakan.
  • Tugas manager lainnya adalah mempertahankan staff atau pegawai yang ada di perusahaan meskipun harus memilih dan merekrut staff baru. Mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan staff, menjaga kondisi lingkungan pekerjaan agar tetap tercipta suasana nyaman, tertib dan aman.
  • Manager harus mampu memberikan coaching dan konseling, dan mampu menjaga kedisiplinan karyawan saat bekerja. Mengembangkan sisitem agar lebih baik, mengkoordinasikan sistem, memastikan prosedur berjalan dengan baik serta memastikan standar produktivitas perusahaan.
  • Manager harus mampu membuat rencana strategis dari berbagai bidang bisnis serta kaitannya dengan keuangan, pelayanan dan informasi yang ada di perusahaan.
  • Mampu mengidentifikasi tujuan serta mengevaluasi sebuah tren sehingga mampu mengambil tindakan apa yang akan dilakukan.
  • Melakukan perencanaan yang matang sesuai kebutuhan agar terjadi efisiensi dalam hal perencanaan anggaran keuangan.
  • Memastikan kualitas layanan terhadap pelanggan tetap terjaga dengan baik, jika perlu meningkatkan pelayanan dengan melakukan beberapa perbaharuan agar layanan semakin baik.
  • Meningkatkan kualitas diri dengan mengikuti berbagai seminar dan pelatihan.

Peran Manager dalam Perusahaan

Ada tiga peran dari seorang manager dalam sebuah perusahaan, peran ini akan sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan agar berjalan dengan semestinya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Peran antara Pribadi

Sebagai seorang manager harus mampu menjadi figur yang baik bagi para bawahannya. Menjadi seorang pemimpin yang berkualitas serta bisa sebagai seorang penghubung. Sifatnya memang seremonial dan juga simbolis namun juga cukup penting untuk kenyamanan dalam lingkungan kerja.

2. Peran Informasional

Sebagai seorang manager memiliki peran penting sebagai juru bicara atau sebagai pemberi informasi kepada bawahannya.

3. Peran dalam Pengambilan Keputusan

Seorang manager memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Bukan hanya itu manager juga mampu memberikan kesempatan berunding kepada siapapun agar keputusan yang akan diambil menjadi lebih meyakinkan.

Tanggung Jawab Seorang Manager

Sebagai seorang yang memiliki jabatan dan posisi di perusahaan tentu seorang manager memiliki tanggung jawab yang cukup besar, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tanggung jawang sebagai seorang manager atau pemimpin adalah memastikan kinerja perusahaan berjalan dengan baik dari semua unsur staff sehingga tujuan perusahaan tersebut bisa tercapai. Kemudian melakukan evaluasi dari hasil yang didapat.

Melakukan perencanaan dan pematangan dan mulai memimpin dan melakukan pengawasan terhadap para staff sehingga pekerjaan bisa berjalan sesuai yang diharapkan untuk mencapai sebuah tujuan.

Fungsi Manager Adalah

  • Perencanaan (planning), adalah melakukan perencanaan dengan matang sehingga bisa di terapkan dalam perusahaan kemudian memprediksikan hasil yang akan dicapai.
  • Pengaturan (organizing), melakukan pengkoordinasian semua elemen yang berperan dalam perusahaan atau organisasi sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar.
  • Pengawasan (controlling), memastikan semua bisa bekerja dengan baik agar tujuan perusahaan bisa tercapai sesuai yang direncanakan.
  • Kepemimpinan (leading), mampu mengarahkan semua anggota staff untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan perencanaan, memberikan motivasi dan dorongan sehingga menciptakan suasana kerja yang penuh semangat dan positif.
  • Evaluating, yakni melakukan analisa dari hasil yang di dapat yakni bisa menggunakan analisis SWOT.

Contoh Manager

Berikut ini beberapa contoh manager diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Manejemen Lini Pertama (First Line Management)

Bisa di sebut sebagai manager operasional yang merupakan manager dengan tingkatan yang paling rendah. Manager lini pertama ini bisa di sebut juga sebagai mandor, suvervisor, manager shift, manager departement dan lain sebagainya yang memiliki tanggung jawab terhadap pengawasan staff non managerial seperti pegawai yang berhubungan langsung dengan produksi.

2. Manajer Tingkat Menengah (Middle Management)

Sebagai conton adalah manager proyek, manager pabrik, kepala departemen dan lain sebagainya yang berperan sebagai penghubung baris pertama keatas.

3. Manajer Puncak (Top Management)

Manajer puncak adalah manager yang bertugas untuk mampu merencanakan suatu kegiatan atau suatu aktivitas maupun sebuah strategi organisasi dan perusahaan dengan cara umum yang juga mengarahkan jalan sebuah organisasi atau perusahaan. Manajer puncak umum dengan sebutan Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO dan Chief Information Officer (CIO).

Nah itulah pengertian dari manager serta tugas dan tanggung jawabnya, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dalam menambah wawasan untuk sobat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.