Tren  

Wow! Penampakan Lele Kuning Raksasa Ternyata Sungguhan Ada

lele kuning raksasa
lele kuning raksasa Foto: Martin Glatz

Martin Glatz yang merupakan pemancing profesional terkejut dengan kehadiran lele kuning raksasa di perahunya. Lele tersebut melompat dari air dan langsung ke perahu yang dia tumpangi.

Saat itu Glatz bersama Oliver tengah memancing di sebuah danau di Belanda. Dia mengaku selama hidupnya memancing dan mendapatkan berbagai jenis ikan namun baru kali ini menemukan lele kuning raksasa.

“Saya belum pernah melihat ikan lele seperti itu sebelumnya. Saya masih terkejut dan kerepotan karena tangkapan itu, kata Glatz seperti dikutip dari Live Science, Jumat (22/10/2021).

Ikan lele kuningg raksasa tersebut adalah jenis wels, disebut juga dengan sheatfish memiliki nama ilmiah Silurus Glains. Lele ini berasal dari daerah besar di Eropa seperti Eropa tengah, selatan, dan timur, serta di cekungan Laut Baltik, Laut Hitam, dan Laut Kaspia.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyebutkan ikan lele kuning raksasa ini memang dikenal dengan ukurannya yang besar. Ikan ini mampu tumbuh hingga berat 130 kg dengan panjang 2.7 meter.

Namun hampir dikatakan sangat jarang sekali lele wels yang berwarna kuning seperti pisang. Kebanyakan lele tersebut berwarna hitam atau ada bintik-bintik kuning. Menurut NOAA kemungkinan lele yang ditangkap oleh Glatz mengalami kelainan genetik.

Kelainan genetik pada mamalia seperti reptil, burung dan ikan juga terdapat pada pinguin berwarna kuning hinggapaus pembunuh. Tahun 2017 lalu, ikan lele kuning juga sempat terlihat di Sungai Mississippi di Iowa, Amerika Serikat dan sempat heboh di berbagai media lokal.

Meski lele kuning raksasa tersebut terlihat cantik namun sebenarnya lele tersebut menderita karena memiliki warna yang mencolok sehingga rentan terhadap predator. Namun beruntung lele yang ditangkap tersebut selamat dan bisa tumbuh besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.