Berapa Ukuran Foto dan Video Untuk Story Instagram?

Berapa Ukuran Foto dan Video Untuk Story Instagram?

Berapa Ukuran Foto dan Video Untuk Story Instagram? Meski instagram adalah aplikasi sosial media yang sangat populer di dunia namun masih banyak pengguna yang belum memahami mengenai aturan ukuran foto dan video yang pas untuk di upload termasuk ukuran untuk instagram story.

Instagram menjadi salah satu aplikasi sosial media berbagi foto dan video pendek yang cukup populer di dunia. Aplikasi ini sudah di gunakan oleh lebih dari satu miliar orang dari seluruh dunia. Orang-orang yang memiliki follower banyak memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

Maka tak heran ada istilah selebgram atau orang yang memiliki kepopuleran tinggi di instagram. Siapapun bisa menjadi selegram namun harus memiliki usaha yang cukup kuat untuk membranding akun instagramnya, salah satunya memanfaatkan fitur instagram story.

Fitur ini sangat bagus untuk dimanfaatkan agar jumlah follower kamu bertambah. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui prihal ini, salah satunya adalah ukuran foto dan video yang pas untuk di upload di instagram story.

Berapa Ukuran Foto dan Video Story Instagram yang Benar?

Banyak yang masih belum memahami hal spele ini, alhasil ketika kita mengupload foto atau video ke story instagram ternyata hasilnya kurang bagus, terkadang gambar terpotong dan tidak full sehingga resolusinya menjadi kurang bagus dan blur.

Agar kualitas foto dan video kamu tetap terjaga maka kamu wajib mengikuti aturan di instagram mengenai ukuran foto dan video yang pas. Berikut ini penjelasannya.

1. Berapa Ukuran Foto Untuk Story Instagram?

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat pengambilan foto adalah foto harus potrait dan jangan menggunakan jenis landscape karena akan terpotong saat di upload di instagram.

Selain itu foto memiliki rasio 9:16 dengan resolusi mencapai 1080×1920 pixels. Ukuran foto tidak lebih dari 30 MB dengan jenis file berupa JPG, JPEG atau PNG.

Bisa saja kamu mengupload dengan ukuran resolusi yang lebih rendah hanya saja kualitas foto akan terlihat kurang tajam. Maka sebaiknya gunakan resolusi maksimal pada foto yang diambil.

2. Berapa Ukuran Video Untuk Story Instagram?

Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok antara foto maupun video. Meski begitu instagram menyarankan video haruslah diambil dalam bentuk potrait dan jangan landscape.

Rasio video bisa 9:16 dengan resolusi 1080×1920 pixels, atau kamu bisa menggunakan resolusi lebih besar lagi mencapai 1080x2160pixels dengan rasio 9:18.

Video berjenis MP4 atau MOV dengan besaran file maksimal adalah 4GB, tentu saja kamu bisa mengupload video dengan resolusi lebih rendah dengan kualitas yang lebih menurun.

3. Cara Membuat Layout untuk Story Instagram

Jika kamu memiliki foto yang diambil secara langscape atau foto dengan ukuran yang lebih besar maka kamu bisa mengeditnya menggunakan aplikasi editing yang biasa kamu gunakan seperti photoshop. Kamu bisa membuat layout yang sesuai dengan ukuran story instagram, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Photoshop di Laptop kamu.
  • Buatlah project baru, klik File – NEW.
  • Isikan Width 1080p dan Height 1920p, Resolusi bisa isi dengan 720p, Klik OK.
  • Upload foto ke Photoshop, klik File, pilih Gambar foto yang disiapkan.
  • Lakukan editing sesuai kebutuhan.
  • Jika selesai editing, klik Save As dalam bentuk JPEG atau PNG.
  • Setelah itu Upload ke Instagram Story.

Sementara untuk editing video kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi editing video yang mudah seperti:

  1. FilmoraX
  2. Adobe Premier Pro
  3. Aplikasi Kinemaster
  4. Aplikasi InShot
  5. Aplikasi Filmora Go
  6. Aplikasi PowerDirector.
  7. Dan aplikasi lainnya.

4. Aplikasi Template Story Instagram

Selain melakukan editing foto sendiri untuk kebutuhan story instagram, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi template story instagram. Kelebihannya adalah semakin mudah dalam pengaturan ukuran foto dan video yang pas untuk story instagram, tinggal klik-klik saja!

Selain itu tersedia beragam template dan fitur agar foto kamu terlihat cantik profesional. Beberapa aplikasi tempate story instagram diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi Insta Story Art Maker
  2. Aplikasi Canva
  3. Aplikasi Mojito
  4. Aplikasi Story Lab
  5. Aplikasi Over

Nah itulah ulasan kami mengenai berapa Ukuran Foto dan Video Untuk Story Instagram yang pas agar foto dan video tetap bagus berkualitas, juga beberapa aplikasi editing foto dan video yang bisa kamu gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.