Tren  

Panduan Kapan Harus Simpan Permanen Akun LTMPT? Lihat Jadwalnya Disini

Kapan Harus Simpan Permanen Akun LTMPT

Panduan Kapan Harus Simpan Permanen Akun LTMPT serta jadwal lengkapnya bisa kamu lihat di halaman ini.

Mulai tanggal 8 Februari 2022 pukul 15:00 WIB hingga tanggal 15 Februari 2022 merupakan jadwal Simpan Permanen akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Saat ini Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sudah masuk ke tahap penetapan siswa eligible dan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDBS).

Sebelum tanggal 14 Februari atau tahap pendaftaran SNMPTN siswa diharuskan sudah menyimpan permanen atau finalisasi akun LTMPT miliknya.

Berikut ini Jadwal Simpan Permanen Akun LTMPT

8-15 Februari 2022

“Finalisasi (akun) siswa dilakukan setelah sekolah selesai isi PDSS,” kata Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo seperti dikutip dari laman Instagram LTMPT, @ltmptofficial.

Waktu mulai dan berakhirnya yakni hingga pukul tiga sore atau 15:00 WIB.

Apa Itu Simpan Permanen Akun LTMPT?

Secara sederhana pengertian dari simpan permanen akun LTMPT adalah dengan melengkapi formulir pengisian data dan juga pas foto pada akun LTMPT dan kemudian nantinya akan digunakan untuk mendaftar SNMPTN.

Sebaiknya bagi kamu yang hendak ikut serta dalam SNMPTN untuk melakukan pengisian data secara teliti dan benar pada akun LTMPT. Hal ini lantaran data yang sudah di simpan pada akun tersebut bersifat permanen dan tidak bisa dirubah lagi.

“Karena jika sudah melakukan simpan permanen, maka data tidak bisa diubah kembali dengan alasan apa pun,” kata Arif, dalam Sosialisasi Registrasi Akun dan Verval Data dalam PMB 2022 (10/1/2022).

Lantas bagaimana jika data yang disimpan ternyata tidak benar atau salah? Maka peserta nantinya status SNMPTN 2022 akan dibatalkan sesuai dengan kolom pernyataan yang harus disetujui peserta saat mengisi LTMPT.

“Saya menyatakan bahwa data yang saya isikan dalam borang ini adalah benar. Saya bersedia menerima sanksi pembatalan keikutsertaan pada SNMPTN dan/atau UTBK-SBMPTN apabila data yang saya isikan tidak benar,” Tulis pernyataan yang tertera.

Bagaimana Jika Tidak Simpan Permanen Akun LTMPT?

Akun LTMPT yang tidak tersimpan secara permanen maka tidak bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran SNMPTN 2022.

Hal ini pada proses pengisian akun permanen LTMPT, siswa akan melakukan verifikasi serta validasi dan pada langkah terakhir adalah mengklik tombol “Simpan Bukti Permanen”.

Maka jika siswa tidak melakukan simpan permanen pada akun LTMPT hingga batas waktu yang sudah ditentukan maka secara otomatis tidak akan bisa melakukan pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2022.

Panduan Simpan Permanen Akun LTMPT

  • Lakukan registrasi LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id sebelum tanggal 15 Februari 2022.
  • Bagi siswa lulusan tahun 2020, 2021, 2022 yang ingin mendaftar UTBK SBMPTN 2022 bisa mendaftar akun LTMPT mulai tanggal 14 Februari hingga 17 Maret 2022.
  • Catat email dan Password pendaftaran LTMPT. Jika kamu lupa password lebih dari 5 kali pada saat login maka akun LTMPT kamu akan di tangguhkan selama 15 menit.
  • Lakukan reset password jika kamu lupa password, namun jika kamu lupa email maka bisa mengirim tiket ke laman halo.ltmpt.ac.id dengan menyertakan nama lengkap, NISN, NPSN, NIK, Alamat Lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, Surat pernyataan pribadi dengan kop surat sekolah dengan materai resmi, surat resmi dari sekolah dengan kop surat dan stempel basah sekolah.
  • Unggah foto sesuai yang diminta yakni 4×6 atau 200x300px, rasio 2:3. Foto berwarna berlatar warna polos dengan warna bebas. File berupa JPG/JPEG/PNG dengan maksimal 300 KB. Jenis foto potrait dengan badan dan kepala tegap ke kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.