Cara Akses dan Mengaktifkan Akun Belajar.id Melalui Operator Sekolah

akun pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki situs bernama belajar.id yang dikhususkan untuk menunjang semua kegiatan belajar mengajar. Untuk bisa mengakses situs ini maka tenaga pendidikan, guru hingga murid harus memiliki akun pembelajaran terlebih dahulu.

Peserta harus membuat akun berupa user ID serta kata sandi untuk login ke halaman ini. Lantas bagaimana agar guru maupun murid ingin memiliki akun pembelajaran ini? Maka harus memintanya kepada operator sekolah di masing-masing sekolah.

Nah kali ini kita akan bagikan cara membuat akun pembelajaran melalui operator sekolah sehingga akun kita akan aktif dan bisa mengakses laman belajar.id. berikut ini langkah-langkahnya:

Operator Sekolah

  1. Bagi operator sekolah silahkan login ke halaman pd.data.kemdikbud.go.id.
  2. Kemudian setelah login, silahkan unduh file berupa arsip csv yang berisikan user ID serta pasword untuk lingkungan sekolah masing-masing.
  3. Caranya klik “Unduh Akun”, pilih pada “Peserta Didik” atau “TPK”, dan klik untuk mengunduh file csv nya.
  4. Kemudian operator sekolah menginformasikan userID dan Passwordnya ke peserta secara pribadi dan harus bersifat rahasia.

Siswa, Guru dan Tenaga Pendidikan

  1. Siswa, Guru dan Tenaga Pendidikan akan mendapatkan USER ID dan Password akun dari operator sekolah yang sebelumnya sudah mengunduh file csv.
  2. Aktifkan akun pembelajaran dengan melakukan login di halaman belajar.id menggunakan user ID dan password.
  3. Kemudian peserta menyetujui syarat dan ketentuan yang diminta, dan bisa segera mengubah password dengan yang baru agar akun pembelajaran menjadi lebih aman.
  4. Akun pembelajaran kamu sudah aktif dan bisa digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.