10 Negara Terbesar di Dunia, Dari Rusia Hingga Amerika

Negara terbesar di dunia

Apakah kamu tahu negara mana yang terbesar di dunia? Penentuan negara terbesar di dunia pada dasarnya ditentukan sesuai dengan luas wilayahnya.

Menurut World Population Review, sebuah negara memiliki dua jenis luas yakni luas daratan dan luas secara total. Luas daratan sudah pasti adalah luas yang meliputi seluruh daratan sebuah negara. Sementara luas total adalah luas yang mencakup semua wilayah suatu negara baik daratan, perairan dan lautan teritorial.

Luas daratan dan luas total misalnya dapat di bedakan antara luas Amerika dan Kanada. Kita tahu luas daratan Amerika adalah lebih luas ketimbang Kanada, namun jika menghitung luas total Kanada maka bisa dipastikan jauh lebih besar dari Amerika karena mencakup perairan dimana jumlah danau di Kanada lebih banyak.

Daftar Negara Terbesar Di Dunia

Jika negara terbesar di dunia berpatokan pada luas wilayah sebuah negara lantas negara manakah yang menjadi negara terbesar di dunia? Berikut daftarnya.

  1. Rusia

Rusia menempati urutan pertama dengan memiliki 11 persen dari daratan di dunia. Luas negara Rusia mencapai 17.098 juta kilometer persegi dimana 16.375 juta kilometer persegi dari luas totalnya adalah daratan.

  1. Kanada

Kanada menempati posisi kedua sebagai negara terbesar dunia dengan 6.1 persen dari daratan dunia. Luas total Kanada adalah 9.984 juta kilometer persegi dengan luas daratannya mencapai 9.093 kilometer persegi, sementara sisanya adalah perairan yang didominasi oleh danau yang mencapai 3 ribuan danau.

  1. China

China adalah negara terbesar di dunia dengan mencakup 6.3 persen daratan dari total luas daratan di dunia. China sendiri memiliki total luas wilayah mencapai 9.706 kilometer persegi dengan 9.388 kilometer persegi adalah luas daratannya.

  1. Amerika Serikat

Negara Adidaya Amerika Serikat ternyata memiliki luas daratan 6.1 persen dari total luas daratan dunia dengan luas 9.147 juta kilomete rpersegi. Luas total Amerika Serikat adalah 9,372 kilometer persegi.

  1. Brasil

Brasil menempati posisi kelima dengan luas daratan mencapai 5.6persen dari total luas daratan dunia. Luas daratan negara Brasil adalah 8.358 juta kilometer persegi, sementara luas totalnya mencapai 8.515 juta kilometer persegi.

  1. Australia

Luas daratan Australia mencapai 5.2 persen daro total luas daratan di dunia. Negara kanguru ini memiliki luas total wilayan 7.682 kilometer persegi dengan luas daratannya mencapai 7.692 kilometer persegi.

  1. India

India menempati posisi ke tujuh dengan luas daratan mencapai 2persen dari luas daratan di dunia. Total luas wilayan India mencapai 3.287 kilometer persegi dimana 2.973 juta kilometer perseginya adalah daratan.

  1. Argentina

Posisi kedelapan ditempati oleh Argentina dengan luas daratan mencapai 1.8 persen dari luas daratan dunia atau memiliki luas daratan 2.736 kilometer persegi. Sementara total luas wilayah Argentina mencapai 2.780 kilometer persegi.

  1. Kazakhstan

Kazakhstan masuk dalam jajaran 10 negara terbesar di dunia. Luas daratan negara pecahan Uni Soviet ini mencapai 1.8 persen dari luas daratan di dunia atau mencapai 2.699 juta kilometer persegi. Sementara luas total negara Kazakhstan mencapai 2.724 juta kilometer persegi.

  1. Aljazair

Posisi ke-10 di tempati oleh Aljazair. Negara di kawasan Afrika ini memiliki luas daratan 1.6 persen dari luas daratan di dunia. Luas daratan dan total luas wilayah Aljazair mencapai 2.381 juta kilometer persegi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.