Review Adalah, Pengertian Singkat, Jenis dan Cara Melakukannya

Kita pasti sudah gak asing lagi dengan kata review. Review sendiri kalau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai ulasan. Jadi Review adalah ulasan singkat yang berisi data dan fakta berdasarkan sebuah analisa. Review bertujuan memberikan manfaat bagi siapa saja yang melihatnya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Review adalah

Pengertian Review Adalah

Secara mudahnya, review adalah kamu melakukan ulasan tentang suatu hal baik barang, tempat atau apapun yang memang pernah kamu coba sebelumnya. Dengan harapan ulasan tersebut bisa diterima dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Jaman sekarang ini kita pasti sering menemukan video-video review atau ulasan mengenai banyak hal. Video-video review tersebut bisa dengan mudah kita temukan di sosial media terutama youtube. Semisal melakukan review sebuah produk smartphone secara jelas sehingga kita yang melihat menjadi paham akan smartphone tersebut dan bisa menjadi referensi apakah akan membelinya atau tidak.

Hanya saja untuk melakukan ulasan atau review sebaiknya dilakukan dengan baik dan benar tanpa menutup-nutupi kekurangan yang dimiliki dari sesuatu yang di review. Lakukanlah ulasan dengan analisa yang sesuai data dan fakta.

Sebab hal ini sangat berguna bagi siapapun yang melihat lantaran bisa dijadikan bahan referensi apakah akah mencoba produk yang di review tersebut atau tidak.

Tujuan Review Adalah

Seperti dikatakan diatas kegiatan review adalah melakukan analisa sebuah produk atau tempat atau apapun sesuai dengan data dan fakta dan sesuai dengan yang dialami sehingga siapapun yang melihat review tersebut bisa memiliki pandangan tersendiri mengenai produk tersebut.

Tujuan dari review adalah untuk memberikan pandangan atau gambaran terhadapsebuah produk. Biasanya review dilakukan untuk melakukan ulasan sebuah produk terutama mengenai sisi kelebihan dan kekurangannya.

Tentu saja review berbeda dengan oponi karena review memiliki nilai guna, selain memberikan ulasan kelebihan dan kekurangannya juga bisa sekaligus memberikan gambaran kepada perusahaan untuk melakukan peningkatan kualitas produk.

Jenis-Jenis Review Adalah

Ulasan atau Review memiliki banyak jenisnya seperti review jurnal, review produk, review tempat, review makanan, review jasa, review barang elektronik, review suara dan lain sebagainya.

Cara Melakukan Review

Meski ada banyak sekali cara untuk melakukan review namun tetap review yang baik adalah berpegang pada struktur pengenalan dan evaluasi.

Pengenalan sendiri bisa berupa pemaparan mengenai nama barang yang akan di review, bisa memaparkan sebuah tempat, profil dan lain sebagainya yang bersipat penjelasan mengenai hal yang akan di review.

Kemudian evaliasi atau memberikan pandangan mengenai produk atau sesuatu yang akan di review. Nantinya akan di bahas secara lebih mendalam lagi, dibandingkan dengan produk lain yang serupa hingga memaparkan kelebihan dan kekurangannya. Jika semuanya sudah diutarakan dengan analisa yang mendalam baru ditutup dengan sebuah kesimpulan.

Contoh Review Adalah

Ada banyak contoh review yang bisa kamu ketahui, berikut ini beberapa contoh review diantaranya adalah sebagai berikut:

Review Smartphone

Judul Review Realme 9 Pro 5G, Ponsel Menengah Rasa Kelas Atas

Bulan ketiga tahun 2022 ini banyak vendor smartphone dunia mulai merilis produk-produk unggulannya. Tidak terkecuali Realme yang hadir dengan Realme 9 Pro 5G. Ponsel ini hadir sebagai ponsel kelas menengah namun dibekali spesifikasi yang sangat garang layaknya ponsel kelas atas.

Bingung mencari ponsel dengan kisaran harga Rp.3 jutaan namun dibekali spesifikasi super canggih? Maka Realme 9 Pro 5G bisa menjadi solusi.

Review Spesifikasi Realme 9 Pro 5G

Ponsel ini dirilis pada Februari 2022 sebagai ponsel unggulan kelas menengah dari Realme. Spesifikasi layarnya menggunakan 6.6inci resolusi 1080×2412 pixels serta berjalan pada sistem operasi android 12.

Ponsel ini ditenagai prosessor yang cukup garang dengan CPU Octa-core berotak Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm) serta kapasitas RAM 6GB dan memori 128 GB.

Sementara sektor kamera belakang terpasang tiga kamera sekaligus berukuran 64 MP, 8 MP dan 2 MP dan kamera selfie 16 MP. Kedua sisi kamera mampu merekam video hingga resolusi 1080p@30fps.

Selain kamera tentu saja Realme 9 Pro 5G diperkuat oleh baterai berdaya besar 5000 mAh sehingga bagi kamu penggemar game mobile tak perlu khawatir ponsl akan cepat kehabisan daya.

Kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro 5G

Sebagai ponsel kelas menengah tentu Realme 9 Pro 5G memiliki beberapa kelebihan yang bisa memanjakan pemiliknya. Selain kinerjanya yang responsif, ponsel ini juga dibekali dengan baterai berdaya besar 5000 mAh sehingga mampu bertahan lama.

Selain itu ponsel ini juga memiliki kualitas kamera yang bisa diandalkan untuk fotograpy maupun videography. Ponsel 5G ini juga sudah dilengkapi dengan NFC untuk konektivitas dan pembayaran online yang aman.

Sementara kelemahan Realme 9 Pro 5G ada pada body ponsel yang masih menggunakan plastik polycarbonat, selain itu jenis SIM Hybrid masih menjadi hal yang kurang disukai oleh pengguna saat ini.

Kesimpulan

Sebagai ponsel dengan kisaran harga Rp.3 jutaan memang ponsel Realme 9 Pro 5G bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa kelemahan tidak begitu berati dan masih bisa dikatakan wajar.

Nah itulah penjelasan mengenai review adalah beserta jenis-jenis review, tujuan hingga contohnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.