Globalisasi Adalah, Pengertian, Ciri, Contoh dan Manfaatnya

Globalisasi adalah

Kamu yang masih duduk di bangku sekolah akhir-akhir ini pasti mendapat pertanyaan mengenai globalisasi adalah? Masih bingung dengan pengertian globalisasi, ciri-ciri, contoh hingga manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Globalisasi pada dasarnya telah tumbuh sejak tahun 1000 dan 1500, hal ini diungkapkan dalam buku SosiologiÊ» karya Tim Mitra Guru. Tumbuhnya globalisasi diawali oleh aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh para pedagang Cina dan India dengan menelusuri jalur darat dan laut. Lantas apa pengertian Globalisasi?

Globalisasi Adalah?

Globalisasi diambil dari kata “globe” yang artinya adalah bola dunia. Selain itu, kata globalisasi juga bisa diartikan sebagai tindakan yang mendunia. Dengan kata lain, globalisasi adalah dunia yang begitu luas namun kini hanya seperti kertas yang dilipat dan kecil.

Ciri-ciri Globalisasi

  • Adanya perubahan dari konsep ruang dan waktu, misal kamu bisa berkomunikasi dengan orang lain yang jauh disana cukup dengan telepon. Atau adanya Televisi, satelit, internet, dll.
  • Saling ketergantungan antar negara yang diakibatkan oleh pertumbuhan perdagangan secara global (internasional).
  • Internaksi kultural semakin meningkat karena melalui berbagai media massa (TV, Film, Berita, Musik, Olahraga).
  • Mengalami permasalahan bersama, misal jika suatu negara mengalami masalah maka akan menjadi perhatian banyak negara lainnya hingga dunia.

Contoh Globalisasi Adalah

Lantas apa contoh dari globalisasi? Sebagai contoh dengan hadirnya teknologi internet maka kita bisa dengan mudah dan leluasa dalam mencari informasi seluruh dunia,cukup dengan smartphone yang terhubung dengan internet maka kita bisa mengetahui apa yang tengah terjadi di luar sana. Begitupun dengan teknologi kumunikasi memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan banyak orang tanpa terhalang ruang dan waktu.

Dampak dan Manfaat Globalisasi

Misalkan dampak positif dari era globalisasi di bidang perdagangan, maka kita bisa melakukan perdagangan hingga keseluruh dunia tanpa rintangan dan teritorial, semua kegiatan ekonomi perdagangan di dunia menjadi terintegrasi.

Selain itu, dampak globalisasi bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha dalam negeri untuk memasarkan produk-produk unggulannya ke luar negeri.

Di bidang politik dengan era globalisasi ini memang bisa mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara dampak negatifnya karena semakin bebasnya informasi yang berkembang, kita juga bisa mengetahui informasi buruk di luar negeri, kebudayaan asing yang dinilai buruk juga bisa dengan mudah masuk ke negeri kita sehingga berpotensi di tiru.

Kesimpulan Globalisasi Adalah

Dengan uraian diatas maka kita sudah mengerti bahwa globalisasi merupakan era dimana kita semakin terbuka dengan orang lain di seluruh dunia. Dimana dunia seakan kecil dan hanya di genggaman dan kita bisa mengetahui apapun di seluruh dunia dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.