Pengertian Planet Adalah dan Exoplanet Lengkap dengan Contohnya

Alam semesta ini sangatlah luas, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya planet bukan? Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai planet adalah serta exoplanet (planet luar surya) dan contoh-contohnya, penasaran? Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Planet adalah

Planet Adalah

Alam semesta sangatlah luas dan bisa dikatakan tidak terbatas. Di sekitar kita saja ada banyak sekali hal-hal yang sudah kita ketahui dan masih banyak lagi yang belum kita ketahui. Bahkan di luar sana sudah pasti akan ada banyak hal yang menarik untuk di gali lagi.

Planet Bumi adalah planet dimana kita tinggal, selain tempat tinggal manusia juga berbagai hewan dan tumbuhan lengkap dengan semua hal yang ada di dalamnya. Kita mungkin sudah mengenal beberapa planet yang ada di tata surya kita,dan masih banyak lagi planet lainnya yang berada di luar tata surya kita.

Pengertian planet adalah benda langit yang mengorbit, sebuah bintang atau sisa-sisa bintang yang cukup besar dimana bintang-bintang tersebut memiliki gravitasinya sendiri. Meski begitu, planet tidak terlalu besar untuk membuat sebuah fusi termonuklir. Juga di sekitaran orbitnya juga sudah cukup bersih dari planetesimal.

Pada tahun 2006, Pengertian planet menurut Persatuan Astronomi International (IAU) telah di sahkan yang mana pengertian Planet yang beredar di tata surya merupakan benda langit dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Planet mengorbit dengan mengelilingi matahari
  • Massanya cukup sehingga gravitasinya melebihi gaya benda tegar yang membuat kesetimbangan hidrostatik (nyaris bulat)
  • Area di sekitar orbitnya sudah bersih dan aman

Dengan ciri-ciri tersebut maka sejauh ini bisa di simpulkan planet di tata surya terdapat 8 planet utama yakni: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Lantas bagaimana dengan planet Pluto yang di sebut-sebut sebagai planet terjauh di tata surya kita? Nyatanya hingga saat ini masih terjadi perdebatan mengenai status Pluto itu sendiri.

Exoplanet Adalah

Jika kita mengetahui 8 planet yang berada di tata surya kita, maka ada pula planet-planet yang berada di luar tata surya kita, planet-planet ini disebut juga senagai exoplanet atau Planet luar tata surya.

Dari penelitian hingga September 2021 lalu, jumlah planet yang terkonfirmasi sebanyak 4.834 planet yang berada di 3.572 sistem keplanetan. Selain itu sebanyak 795 diantaranya memilikiplanet lebih dari satu.

Penemuan planet-planet luar surya juga diketahui memiliki ukuran yang sangat besar seperti halnya planet Jupiter. Dan bisa saja planet-planet dengan ukuran kecil masih bertebaran di luar surya, namun karena kemampuan teknologi yang masih terbatas membuat para ilmuan masih kesulitan menentukan planet-planet kecil tersebut.

Temuan-temuan Exoplanet

  • Tahun 1996 ditemukan 47 Ursae Majoris b, planet ini memiliki kemiripan dengan planet Jupiter
  • Tahun 1996 ditemukan Upsilon Andromeda, memiliki sistem multi planet dengan jumlah 3 planet yang mirip seperti planet Jupiter
  • Tahun 2000 ditemukan Gliese 876 b dan Gliese 876 c, dua planet ini mengorbit di sebuah bintang merag atau Gliese 876
  • Tahun 1996 ditemukan 55 Cancri memiliki sistem multi planet yang terdiri dari 5 planet yakni planet b, c, d, e dan f
  • Tahun 2010 ditemukan HD 10180 merupakan sistem multi planet dengan 7 planet yang terdiri dari planet b,c,d,e,f,g dan h
  • Planet Kepler-1625b, planet ini memiliki satelit alami yang memutarinya

Kesimpulan Tentang Planet

Nah itulah pengertian planet adalah yang bisa kita sampai. Planet sendiri terbagi dalam dua tempat yang planet yang berada di tata suryakita dan planet yang berada di luar tata surya kita atau Exoplanet,semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan tambahan untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.