Pengertian Iklan Adalah, Fungsi dan Jenisnya

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata iklan, jika kita tengah menonton acara televisi terkadang sudah terganggu dengan munculnya tayangan iklan. Iklan sendiri tak lain merupajan strategi pemasaran yang memang harus dilakukan demi mencapai tujuan pemasaran. Kali ini kita akan bahas mengenai pengertian iklan adalah serta dfungsi dan jenisnya.

Pengertian iklan adalah

Pengertian Iklan Adalah?

Seperti dikatakan diatas iklan merupakan strategi pemasaran untuk menarik perhatian calon konsumen. Maka dengan kata lain, pengertian iklan adalah sebuah konten yang berisikan informasi yang dikemas sedemikian rupa agar terlihat snagat menarik sehingga membuat orang yang melihatnya tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan pada iklan tersebut.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Pengertian iklan menurut The Economic Times merupakan sebuah pesan yang dibayar oleh seseorang atau perusahaan yang mengirimkan iklan dengan tujuan memberikan informasi yang bisa mempengaruhi publik.

Iklan sendiri merupakan konten yang sudah sangat teruji mampu mempengaruhi siapapun yang melihatnya. Iklan dengan konten yang sangat menarik maka akan mendorongcalon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang diiklankan.

Saat ini dunia teknologi informasi semakin berkembang, jika dulu iklan hanya bisa kita dengan di radio dan di saksikan di televisi namun saat ini iklan juga bisa ditayangkan di berbagai media soaial seperti facebook, youtube, instagram dan lain sebagainya.

Apa Fungsi dari Iklan?

Tentu saja iklan memiliki fungsi yang sangat penting dalam dunia pemasaran diantaranya adalah.

  1. Memberikan Informasi

Sudah pasti sebuah konten iklan memiliki fungsi sebagai media penyampaian informasi mengenai produk atau jasa yang tengah di iklankan sehingga masyarakat bisa mengetahui mengenai produk atau jasa tersebut.

  1. Media Membujuk

Setelah informasi tersampaikan dengan baik, iklan akhirnya memiliki fungsi untuk membujuk masyarakat yang melihat iklan tersebut untuk membeli atau menggunakan jasa yang ada pada iklan.

  1. Mengingatkan

Mungkin kamu berpikir produk HP Samsung gak perlu diiklankanpun orang sudah banyak yang beli, namun nyatanya Samsung terus gencar mengiklankan setiap produknya dengan tujuan sebagai mengingatkan calon pembelinya. Selain itu fungsi iklan juga untuk menjaga pasar agar tetap tinggi.

  1. Memberkikan Nilai Tambah

Tentu saja sebagus apapun kualitas produk kamu jika tidak di iklankan maka orang lain tidak akan tahu. Dengan konten iklan yang menarik produk kamu yang sudah bagus akan terlihat semakin bagus dan menarik sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk kamu.

Jenis-Jenis Iklan

Selain itu iklan juga memiliki berbagai jenis yang bisa kamu bedakan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Iklan Komersial

Seperti pada umumnya iklan yang berkaitan dengan pemasaran maka konten iklan bertujuan untuk komersial yakni meningkatkan penjualan termasuk meningkatkan produk jasa yang kamu tawarkan.

  1. Iklan Non-Komersial

Berbeda dengan iklan komersial yang bertujuan meningkatkan penjualan, iklan non komersial bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi, imbauan serta sosialosasi dari sebuah program. Iklan Non-Komersial ini biasanya dibuat oleh instansi pemerintah sebagai iklan layanan masyarakat.

Kesimpulan Iklan Adalah

Dari penjelasan diatas maka bisa kita simpulkan mengenai pengertian iklan disesuaikan dengan jenis-jenisnya. Iklan komersial merupakan sebuah cara penyampaian informasi dengan dibuat sedemikian rupa agar terlihat sangat menarik demi meningkatkan penjualan. Sementara iklan non-komersil merupakan sebuah cara penyampaian informasi yang berkaitan dengan layanan masyarakat seperti iklan dari instansi pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.