Prodi Adalah? Pengertian Fakultas dan Jurusan yang Perlu Diketahui

Jika kamu saat ini hendak melanjutkan studi ke Universitas pasti akan menemukan beberapa istilah baru yang baru kamu dengar. Sebuh saja istilah fakultas, jurusan hingga prodi. Nah agar kamu tidak bingung, kali ini kita akan bahas mengenai pengertian apa itu prodi, pengertian fakultas hingga jurusan.

Ketiga istilah tersebut memiliki arti yang berbeda-beda sehingga kamu yang berniat daftar di Universitas perlu mengetahuinya agar tidak salah pilih. Agar tidak bingung, mari kita sumak ulasannya dibawah ini.

pengertian prodi adalah

Prodi Adalah? Pengertian Fakultas dan Jurusan

Nah sebelum membahas ketiga istilah tersebut maka akan lebih baik jika kamu mengetahui apa itu universitas. Universitas adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi yang memiliki berbagai fakulutas, jurusan hingga prodi atau program studi. Sebagai contoh adalah Universita Gajah Mada (UGM), Universita Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD) dan lain sebagainya.

Nantinya Universitas akan menjalankan berbagai pendidikan akademik yang berfokus pada pengembangan ilmu dari berbagai fakultas yang tersedia. Selain itu juga fokus pada pendidikan vokasi yakni pengembangan keahlian dibidang terapan dan juga pendidikan profesi yang berfokus pada ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sehingga akan memiliki gelar keahlian khusus.

Universitas menjalankan berbagai pendidikan dengan rumpun ilmu yang luas, seperti ilmu pendidikan, ilmu alam, ilmu agama, ilmu politik dan hukum, ilmu sosial, ilmu humaniora dan lain sebagainya.

Selain Universitas, beberapa lembaga pendidikan tinggi di Indonesia juga ada Sekolagh Tinggi, Politeknik dan Akademi atau ada juga Institut.

1. Pengertian Fakultas Adalah?

Sebelum membahas pengertian Prodi adalah, maka ada kita akan bahas dulu mengenai Fakultas. Pengertian fakultas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian dari Perguruan Tinggi yang terdiri dari berbagai jurusan tempat mempelajari sebuah bidang ilmu.

Sebagai contoh di Universita Indonesia (UI) maka terdapat beberapa fakultas, diantaranya adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Di fakultas ini terdapat beberapa jurusan yang berhubungan dengan Bidang Ekonomi dan Bisnis. Sebut saja jurusan Manajemen, maka kamu sebagai Mahasiswa Manajemen UI maka sudah pasti masuk dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Agar lebih mudahnya berikut ini contoh fakultas di berbagai Universitas di Indonesia yang bisa kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Fakultas Biologi
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Filsafat
  • Fakultas Geografi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Teknologi Pertanian

2. Pengertian Jurusan Adalah

Setelah mengetahui apa itu fakultas, maka selanjutnya kita perlu mengetahui pengertian Jurusan dalam suatu fakultas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB), pegertian jurusan adalah bagian dari fakultas yang memiliki tanggung jawab dalam pengembangan berbagai bidang studi sekaligus mengembangkannya.

Secara mudahnya, Jurusan berada di bawah Fakultas yang memiliki tugas untuk mengembangankan dan mengelola berbagai studi ilmu, seperti Manajemen, Akuntansi, Sejarah dan lain sebagainya. Dalam satu fakultas terdapat berbagai jurusan, artinya Mahasiswa jurusan A dan Mahasisa jurusan B akan mempelajari hal yang berbeda meski dalam satu bidang rumpun ilmu (fakultas).

Sebagai contoh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdapat jurusan Akuntansi dan Manajemen, artinya kedua mahasiswa di dua jurusan tersebut akan mempelajari hal yang berbeda dengan mata kuliah yang disesuaikan.

3. Pengertian Prodi Adalah

Selanjutnya kita akan bahas mengenai Program Studi atau Prodi. pengertian Prodi adalah bagian dari sebuah jurusan. Artinya dalam sebuah jurusan maka akan terdapat berbagai macam program studi (prodi) dengan tujuan perkualiahan yang berbeda sekalipun mendalami hal yang sama. Misalkan program studi Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah yang terdapat pada Jurusan Sejarah.

Biasanya jika kamu hendak memilih tempat kuliah, maka pihak kampus akan menentukan program studi (prodi) yang ditawarkan untuk dipilih oleh calon mahasiswa. Kamu tinggal memilih prodi mana yang paling kamu minati.

Apa Bedanya Prodi dan Jurusan?

Kalau di jaman SMA dulu, kita mengenal jurusan setidaknya dua jurusan yakni IPA dan IPS. Nah kalau di Universitas maka kita juga akan mengenao Prodi dan Jurusan, lantas apa perbedaan diantara keduanya?

Pada kampus-kampus baru yang belum memiliki banyak jurusan maupun program studi biasanya menempatkan kedua istilah tersebut di tempat yang sama. Lain halnya untuk Universitas yang sudah besar yang memiliki banyak sekali program studi (prodi) sehingga menempatkan prodi merupakan bagian dari Jurusan. Agar lebih jelasnya berikut ini hirarki mengenai prodi dan jurusan.

Perguruan Tinggi UGM
– Fakultas Ilmu Budaya (FIB) – Jurusan Sejarah – Program studi Geografi Lingkungan
_– Program studi Pembangunan Wilayah

Kesimpulan Prodi Adalah

Nah itu tadi pengertian mengenai prodi adalah, fakultas dan jurusan. Semoga kamu bisa memahami apa yang kami sampaikan sehingga kamu yang hendak kuliah bisa menentukan program studi mana yang akan kamu pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.