Tekno  

Cara Mengatasi Telepon Tiba-tiba Panggilan Berakhir

telepon tiba-tiba panggilan berakhir

Cukup menjengkelkan saat kita menelepon seseoran namun teleponnya tidak diangkat-angkat. Atau kita pernah mengalami telepon tiba-tiba panggilan berakhir, padahal kita belum terhubung sama sekali dengan nomor tujuan.

Saat kita mencoba menghubungi nomor ponsel seseorang dan belum terdengar suara dial “Tuut Tuut Tuut” sama sekali namun tiba-tiba telepon diakhiri. Lantas apa penyebabnya ko bisa seperti itu?

Hal seperti itu memang pernah kita alami, penyebabnya tentu sangat beragam bisa dari telepon kitanya sendiri yang bermasalah atau telepon tujuannya. Jika hal itu terjadi di semua nomor telepon yang kamu tuju maka bisa dipastikan ponsel kamu ada masalah, coba cek menu pengaturan dan panggilan barangkali ada salah settingan disitu.

Namun jika hal itu terjadi di satu nomor ponsel tujuan maka kemungkinan besar ada masalah di nomor tujuannya. Mengatasi masalah telepon tiba-tiba panggilan berakhir juga cukup beragam tergantung dari penyebabnya, oleh sebab itu kamu perlu mengetahui sebab panggilan tiba-tiba diakhiri.

Sebab dan Cara Mengatasi Telepon Tiba-tiba Panggilan Berakhir

Berikut ini beberapa sebab serta cara mengatasi telepon tiba-tiba panggilan berakhir saat melakukan panggilan keluar.

  1. Jaringan Ponsel Kamu Terkunci di 4G LTE

Saat kamu menggunakan internet di ponsel kamu, maka notifikasi yang tertera adalah 4G LTE, artinya kamu menggunakan jaringan 4G LTE untuk melakukan aktivitas internet, namun cobalah melakukan panggilan keluar maka notifikasi 4G LTE akan berubah menjadi G (GSM atau 2G).

Sebagai informasi, jaringan 4G LTE tidak mendukung untuk melakukan panggilan telepon dan SMS, jadi pastikan ponsel kamu tidak mengunci jaringan 4G LTE, melainkan berfungsi untuk semua jaringan.

  1. VoLTE Tidak Aktif di Ponsel Kamu

Bagi pengguna smartfren jika ada fitur yang tidak aktif maka seperi VoLTE maka akan menyebabkan Telepon Tiba-tiba Panggilan Berakhir sekalipun kamu masih bisa menggunakan jaringan tersebut untuk aktivitas internet.

Maka pastikan di ponsel kamu jaringan VoLTE sudah aktif agar bis amelakukan panggilan keluar dan juga SMS.

  1. Jaringan 4G Terkunci di Nomor Tujuan

Kasus ini sama halnya terjadi seperti pada nomor satu, jika telepon tiba-tiba panggilan berakhir ke satu nomor ponsel saja namun ke nomor lainnya lancar maka bisa dipastikan nomor tujuan tersebut bermasalah.

Nomor tujuan tersebut tidak akan bisa menerima panggilan masuk dan juga tidak bisa melakukan panggilan keluar. Cobalah cek di pengaturan jaringan di ponsel kamu apakah jaringan 4G terkuncu (4G Only), kemudian rubahlah ke semua jaringan agar semuanya kembali normal.

  1. VoLTE Tidak Aktif di Ponsel Tujuan

Sama halnya seperti nomor 2 diatas dimana nomor tujuan pengguna smartfren tidak mengaktifkan jaringan VoLTE, alhasil kita tidak bisa menghubungi nomor tersebut dan juga dia tidak bisa melakukan panggilan keluar.

  1. Tidak Ada Jaringan

Selebihnya bisa jadi penyebabnya adalah tidak ada jaringan sehingga saat kamu mencoba melakukan panggilan keluar maka telepon tiba-tiba panggilan diakhiri. Namun berbeda saat telepon tujuan tidak ada sinyal maka akan ada pemberitahuan telepon yang dituju tengah berada di luar jangkauan.

Nah itulah 5 penyebab dan solusi cara mengatasi telepon tiba-tiba panggilan diakhiri, penyebabnya ada pada settingan jaringan di masing-masing ponsel, oleh sebab itu pastikan terlebih dahulu settingan ponsel sudah benar dan pastikan jaringan yang tertera juga dalam keadaan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.