Pengertian dan Contoh Kata Populer Adalah?

Kata Populer adalah

Saat ini ada banyak sekali kata populer di masyarakat yang sudah resmi masuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata populer adalah diartikan sebagai sebuah kata yang awalnya tidak baku namun sering diucapkan oleh banyak orang dan mudah dimengerti.

Sebut saja kata “Oalah” yang sebenarnya kata ini awalnya tidak masuk dalam KBBI, namun karena seringnya diucapkan oleh masyarakat umum kata ini akhirnya masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Pengertian Kata Populer Adalah?

Saat kita berkomunikasi dengan orang lain terkadang kita menggunakan kata-kata yang sebenarnya tidak baku didalam bahasa Indonesia. Namun karena sering digunakan dan diucapkan maka kata tersebut sudah menjadi kata yang seolah-olah resmi.

Meski kata tersebut tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) namun semua orang mengetahui maksudnya karena memang mudah dipahami. Kata tersebut disebut sebagai Kata Populer.

Jadi Kata Populer adalah perkataan yang awalnya tidak ada di dalam bahasa Indonesia resmi namun sudah biasa dugunakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan kata tersebut dapat dipahami oleh semua orang tanpa harus ditelaah lagi maknanya.

Contoh Kata Populer yang Masuk KBBI

  1. OALAH

Siapa sangka kata”Oalah” ternyata sudah masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sejak tahun 2017 lalu. Kata ini secara resmi dimasukan kedalam KBBI setelah mendapat banyak usulan dari masyarakat. Menurut kamu apa arti dari kata Oalah? Mungkin sulit menjelaskannya namun yang pasti semua orang tahu maknanya, bisa jadi kata Oalah berarti “Aduh”.

  1. BOBA

Padahal BOBA adalah sejenis minuman yang tengah populer untuk saat ini. Boba adalah minuman yang dicampur bulatan-bulatan kenyalsebagai topingnya.

Kata BOBA sendiri ternyata terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang memiliki dua arti yakni bola tapioka dengan teksture kenyal yang biasa terdapat dalam minuman atau makanan seperti jus, susu, teh, kue dan seterusnya.

Sementara arti yang kedua BOBA adalah minuman yang terbuat dari susu atau teh dengan perisa yang sudah ditentukan yang didalamnya terdapat BOBA. Boba sendiri adalah kata populer yang sudah dikenal hingga ke berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

  1. BUMIL

Kata populer berikutnya adalah Bumil. Siapa yang tidak tahu makna dari kata populer Bumil ini, siapapun pasti tahu bukan kalau bumil adalah “Ibu Hamil”. KBBI memasukan kata Bumil kedalam kata Populer. Contoh Kata Populer lainnya adalah Cangcimen yang berarti Kacang, Kuaci dan Permen yang merupakan makanan ringan.

  1. NAKES

Contoh Kata Populer adalah NAKES, kata ini bahkan sudah masuk kedalam KBBI lantaran sudah sangat populer di masyarakat. Padahal Kata NAKES sendiri mulai populer pada saat Covid-19 merajalela. Yupz, siapapun pasti sudah tahu apa itu Nakes kan, NAKES adalah singkatan dari Tenaga Kesehatan.

  1. MEME

Kata populer berikutnya adalah MEME, siapapun pasti sudah paham dengan makna meme dan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), meme memiliki dua makna yakni ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Dan makna yang kedua adalah cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur.

Setelah mengetahui pengertian dan contoh kata populer adalah seperti diatas, selanjutnya kita pahami apa itu kata Kajian.

Pengertian Kata Kajian Adalah

Kata kajian adalah kata yang arti atau maknanya masih harus di telaah lagi karena tidak semua orang bisa langsung mengerti. Berbeda dengan kata populer yang tidak perlu di telaah tapi sudah bisa dipahami.

Biasanya kata kajian digunakan dalam keiatan ilmiah, hal ini berbeda dengan kata populer yang biasa digunakan di kehidupan masyarakat sehari-hari. Kata kajian biasanya hanya bisa dipahami oleh kalangan tertentu sesuai dengan bidangnya, misal oleh pelajar, ilmuan, aktivis dan lain sebagainya. Sebagai contoh kata kajian:

“Pada setiap organisme, terdiri dari unit struktural dan fungsional yang membantu organisme tersebut dalam melakukan berbagai aktivitas”.

Secara umum tidak banyak yang mengetahui arti organisme dan masih perlu ditelaah lagi mengenai maknanya. Namun kata tersebut sudah pasti dipahami oleh orang yang berkecimpung di dunia tumbuhan dan mahluk hidup seperti ahli biologi. Kata organisme sendiri bisa diartikan sebagai “mahluk hidup”.

100 Contoh Kata Populer dan Kata Kajian

NOKATA KAJIANKATA POPULER
1PreparasiPersiapan
2VisitasiKunjungan
3InspeksiPemeriksaan
4KomposisiPenyusun
5MarinasiPemberian Bumbu
6RamenMie Instan
7IndikasiTanda
8ErupsiLetusan
9VulkanologiIlmu Kegunung Apian
10LensaKaca
11MotorMesin
12Tepung TapiokaTepung Gandum
13RadiasiPancaran
14EmisiKeluaran
15SubsidiPotongan
16AuditPemeriksaan
17InseminasiPembuahan
18KalorPanas
19RisetPenelitian
20NeuronSaraf
21GanglionBatang Otak
22TumorSel Ganas
23KemoterapiTerapi Kimia
24ManufakturPembuatan
25RelokasiPenempatan Ulang
26InstruksiPerintah
27EksplosifMudah Meledak
28DestruktifBerdaya Hancur
29Kuasa HukumPengacara
30VonisHukuman
31EritrositSel Darah Merah
32LeukositSel Darah Putih
33OpnameOperasi
34AgresiPenyerangan
35SilabusMateri Ajar
36DemonstrasiPertunjukan
37RemunerasiPemberian Tunjangan
38PromosiKenaikan Jabatan
39DemosiPenurunan Jabatan
40KualitasMutu
41FormalResmi
42SimpelSederhana
43KonservatifKolot
44DepresiKemunduran
45KonsensiIzin
46FinalAkhir
47KontemporerSejaman
48HarmonisSesuai
49ShopingBelanja
50Setting Latar
51LabaKeuntungan
52AnemiaKurang Darah
53EskalatorTangga Berjalan
54SeleksiMemilih
55StudiBelajar
56KapitalModal
57AsosiasiPerserikatan
58EnergiTenaga
59ZirahBaju Besi
60KostumPakaian
61IntelijensiKecerdasan
62FraksiPecahan
63ZonaDaerah
64MetamorfosisPerkembangan
65PermanenTetap
66ArgumenPendapat
67MikroKecil
68MakroBesar
69TransaksiJual Beli
70PrioritasDiutamakan
71PotensiKemampuan
72EvaluasiPenilaian
73MaknaArti
74RangkingPeringkat
75AlumnusLulusan
76InfluenzaSakit Pilek
77HipertensiDarah Tinggi
78RutinitasKebiasaan
79UletTekun
80AsetHarta
81FiskalPajak
82InvestasiPenanaman Modal
83InvestorPenanam Modal
84RisetPenelitian
85Reinkarnasi Hidup Kembali
86MediumWadah
87EdukasiPendidikan
88SentralPusat
89OtonomMandiri
90HiperTerlalu
91LiverHati
92OrientasiPengarahan
93MatrikulasiPemadatan
94StandarUkuran Baku
95DesainRancangan
96IndikasiPetunjuk
97DeskripsiUraian
98DilemaBingung
99VariasiBermacam-macam

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas maka bisa kita simpulkan kata populer adalah sebuah kata yang sudah biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari meski kata tersebut tidak ada dalam bahasa Indonesia resmi namun setiap orang sudah tahu arti dan maknanya. Sementara kata kajian adalah sebuah kata yang masih harus ditelaah terlebih dahulu agar tahu arti dan maknanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.