Bisnis  

Cara Cek Resi Sen Hong Akulaku Terbaru, Lacak Pengiriman dengan Mudah

cara cek resi sen hong

Jika kamu pengguna aplikasi Akulaku dan sering belanja di Akulaku pasti sudah tidak asing dengan Seng Hong. Sen Hong sendiri merupakan perusahaan jasa ekspedisi yang berasal dari China. Nah pada artikel kali ini kita akan bahas mengenai cara cek resi sen hong Akulaku terbaru, barangkali sobat sekalian ada yang belum mengetahuinya.

Jika kamu belanja di Akulaku ada beberapa produk yang berasal dari China, dengan kata lain kamu belanja ke China secara online sehingga proses pengiriman barangnya tidak lagi menggunakan jasa ekspedsi lokal melainkan jasa ekspedisi asal China yakni Sen Hong.

Apa Itu Sen Hong?

Sen Hong sendiri merupakan perusahaan ekspedisi pengiriman paket atau barang dibawah bendera Dongguan Sen Hong Logistic Co. Ltd yang berasal dari negeri China. Berikut ini data-data perusahaan Sen Hong seperti dikutif dari data Bloomberg:

  • Dongguan Sen Hong Logistic Co. Ltd
  • Provides logistic services
  • The company offers international and domestic logistical transportation services.
  • INDUSTRY: Transportation & Logistics
  • SUB-INDUSTRY: Logistics Services
  • Address: 67 Fenghuang Road Niuyang Village Liaobu Town Dongguan, 523429 China
  • Phone Number: 86-769-8256-5967

Sayangnya meski Sen Hong merupakan perusahaan ekspedisi yang cukup besar namun kami belum menemukan website resmi atas nama Sen Hong, kemungkinan nama domainnya berbeda dengan nama perusahaan Sen Hong itu sendiri atau nama domainnya menggunakan huruf China, mengingat resi di Akulaku juga tersedia.

Kelebihan Dan Kekurangan Sen Hong

Bagi pengguna Akulaku tentu tidak asing lagi dengan jasa pengiriman Sen Hong. Jasa ini dikenal menerapkan tarif yang lebih terjangkau sekalipun pengiriman dari luar negeri. Meski begitu ada kelebihan dan kekurangan dari jasa ekspedisi Sen Hong, berikut diantaranya:

Kelebihan Sen Hong

  • Kenapa para pembeli di Akulaku yang membeli produk dari China lebih memilih Sen Hong sebagai jasa ekspedisinya. Hal ini tak lepas dari tarifnya yang lebih murah dibanding jasa ekspedisi lainnya.
  • Mudah dalam pelacakan dan kamu bisa mengetahui posisi barang pesanan kamu terkini. Kamu cukup mengetahui cara cek resi Sen Hong Akulaku dibawah ini untuk mengetaui posisi paket secara up to date.

Kekurangan Sen Hong

  • Rasanya pengiriman dari luar negeri memang cukup lama apalagi dengan tarif yang lebih murah. Biasanya estimasi pengiriman paket sekitar 3 mingguan hingga satu bulanan. Berbeda dengan jasa ekspedisi seperti DHL yang bisa sampai dalam waktu 1 minggu saja dengan tarif yang sangat mahal karena menggunakan transportasu udara.
  • Jangkauan Pengiriman yang terbatas menjadi kekurangan Sen Hong berikutnya. Apalagi jika paket masuk ke wilayah Indonesia, tidak banyak gerai Sen Hong di Indonesia, alhasil Sen Hong masih mengandalkan jasa ekspedisi lokal untuk meneruskan paket ke alamat tujuan.
  • Tidak banyak bekerja sama dengan E-Commerce di Indonesia, sejauh ini Sen Hong masih bekerja sama dengan Akulaku untuk pengiriman dari China.

Cara Cek Resi Sen Hong Terbaru

Cara cek resi Sen Hong terbaru di Akulaku masih sama seperti biasanya, kamu bisa melacak keberadaan paket kamu dengan cepat dan mudah dengan memanfaatkan No Resi Akulaku. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan no resi yang tersedia kemudian input untuk melacak keberadaan paket, berikut ini lebih jelasnya.

  1. Copy No Resi di Akulaku

Langkah pertama dari cara cek resi Sen Hong Akulaku adalah dengan mengcopy no resi yang sudah kamu dapatkan.

  • Buka aplikasi Akulaku di ponsel kamu
  • Pada menu Personal pilihlah Opsi
  • Kemudian pilih Pesananku
  • Maka akan tertera nomor resi dari Sen Hong yang harus kamu copy
  1. Cek No Resi Sen Hong
  • Setelah di copy no resi Sen Hong, maka selanjutnya cek resi tersebut di situs Sen Hong dengan alamat http://47.112.109.65/sh/public/tracking , Masukan no resi kedalam kolom yang disediakan, klik pada tombol “TRACK”.
  • Lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui posisi paket kamu.
  • Note: Pastikan sebelum melakukan pengecekan di situs Sen Hong, status pesanan kamu di Akulaku sudah dikirim oleh penjual, biasanya dengan notifikasi “create order” jika barang sebelumnya sudah dikirim penjual.

Nah itulah cara cek resi Sen Hong untuk mengetahui posisi paket kamu berada. Cukup mudah bukan? Proses pengiriman barang biasanya membutuhkan waktu tiga mingguan sampai satu bulan tergantung situasi kondisi.

Jika kondisi aman tidak ada gangguan maka paket akan datang dikisaran waktu tersebut. Namun jika kondisi tidak memungkinkan seperti masalah Covid bisa jadi paket akan terganggu karena beberapa pelabuhan mengalami penutupan atau pembatasan operasional.

Setelah mengetahui cara cek resi Sen Hong akulaku terbaru, mungkin sobat perlu mengetahui beberapa istilah dalam proses pengiriman menggunakan Sen Hong, berikut ini istilah-istilah yang tertera:

Create Order

Jika kamu memesan barang dari China di Akulaku maka statusnya adalah create order menunjukkan pesanan tengah dibuat. Tunggulah beberapa hari, namun jika terlalu lama dan statusnya tidak berubah kemungkinan ada masalah dengan barang pesanan kamu.

Waiting Space

Jika kamu setelah melakukan pemesanan di akulaku maka statusnya adalah Create Order, setelah beberapa hari statusnya akan berubah menjadi Waiting Space yang artinya pesanan kamu tengah dalam proses antrian. Hal ini wajar jika saat itu jumlah pesanan pada toko kamu belanja tengah ramai sehingga petugas akan mengerjakan sesuai urutan pemesanan. Jika terlalu ramai dihari itu, maka bisa jadi pesanan kamu akan diproses dihari berikutnya.

Ready to Ship (RTS)

Statud paket kamu selanjutnya dalah RTS atau Ready To Ship yang artinya paket kamu siap dikirim. Status ini setelah melewati beberapa fase seperti Create Order, Waiting Space, diperiksa dan dikemas.

Inbound dan Outbound

Pada status pengiriman Sen Hong ini baik inbound maupun Outbound biasanya akan diikuti oleh nama kota dimana paket tersebut tiba.

Inbound sendiri menandakan paket sudah diterima atau masuk ke gudang dan nantinya akan di catat dan dimasukan kedalam sistem sebagai informasi posisi paket berada. Sementara Outbound menunjukkan paket Sen Hong sudah keluar dari gudang sebelumnya dan tengah berangkat menuju destitasi selanjutnya hingga ke alamat rumah kamu.

Customs Released

Arti dari Customs Released adalah paket kamu tengah masuk dalam pemeriksaan pihak Bea Cukai. Termasuk pemeriksaan apakah paket nantinya dikenakan pajak atau tidak. Kamu bisa mencoba melakukan pengecekan sendiri di situs Bea Cukai atau klik dsini: https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.
Pilih Tracking Barang Kiriman dan masukan no resi, kemudian Isikan Keycode >> lalu “Submit”.
Kamu akan disuguhkan informasi mengenai detail paket kamu di Bea Cukai.
Selanjutnya paket tidak lagi dikirim oleh pihak Sen Hong melainkan diteruskan oleh ekspedisi lokal seperti JNE, JNT dna lain sebagainya.
Cara cek resi Sen Hong juga bisa digunakan pada tracking ekspedisi lokal dan caranya hampir sama.

Itulah ulasan kami mengenai cara cek resi Sen Hong untuk pemesanan Akulaku dari luar negeri dalam hal ini China, bagaimana mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.