Cara Scan Ijazah Menggunakan HP Android dan iOS

cara scan ijazah di HP

Apakah kamu berencana melakukan scan ijazah atau dokumen lainnya seperti KTP, surat lamaran dan lainnya? Mungkin kamu tengah mencari tempat fotocopy yang menyediakan alat scan dan belum menemukannya? Gak perlu khawatir, seiring perkembangan dunia teknologi kini cara scan ijazah menggunakan HP android dan iOS bisa dilakukan kapan saja dimana saja.

Tidak semua tempat foto copy memiliki alat scan, selain itu terkadang kita juga mendadak untuk mengirimkan berkas scan ijazah dan domumen lainnya sehingga tidak memungkinkan untuk pergi ke tempat foto copy.

Saat ini ponsel-ponsel keluaran terbaru sudah ada yang memiliki aplikasi scan bawaan, namun jika tidak ada maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi scan pembantu. Kali ini kita akan berikan cara scan ijazah menggunakan aplikasi dan tanpa menggunakan aplikasi, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Scan Ijazah, Surat Lamaran Kerja, CV Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk scan ijazah ataupun dokumen lainnya menggunakan HP yakni dengan aplikasi berbasis android atau iOS atau tanpa aplikasi scan sama sekali.

1. Cara Scan Ijazah Menggunakan Aplikasi

Cara scan ijazah menggunakan aplikasi scanner populer CamScanner. Aplikasi ini tersedia untuk android dan iOS dan sudah sangat populer dikalangan pengguna. Terbukti dari data Google Playstore aplikasi CamScanner sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang dari seluruh dunia dengan penilaian sempurna 4.8 bintang.

cara scan ijazah di HP dengan Camscanner

Aplikasi ini mampu melakukan scan ijazah dan dokumen lainnya dengan baik dengan format hasil baik berupa JPEG HD atau PDF, kemampuan lainnya adalah menghapus latar, cara menggunakannya sangat mudah.

  • Unduh dan instal aplikasi CamScanner dari Google Playstore atau apps apple store.
  • Buka aplikasinya di HP Kamu, kamu bisa melakukan pendaftaran ataupun lewati saja dan langsung memindai file atau dokumen dengan mengklik tombol hijau dilayar kanan bagian bawah.
  • Pastikan Docs atau Dokumen di aplikasi sebelum melakukan pemotretan berkas dokumen yang akan di scan. Hal ini akan membantu dalam melakukan penyesuaian ukuran secara otomatis baik panjang maupun lebar.
  • Lakukan scan Ijazah atau dokumen lainnya dan sesuaikan panjang dan lebarnya sehingga terlihat rapi sempurna.
  • Kamu juga bisa menyesuaikan filter seperti Asli, Lighten, Warna Ajaib, Mode Abu-abu, B&W, dan B&W 2. Piliha sesuai keinginan kamu agar hasilnya semakin bagus.
  • Selanjutnya kamu tinggal pilih penyimpanan, kamu bisa memilihnya dalam bentuk PDF atau JPG, maka akan tersimpan ke ponsel kamu seperti galery ponsel untuk JPG.
  • Cara penyimpanan hasil scan ijazah, klik dan tahan pada hasil foto scan, maka dibagian bawah pilih simpan ke galery.
  • Scan Ijazah selesai, kini kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat foto copy dan bisa dilakukan dengan HP kamu.

Selain aplikasi CamScanner, aplikasi scan ijazah dan dokumen lainnya yang sangat populer adalah Adobe Scan, PDF Scanner, OCR. Dilihat dari data Google Playstore aplikasi ini juga sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta orang dari seluruh dunia dengan penilaian sempurna yaknu 4.8 bintang.

Kamu bisa menggunakan dua aplikasi ini, pilih salah satunya agar menjadi aplikasi scan andalan kamu.

2. Cara Scan Ijazah, Lamaran, CV Tanpa Aplikasi

Lantas bagaimana cara melakukan scan ijazah atau berkas lainnya tanpa menggunakan aplikasi? maka kamu bisa melakukannya dengan aplikasi pemindai bawaan, berikut ini langkah-langkahnya.

Silahkan buka aplikasi pemindai bawaan di HP Kamu.
Pilih menu Docs atau Dokumen dan gunakan guideline untuk merapikan hasil scan.
Setelah terlihat rapi maka tinggal kamu simpan ke galery ponsel.

3. Cara Scan Ijazah Menggunakan Google Drive

Selain menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi, scan ijazah juga bisa dilakukan menggunakan Google Drive, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Google Drive di HP Kamu. Saat ini semua ponsel sudah memiliki aplikasi ini.
  • Klik pada ikon plus atau “+” untuk menambahkan dokumen baru.
  • Kemudian klik “Scan”.
  • Lakukan Scan dokumen yang kamu butuhkan seperti Ijazah, KTP, SKCK dan lain sebagainya. Usahakan pencahayaan yang cukup agar hasilnya bagus.
  • Jika dirasa sudah pas dan bagus, klik “Centang”. Atau jika kurang bagus bisa klik “X”.
  • Lakukan cropping agar hasilnya lebih rapi, buang yang tidak perlu.
  • Jangan lupa klik Save dan hasilnya akan tersimpan di galery ponsel dalam bentuk PDF.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara scan ijazah, KTP, SKCK, Surat Lamaran dan lain sebagainya dengan mudah hanya menggunakan ponsel pintar baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Aplikasi Scan ini memang sangat penting karena selalu dibutuhkan, jadi sebaiknya kamu memiliki aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.