Nomor Seri SKHUN: Letak dan Cara Mencarinya di Internet

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mencari tahu letak Nomor Seri SKHUN dan bagaimana cara mencarainya secara online di internet.

nomor seri SKHUN

Cara Mengetahui Nomor Seri SKHUN

Banyak dari kita membutuhkan nomor seri SKHUN atau nomor Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional. Mungkin kamu sudah memegang lembar SKHUN namun tidak tahu posisi atau letak nomor serinya dimana, atau justru kamu tengah kebingungan lantaran lembar SKHUN lupa ditaruh dimana.

Seperti diketahui setiap orang yang telah menempuh jenjang pendidikan dipastikan memiliki nomor SKHUN dan nomor ini tidak akan sama dengan yang dimiliki orang lain.

Coba perhatikan gambar dibawah ini, ini adalah nomor SKHUN edisi terdahulu dimana posisinya berada tepat dibawah tanda tangan kepala sekolah. Sementara versi paling anyar letak SKHUN berada di atas barcode sebagai pengganti tanda tangan kepala sekolah.

Bedanya Nomor Seri SKHUN dan Nomor Ijazah

Beberapa orang masih belum bisa membedakan antara nomor Ijazah dan Nomor Seri SKHUN sehingga kita perlu hati-hati agar tidak salah dalam menginputkan data. Berikut ini perbedaan nomor Ijazah dan Nomor SKHUN:

  1. Letak/Posisi
nomor SKHUN

Perhatikan dua gambar dibawah ini, posisi nomor Ijazah sudah pasti berada di lembar ijazah yang letaknya berada dibagian bawah tepat dibawah tanda tangan Kepala Sekolah. Sementara nomor SKHUN berada di lembar Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang letaknya berada di bagian bawah tepat dibawah tanda tangan Kepala Sekolah.

  1. Kode Huruf

Baik nomor Ijazah maupun nomor SKHUN terdiri dari huruf dan angka. Untuk ijazah akan diawali dengan huruf DN atau LN yang berarti Dalam Negeri atau Luar Negeri, hal ini disesuaikan dengan tempat kamu sekolah, misal kamu sekolah di luar negeri maka ijazah kamu nantinya adalah LN.

Selain itu setelah DN biasanya juga akan diikuti oleh lembaga dimana kamu sekolah, misal DN-MA dan seterusnya. Sementara untuk nomor SKHUN biasanya ada huruf yang menandakan pelaksanaan ujiannya, semisal BK yang artinya ujian Berbasis Komputer.

  1. Kode Angka

Kode angka untuk ijazah akan sangat unik karena disesuaikan dengan penggolongan di setiap provinsi di Indonesia. Sementara untuk SKHUN lebih mudah ditebak karena berdasar nomor ujian peserta didik.

  1. Fungsi

Fungsi dari Nomor Seri SKHUN dengan Nomor Ijazah jelas berbeda, untuk SKHUN memiliki fungsi untuk menginformasikan nilai ujian Nasional siswa, artinya hanya beberapa mata pelajaran saja yang diujikan secara nasional.

Sementara untuk nomor ijazah memiliki fungsi untuk menginformasikan nilai ujian siswa secara keseluruhan artinya semua mata pelajaran yang diujikan akan termuat di Ijazah.

Cara Mencari No SKHUN Secara Online

Mungkin kamu belum menemukan dimana lembar SKHUN disimpan sementara saat ini tengah membutuhkannya. Maka cobalah mencarinya secara online, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka browser di HP atau PC kamu, kemudian buka situs https://shun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/
  • Tambahkan diujung URL diatas dengan nomor ujian nasional kamu, semisal “https://shun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/ketiknomorujiankamudisini”.
  • Klik enter, maka akan muncul surat lembar SKHUN kamu.
  • Kamu bisa print lembar tersebut dengan tekan CTRL+P kemudian SAVE dalam bentuk PDF.

Nah itulah langkah-langkah mencari nomor seri SKHUN secara online, cukup mudah bukan? Silahkan dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.