Steward Adalah? Pengertian, Tugas dan Berapa Gajinya

Steward adalah? Apakah kamu tahu apa itu steward? Steward adalah sebuah pekerjaan yang berhubungan erat dengan masakan atau berkaitan dengan dapur. Pengen tahu apa itu Steward? Silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Steward adalah

Steward Adalah? Pengertian Lengkap

Seperti dilansir dari Cambridge dictionary setidaknya steward memiliki dua pengertian diantaranya adalah:

  1. Steward bertugas mengurusi semua kebutuhan penumpang di dalam sebuah moda transportasi baik darat, laut dan udara. Jika kamu sering melihat mereka membawakan makanan saat di transportasi, maka mereka disebut sebagai steward. Kalau di dunia penerbangan dikenal juga sebagai pramugari/pramugara atau flight attendant.
  2. Steward dikenal juga dengan Butler, kalau di dunia perhotelan mereka memiliki tugas sebagai penyuplai makanan disebuah restoran, club dan industri serupa lainnya.

Secara mudahnya, steward adalah seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab mengurusi dapur termasuk alat-alatnya, memastikan semuanya steril dan sehat dan semuanya tersedia termasuk suplai makanan kepada pelanggan.

Sementara istilah stewarding adalah wadah dari steward itu sendiri, stewarding merupakan sebuah divisi di sebuah hotel atau restoran yang bertanggung jawab memastikan dapur semuanya berjalan dengan baik baik sebelum digunakan, saat digunakan hingga selesai digunakan.

Menjadi steward tentu tidaklah mudah meskipun dalam pengertian diatas steward hanya bertanggung jawab terhadap urusan dapur. Nyatanya tidak semua orang bisa menjadi steward, ada pembekalan khusus dan pelatihan-pelatihan agar mereka mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.

Tugas Kitchen Steward dan Tanggung Jawabnya

Keberadaan steward di sebuah restoran atau perhotelan sangatlah penting, mereka memiliki tanggung jawab atas dapur terutama kebersihannya sehingga bisa menyajikan makanan-manakan yang sehat dan terhindar dari berbagai bakteri penyakit. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini tugas-tugas steward, diantaranya adalah:

1. Requisition

Tugas steward adalah mengecek dan mendata semua peralatan yang ada di dapur. Apa saja yang dicek? Semuanya termasuk alat-alat memasak seperti penggorengan, minyak goreng, piring, spatula, garpu sendok dan lain sebagainya.

Mereka juga mendata alat apa saja yang kurang yang diminta oleh para koki. Kemudian mempertimbangkannya apakah akan disediakan atau tidak tergantung dari hasil pengecekan dilapangan. Hal ini tentu untuk meminimalisir pengeluaran.

2. Distribution

Setelah menerima permintaan peralatan dari para chef atau koki, kemudian mereka memutuskan untuk mengadakan peralatan tersebut. Mereka akan memesan langsung ke produsen untuk pengadaan alat-alat tersebut.

Memastikan alat-alat tersebut sesuai standar dan layak digunakan, kemudian memberikannya kepada para koki. Aktivitas pengecekan biasanya akan mereka lakukan minimal 3 bulan sekali.

3. Storing

Semua peralatan pendukung dapur ataupun makanan dan bahan makanan akan mereka simpan di tempat khusus. Hal ini untuk menjaga kualitas alat dan bahan tersebut agar selalu baik. Sebagai contoh mereka akan menyimpan peralatan tersebut di pantry terbuka yang biasanya ditempatkan dipaling pojok ruangan.

4. Cleaning and Washing

Seperti disebutkan salah satu tugas dari steward adalah memastikan kebersihan dapur dan semua yang ada di dapur terhindar dari mikroorganisme yang merugikan. Maka proses pembersihan ini akan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ketat.

Bukan hanya kebersihan piring, alat penggorengan dan lain sebagainya melainkan kebersihan semua tempat yang ada di dapur termask jendela, kursi dan lain sebagainya.

Sebagai contoh proses pembersihan maksimal yang disebut deep clean kitchen biasanya dilakukan untuk steward skala industri, semuanya dipasikan harus higienis.

5. Restocking

Tugas seorang steward adalah memastikan stok peralatan selalu terjamin, selain selalu ada juga terjaga kualitasnya. Perlu diingat barang-barang yang digunakan secara terus menerus maka akan mengalami penurunan kualitas sehingga perlu diganti oleh peralatan yang baru, maka disinilah peran steward untuk memastikan restocking tetap terjaga.

6. Inventory dan Repair

Tugas lainnya dari seorang steward adalah selain memastikan peralatan tersedia sehingga para chef atau koki bisa bekerja dengan baik dan tidak terganggu juga memastikan proses perbaikan pada peralatan-peralatan yang sudah mulai menurun mutunya.

Tugas dan Tanggung Jawab Steward Secara Umum

Selain tugas dan tanggung jawab steward di bagian kitchen diatas sebenarnya secara umum tugas seorang steward cukup luas terutama dibidang Food and Beverage, berikut ini tugas-tugasnya:

  1. Penyambutan kepada pelanggan yang datang, termasuk urusan reservasi
  2. Mengantar pelanggan ke meja yang sudah disediakan
  3. Mengangkat telepon dari pelanggan dan memberikan semua informasi terkait restoran
  4. Membersihkan meja serta mempersiapkan tamu untuk duduk
  5. Memberikan daftar menu dan membantu pelanggan mengenai pesanan makanan.
  6. Jika diperlukan steward bisa mengisi ulang gelas minum pelanggan atau mengantarkan minuman yang dipesan oleh pelanggan
  7. Menunjukkan arah ke tolilet hingga membantu mengantarkannya
  8. Membersihkan meja yang selesai digunakan oleh pelanggan
  9. Membantu kebutuhan di dapur
  10. Memastikan kebersihan lingkunan dengan baik, dan lain sebagainya.

Berapa Gaji Steward?

Gaji seorang steward adalah berbeda-beda jika di Indonesia tergantung dari UMR masing-masing kota. Jika di Jakarta maka seorang Steward akan digaji dikisaran Rp.4,4 jutaan.

Namun berbeda jika di luar negeri, dari data talent.com seorang steward di Amerika Serikat digaji sekitar USD.$30,303 pertahun atau USD.$15.54 perjam. Sementara Steward yang sudah berpengalaman akan digaji sekitar USD.48,750 pertahun.

Jika dirupiahkan dengan kurs saat ini steward pemula digaji setara dengan Rp.435 juta pertahun atau setara dengan Rp.223 ribu perjam. Sementara yang berpengalaman digaji hampir setara dengan Rp.700 juta pertahun atau Rp.58 juta perbulan. Bagaimana apakah kamu tertarik jadi seorang Steward?

Akhir Kata

Itulah sekilas mengenai steward adalah serta tugas dan tanggung jawabnya. Jika melihat salary di luar negeri untuk seorang steward rasanya sangat menggiurkan bukan? Tapi kamu harus pergi dulu ke Amerika, mau??

Leave a Reply

Your email address will not be published.