Jalur Alternatif Mudik Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan, Kondisi Jalan Bagus Lancar

Tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki hari Raya Idul Fitri 2022. Kali ini pemerintah tidak lagi membatasi aktvitas mudik setelah dua kali hari raya lebaran mudik didiadakan. Bagi kamu yang hendak mudik ke Pangandaran dari Kota Bandung maka bisa mencoba jalur alternatif mudik Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan.

bandung pangandaran via jalur pantai selatan

Mudik Bandung-Pangandaran via Jalur Kota

Selama ini sebagian besar dari kita yang berasal dari Kota Bandung dan sekitaran melakukan perjalanan mudik ke Pangandaran selalu mengambil jalur kota.

Bagi pengguna kendaraan umum memang tidak ada jalan lain selain menggunakan jalur yang sudah ditetapkan. Sementara bagi pengguna kendaraan pribadi seperti roda empat maupun roda dua sebenarnya masih ada jalur alternatif mudik Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan.

Mudik lebaran 2022 diprediksi akan dilaksanakan oleh jutaan orang sehingga seperti mudik-mudik diprediksikan akan terjadi kemacetan di jalur-jalur utama mudik.

Jika kamu mengambil jalur Kota biasanya dari arah Bandung akan dialihkan menuju ke arah Garut. Petugas akan mulai membelokan dari ruas jalan Nagreg menuju Garut hingga nantinya tembus ke Tasikmalaya.

Meski jalanan sudah dialihkan kemungkinan tetap akan terjadi antrian yang cukup panjang. Hal inipun pernah saya alami di mudik Bandung-Pangandaran dua tahun lalu sekalipun saya menggunakan kendaraan roda dua. Apalagi mudik kali ini diprediksi akan terjadi lonjakan yang cukup besar.

Terkadang kemactan tidak berhenti di satu titik saja melainkan hampir sepanjang jalan menuju Pangandaran.

Jalur Alternatif Mudik Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan

Entah kenapa jalur alternatif mudik Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan masih kurang peminatnya. Apakah karena belum banyak yang mengetahuinya atau alasan lain seperti jalan yang berliku hingga waktu yang lebih lama satu jam dibanding melalui jalur kota.

Keunggulan Jalur Mudik Bandung Pangandaran via Pantai Selatan

Namun ada banyak keunggulan yang ditawarkan mudik melalui jalur pantai Selatan dimana kondisi jalanan sudah cukup baik mulai dari Ciwidey hingga ke Pangandaran. Hanya saja dibeberapa jalur jalan di Naringgul memang sedikit kecil meskipun kondisi jalannya cukup bagus.

Namun jalan kecil tersebut tidaklah terlalu jauh, selebihnya kondisi jalan cukup besar dan bagus. Apalagi setelah memasuki kawasan Pantai Selatan kondisi jalannya cukup lebar dan bagus. Berikut ini beberapa keunggulan jalur mudik Pantai Selatan.

1. Kondisi Jalan Bagus

Seperti dikatakan diatas kondisi jalan Pantai Selatan cukup baik, hanya sedikit yang dirasa kecil yakni di kawasan Kecamatan Naringgul, Kabuaten Cianjur. Selebihnya jalanan bagus dan besar.

2. Tidak Ada Lampu Lalu Lintas

Jika melewati jalur kota maka sudah pasti kita akan melewati banyak sekali lampu lalu lintas atau lampu merah. Namun hal ini berbeda jika kamu menggunakan jalur mudik Pantai Selatan. Dari mulai Ciwidey hingga ke Pangandaran kamu tidak akan menemukan lampu lalu lintas satupun karena memang tidak ada sama sekali ruas jalan atau perempatan yang membutuhkan lampu ini.

Dengan kondisi ini maka perjalanan kamu akan semakin lancar sampai tujuan dan terhindar kemacetan.

3. Sangat Jarang Kendaraan Umum

Kalau kamu menggunakan jalur kota untuk mudik maka sudah pasti kamu akan bertemu dan berpapasan dengan banyak sekali kendaraan umum seperti BUS dan Angkot. Hal itu cukup menjengkelkan karena cukup menghambat perjalanan kita.

Namun berbeda jika kamu menggunakan jalur alternatif mudik lebaran Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan. Jika di hari-hari biasa terkadang kita tidak akan bertemu sama sekali dengan kendaraan umum BUS ataupun angkot.

Sekalipun memang ada BUS Damri jurusan Tasik-Sukabumi dna itupun bisa disebut sangat jarang sekali.

4. Pemandangan yang Indah

Dari mulai Ciwidey kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah perkebunan teh dan pegunungan. Kamu juga akan disuguhkan udara sejuk dan dingin. Kemudian memasuki kawasan Naringgul di Kabupaten Cianjur pemandangannya tak kalah cantik dengan alam pedesaan pegunungan serta jejeran air terjun yang menjulang.

Hingga kamu memasuki kawasan Cidaun sudah memasuki kawasan pantai. Kemudian di daerah Garut akan memasuki kawasan perkebunan Karet, sepanjang jalan kamu bisa menyaksikan kumpulan Sapi yang di “angon” liar.

Kemudian memasuki kawasan Tasik dimana kamu akan disuguhkan pemandangan pantai sepanjang jalan. Kondisi jalannya yang cukup baik dan lebar membuat perjalanan kamu lebih lancar dan menyenangkan.

Jangan lupakan dari mulai Cidaun hingga Pangandaran kamu akan melewati banyak sekali jembatan mulai dari yang pendek hingga yang cukup panjang. Hal ini lantaran jalur Pantai Selatan kita akan melewati banyak muara sungai. Jembatan-jembatan ini jumlahlah ada sekitar 100 jembatan.

Rute Alternatif Mudik Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan

Jalan Pantai Selatan cukup mudah diakses dan tidak akan membingungkan karena kamu cukup mengikuti jalur jalan utama saja, hanya sedikit pertigaan maupun perempatan yakni ketika masuk Cidaun dan di daerah Garut atau Pameungpeuk. Berikut ini jalur utama Bandung-Pangandaran via Pantai Selatan.

Kota Bandung – Soreang – Ciwidey – Naringgul – Cidaun, ketika memasuki kawasan pantai silahkan belok KE KIRI. Ikuti terus jalan tersebut hingga menuju Rancabuaya. Terus saja ikuti jalan utamanya hingga menuju arah Pantai Santolo, Garut. Dari sini kamu akan mulai memasuki kawasan perkebunan karet, ikuti saja terus jalan utamanya.

Hingga kamu memasuki kawasan Cipatujah, Tasikmalaya. Ingat disini ada pertigaan maka kamu wajib melok ke kanan karena pantai ada diarah kanan. Karena perjalanan melalui jalur pantai selatan pada dasarnya adalah melewati sepanjang jalur pantai.

Ikuti saja jalur utamanya karena sepanjang Tasikmalaya sebagian besar adalah pinggir pantai. Kamu bisa sambil menyaksikan keindahan pantai Jalur Selatan hingga ke Cimerak, Cijulang, Parigi dan Pangandaran.

Tips Mudik Bandung-Pangandaran via Jalur Pantai Selatan

Karena jalur ini masih belum ramai ada kalanya bagi yang pertama kali melewati jalur ini akan kesulitan mencari tempat makan. Maka sebaiknya bawalah bekal makanan dari rumah untuk sekedar cemilan atau makanan berat sekalian.

Selain itu untuk POM Bensin memang sudah tersedia hingga 5 POM bensin sepanjang jalur Pantai Selatan. Hanya saja kendaraan kamu harus Full Tank untuk melewati jalur Ciwidey hingga Cidaun lantaran disini tidak tersedia POM bensin juga jarang yang menjual bensin eceran.

Kesimpulan

Itulan jalur alternatif mudik Bandung-Pangandaran via jalur Pantai Selatan. Jalur ini cukup nyaman dilewati lantaran kita tidak akan menemukan lapu lalu lintas serta sangat jarang sekali angkutan umum seperti BUS dan angkot, hampir dikatakan tidak ada.

Meski waktu tempuh bertambah sekitar satu jam dibanding jalur kota, namun kamu akan menyaksikan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan. Apalagi jika musim mudik lebaran 2022 nanti jalur kota akan lebih padat merayap sehingga bisa jadi waktu tempuh akan jeuh lebih lama jalur kota.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak vidonya disini:

Leave a Reply

Your email address will not be published.