Contoh Surat Pribadi untuk Guru yang Sopan dan Benar

Contoh surat pribadi untuk guru

Contoh Surat Pribadi untuk Guru – Mungkin keberadaan surat fisik untuk saat ini sudah semakin berkurang dibandingkan dengan 10 tahunan kebelakang. Seiring perkembangan jaman dimana teknologi informasi berkembang pesat, keberadaan surat kian tergantikan dengan surat elektronik seperti email hingga pesan-pesan singkat seperti chattingan.

Hal ini dirasa wajar mengingat mengirim surat melalui email akan lebih cepat terkirim secepat kamu menekan tombol “kirim”. Meski keberadaan surat fisik sudah semakin jarang digunakan, namun untuk surat-surat yang bersifat resmi seperti dari instansi, lembaga hingga perusahaan masih tetap memperhatankan dan bahkan dianggap wajib.

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Meskipun keberadaan surat fisik sudah mulai tergeser dengan surat elektronik, namun untuk kamu yang berencana membuat surat pribadi kepada gurunya maka akan jauh lebih baik jika menggunakan surat fisik.

Saya sendiri menganggap surat fisik yang ditulis langsung pada selembar kertas akan memiliki makna lebih dalam ketimbang surat yang ditulis dan dikirim secara elektronik.

Menulis surat pribadi untuk guru tidaklah sulit, kamu hanya perlu menulis maksud dan tujuannya dengan benar dan ditulis dengan kata-kata yang baik dan sopan.

Bisa saja menulis surat untuk guru sebagai bentuk ungkapan kamu untuk meminta maaf atas kesalahan yang telah dibuat, atau bisa juga sebagi ungkapan rasa terimakasih kepada guru. Mungkin kamu memiliki maksud tersendiri menulis surat kepada guru.

Nah untuk itu kali ini kita akan berikan contoh surat pribadi untuk guru yang bisa dijadikan referensi untuk kamu sekalian.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru untuk Memberikan Kabar

Saat sekolah dulu kamu pasti memiliki guru favorit yang dianggap sangat dekat juga dianggap memiliki peran sangat penting untuk kelanjutan masa depan kamu. Maka dari itu kamu selalu ingat kepada jasa-jasa guru tersebut sehingga ingin memberikan kabar terbaru mengenai perjalanan diri kepada guru tersebut. Berikut ini contoh surat pribadi untuk guru untuk memberikan kabar terbaru.

Bandung, 27 Juli 2021

Kepada Ibu Guru Tersayang
Ibu Tuti
Jalan Saguling No.1, Bandung Barat.

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Apa kabar Ibu Tuti, semoga Ibu Tuti selalu dalam keadaan sehat walafiat tidak kekurangan suatu apapun. Alhamdulillah kabar saya saat ini baik dan sehat Bu. Saat ini saya sedang berada di Kota Bandung melanjutkan pendidikan di SMA favorit.

Berkat motivasi Ibu akhirnya saya bisa sekolah disini. Tidak lama lagi saya juga akan mengikuti olimpiade fisika yang dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung (ITB), saya minta doanya dari Ibu semoga saya bisa berhasil keluar sebagai yang terbaik.

Saya memiliki cita-cita untuk bisa kualiah di ITB mengambil jurusan Fisika. Seperti yang ibu katakan dulu “jika kita punya keinginan kita harus mengejarnya sampai dapat”. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih cita-cita saya Bu.

Saya sangat berterimakasih kepada Ibu yang dulu gigih dan sabar mengajari kami fisika, semuanya tidak sia-sia, berkat jasa Ibu akhirnya saya bisa disini. Berkat motivasi Ibu yang membuat saya selalu rajin belajar demi meraih cita-cita saya, terimakasih ya Bu.

Saya cukupkan sekian dulu surat singkat ini, saya minta doa restu dari Ibu agar saya bisa berhasil saat mengikuti olimpiade fisika nanti. Saya juga tidak meminta surat ini untuk dibalas karena dengan dibaca saja oleh Ibu sudah sangat senang sekali.

Semoga Ibu Tuti selalu ada dalam lindungan Allah SWT dan diberikan kesehatan agar bisa terus memberikan ilmu bermanfaat dan semangat untuk murid-murid di sekolah.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Salam rindu,

Yeni Irawan

2. Contoh Surat Untuk Guru Memberikan Cinderamata

Suatu saat kamu akan pergi meninggalkan sekolah kamu dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Bisa jadi kamu akan melanjutkan sekolah di Kota yang baru yang jauh dari tempat asalmu.

Meski jauh namun tidaklah menjadi halangan untuk tetap berkomunikasi dengan guru favorit kamu. Mungkin melalui WhatsApp terasa canggung maka kamu bisa mengirimkan selembar surat untuknya. Berikut ini contoh surat pribadi untuk guru.

Singapura, 27 Juli 2021

kepada
Yth. Ibu Tuti
Di
Sekolah

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokaatuh.

Apa kabar Bu Tuti? Semoga Ibu dalam keadaan sehat walafiat dan tidak kekurangan suatu apapun. Saya Andrian Deni, masih ingat kah Bu? Saya alumni SMPN 2 Cipongkor angkatan 2020 lalu, Ibu Tuti adalah wali kelasnya.

Saat ini saya bersekolah di SMA favorit di Kota Bandung dan sekarang tengah berada di Singapura untuk pertukaran pelajar.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Ibu Tuti atas motivasinya selama ini. Ibu telah memberikan pengajaran yang terbaik kepada kami semua juga motivasi tentang meraih kesuksesan dimasa mendatang.

Alhamdulillah berkat Ibu akhirnya saya bisa terpilih mewakili sekolah saya untuk bertukar pelajar ke Singapura. Doakan saya terus ya Bu, semoga apa yang saya lakukan disini bisa berjalan lancar dan sesuai harapan.

Mudah-mudahan liburan semester mendatang saya bisa kembali ke Indonesia, saya ingin sekali berkunjung ke Ibu untuk bersilaturrahmi dan mengucapkan terimakasih.

Bersamaan dengan surat ini saya kirimkan hadiah untuk Ibu, saya beli di Singapura dan khusus untuk Ibu. Semoga ibu berkenan untuk menerimanya.

Sekali lagi saya ucapkan terimakasih, sekian dulu surat singkat dari saya, semoga Ibu selalu ada dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberikan kesehatan, Amiinn.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Hormat Saya,

Andrian Deni.

Kesimpulan

Selembar surat akan lebih bermakna ketimbang sebaris kata di chattingan atau sebuah surat elektronik. Selembar surat yang diberikan oleh petugas POS Indonesia akan membuat siapapun yang menerimanya kaget dan senang.

Meskipun jaman ini sudah berubah dimana mengirim surat cukup dengan menekan tombol enter saja, namun kita tidak boleh melupakan kebiasaan kita dimasa lampau saat surat kita tulis dalam selembar kertas, kemudian dibungkus dengan amplop dan ditempelkan sehelai prangko. Kemudian kita masukan amplop tersebut kedalam Kotak POS dan berharap surat tersebut segera sampai ketujuan.

Apalagi jika kita hendak mengirim surat pribadi untuk guru, maka alangkah baik dan sopannya jika surat tersebut kita tulis dengan tangan sendiri kemudian dikirimkan melalui POS. Maka guru kitapun akan senang dan terharu mengingat-ngingat nama kamu. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.