Mengenal Microsoft Excel Serta Fungsi LookUp yang Digunakan

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang paling sering digunakan pada laptop atau komputer. Selain Excel tentu saja ada Microsoft Word sebagai tempat kita mengetik sebuah dokumen.

Microsoft Excel dan Fungsi LookUp

Kali ini kita akan bahas mengenai Microsoft Excel serta fungsi LookUp yang paling banyak digunakan. Meski aplikasi ini sudah wajib ada di setiap laptop atau PC namun sayangnya tidak banyak orang yang mengetahui secara penuh cara menggunakannya.

Padahal aplikasi Microsoft Excel sendiri memiliki fungsi yang sangat banyak dan penting, terutama untuk membantu proses administrasi hingga akuntansi.

Saking banyaknya fungsi-fungsi pada aplikasi ini, maka untuk mempelajarinya butuh waktu yang cukup panjang. Namun jika kamu sudah mampu menguasainya secara penuh, maka yakinlah perusahaan-perusahaan bakal antri ingin mendapatkan jasamu.

Pengertian Microsoft Excel

Aplikasi ini memang sudah cukup familiar dikalangan kita. Kita sendiri pasti sudah bisa mendefinisikan secara sederhana mengenai aplikasi ini.

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data numerik serta menghitungnya. Dan prosesnya menggunakan rumus-rumus yang dibantu pada lembar spreadsheet.

Lembar spreadsheet sendiri berbeda seperti pada lembar Microsoft Word. Pada Microsoft Excel lembar tersebut terdiri dari baris dan kolom.

Nantinya baris dan kolom bisa digunakan untuk menghitung apapaun secara akurat, dan tentu saja menggunakan rumus-rumus tertentu yang tersedia. Dan mungkin saja Kamu bisa mengekesplore sendiri untuk menciptakan rumus pada hitungan tertentu.

Menariknya, hasil dari olahan data yang kamu kerjanya nantinya bisa ditampilkan dalam berbagai tampilan seperti grafik, diagram ataupun tabel.

Manfaat Aplikasi Microsoft Excel

Jika kamu seorang pekerja dibidang administrasi, akuntansi atau apapun yang berkaitan dengan pendataan dan lain sebagainya, maka aplikasi Microsoft Excel sangatlah dibutuhkan.

Kamu bisa membaca data hingga menghitungnya secara kompiterisasi sehingga lebih cepat dan akurat. Pada aplikasi ini terdapat cukup banyak fungsi yang bisa kamu eksplore, diantaranya adalah.

  • Kamu bisa menghitung kumpulan data dengan perkalian, pembagian, penambahan, pengurangan dan berbagai operasi lainnya.
  • Membuat laporan keuangan lebih akurat dan jelas.
  • Kamu bisa mencari nilai tertinggi hingga terenda dari kumpulan data, mengurutkannya dari terendah ke tertinggi dan sebaliknya dengan sekali klik.
  • Mencari nilai rata-rata dengan cepat.
  • Membuat sebuah daftar nilai.
  • Laporan bisa disajikan dalam bentu grafik, tabel, diagram dan lain sebagainya.
  • Dan masih banyak lagi fungsi dari aplikasi perkantoran ini.

Rumus-Rumus Fungsi LOOKUP yang Digunakan Microsoft Excel

Ada banyak rumus pada aplikasi ini, tentu saja kamu perlu berlajar secara khusus jika ingin menguasai semua rumus dan fiturnya. Namun setidaknya ada 13 rumus utama yang biasa kita gunakan, diantaranya adalah:

1. SUM

SUM adalah rumus untuk menjumlahkan angka pada data, juga untuk menjumlahkan total. Cara menulisnya adalah =SUM(cell pertama:cell terakhir).

2. AVERAGE

Rumus Microsoft Excel Average digunakan untuk menghitung rata-rata. Cara penulisannya adalah =AVERAGE(sel pertama:sel terakhir).

3. IF

Fungsinya untuk menunjukkan kebenaran nilai dari sebuah kumpulan. Cara menulisnya adalah =IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y].

4. MAX

MAX digunakan untuk menunjukkan nilai terbesar pada sebuah data. Cara menulisnya =MAX(sel pertama:sel terakhir).

5. MIN

Adalah kebalikan dari MAX yakni untuk menampilkan nilai terkecil dari kumpulan data. Cara menulisnya =MIN(sel pertama:sel terakhir).

6. COUNT

Berfungsi untuk menghitung banyaknya nilai pada sebuah sel. Cara menulisnya =COUNT(sel pertama:sel terakhir).

7. MATCH Pada Microsoft Excel

Digunakan untuk mencari letak nilai tertentu yang terdapat pada sel dari sebuah kumpulan data. Cara menulisnya =MATCH(lookup_value:lookup_array;[match_type]).

8. FIND

Cara cepat mencari huruf atau teks pada sebuah sel. Cara menulisnya =FIND(find_text, within_text, [start_num]).

9. DATE

Digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu baik jam, tanggal hingga tahun. Cara menuliskannya =DATE(tahun;bulan;tanggal).

10. CHOOSE

Fungsinya untuk menunjukkan sebuah nilai pada indeks atau urutan tertentu. Cara penulisannya adalah =CHOOSE(index_num;[nilai1];[nilai2]; …).

11. VLOOKUP

Berfungsi untuk menampilkan nilai yang bersumber dari sebuah tabel yang berformat vertikal. Cara penulisannya =VLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH).

12. HLOOKUP

Sama seperti VLOOKUP hanya saja ini untuk table horizontal, Cara penulisannya =HLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH).

Kesimpulan Microsoft Excel

Itulan pengertian dari Microsoft Excel serta fungsi LOOKUP yang paling sering digunakan. Tidak perlu menguasai banyak aplikasi di komputer kamu, cukup aplikasi ini saja maka kamu akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau membuat pekerjaan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.