Sound of Text WA, Bikin Nada Dering Pakai Suara Unik

Sound of Text WA, adalah sebuah aplikasi atau situs layanan pembuat suara unik. Suara ini bisa dijadikan sebagai nada dering atau notifikasi pada ponsel, termasuk notifikasi WhatsApp.

Sound of Text

Seiring perkembangan teknologi memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, salah satunya membuat suara secara otomatis. Jika beberapa waktu kebelakang kita harus merekam suara sendiri untuk membuat suara unik dan asli.

Namun saat ini kamu bisa menggunakan suara otomatis yang dibuat oleh robot. Salah satunya adalah situs layanan Sound of Text WA. Cara kerjanya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetik sebuah kalimat, kemudian mengkonversinya menjadi suara.

Apa itu Sound of Text WA dan Text to Speech?

Pastinya kamu pernah menonton video youtube dimana suara yang terdengar seperti bukan suara manusia asli, melainkan suara robot. Beberapa kalimat terasa kaku.

Benar sekali, suara tersebut memang dibuat oleh rekaman otomatis hasil konversi sebuah kalimat.

Bagi pengguna whatsapp tentu rekaman suara unik ini bisa dimanfaatkan untuk membuat nada dering WA, ataupun notifikasi sehingga terdengar lebih unik dan lucu.

1. Sound of Text

Dari namanya kamu pasti sudah bisa memperkirakan apa itu Sound of Text. Secara lebih mudahnya, ini adalah situs atau aplikasi layanan pengubah suara hasil dari konversi sebuah kalimat.

Kamu membuat tulisan berupa kalimat, kemudian dengan situs ini kalimat tersebut seolah tengah dibacakan. Artinya kamu tidak lagi membaca melainkan bisa mendengarkan.

Meski aplikasi Sound of Text ini suaranya terdengar masih cukup kaku, namun sudah cukup unik dan menarik untuk membuat nada dering atau notifikasi WhatsApp.

2. Text to Speech

Pada dasarnya, Text to Speech memiliki fungsi yang sama seperti Sound of Text. Disini tersedia dalam dua pilihan suara wanita. Suara yang dihasilkan cukup menarik dan unik.

Bagi kamu pengguna TikTok pasti sudah sering melihat video dengan suara cewek yang khas. Beberapa video yang kamu lihat suaranya terdengar sama.

Nah memang kebanyakan konten kreator banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat suara yang kemudian digunakan di video TikToknya.

Kenapa Sound of Text di WA?

Saat ini memang tengah viral aplikasi pengubah nada dering WhatsApp dengan suara unik, suara yang bisa kita sesuaikan sedniri.

Sebenarnya, sebelum ramai di WhatsApp sudah lebih dulu viral di TikTok. Kemudian banyak orang yang berinovasi menerapkannya di WhatsApp.

Cara pembuatannyapun cukup mudah karena kita hanya perlu mengetik sebuah kalimat untuk nada dering WA, kemudian diterapkan sebagai nada dering notifikasi WhatsApp.

Contoh Nada Dering Sound of Text WA yang Lagi Viral

Sebenarnya kamu bebas berekspresi membuat nada dering sesukanya menggunakan Sound Of Text. Namun yang saat ini tengah viral adalah nada dering WA chagiya muncha washo ala Korea dan juga Nani Ohayo ala Jepang.

Barangkali kamu berencana membuat nada dering seperti itu dan bingung cara membuatnya? Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Chagiya Muncha Washo

Bagi penggemar Korea pasti sudah tak asing lagi dengan kata-kata viral Chagiya Muncha Washo, lantas bagaimaca cara membuatnya? Beirkut ini langkah-langkahnya.

Pertama silahkan akses situs soundoftext.com di browser kamu.
Nanti ada kolom isian Teks yang harus kamu ini, ketik saja “chagiya muncha washo”.
Pilih negara suara, dalam hal ini pilih “Korean”.
Klik CAPTCHA untuk konformasi, kemudian klik SUBMITE.
Maka akan muncul hasilnya yang bisa kamu “PLAY” kemudian “DOWNLOAD”.

  1. Nani Ohayo

Nani Ohayo juga menjadi kalimat yang cukup viral di aplikasi TikTok, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membuat nada dering WA. Caranya tentu sama seperti pada nomor satu diatas, dan isikan teks dengan kata Nani Ohayo.

  1. Nada Dering WA sesuai Keingingan

Selain nada dering gaya Korea dan Jepang diatas, kamu juga bisa berkreasi dengan kalimat yang kamu buat sendiri. Misalkan “Halo Deni, Ada Pesan WhatsApp yang belum dibaca”.

Voice of Text (Voiceoftext.com)

Selain Sound Of Text, situs lainnya yang menyediakan layanan serupa adalah Voiceoftext.com. Menariknya selain tersedia dalam banyak bahasa di Dunia seperti Bahasa Indonesia, juga bahasa Jawa.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal akses voiceoftext.com dari halaman browser kamu. Maka akan muncul kolom yang harus diisi pada Text to Speech.

Isi dengan kalimat yang diinginkan, kemudian pilih bahasa yang sesuai dengan kalimat tersebut. Setelah itu klik Convert to Voice. Suara yang dihasilkan bisa langsung kamu download.

Voice Maker (Voicemaker.in)

Ini adalah layanan gratis dan berbayar yang bisa kamu pilih. Untuk versi gratisnya terbatas hingga 250 karakter dan 750 suara yang dihasilkan.

Namun kamu bisa mencoba berlangganan dengan mulai dari USD.5 hingga USD.25 perbulan. Tentu saja ada banyak keunggulan yang bakal kamu dapatkan dibanding versi gratisan.

Selain tersedia untuk berbagai bahasa di dunia termasuk Indonesia, kamu juga bisa memilih berbagai jenis suara seperti anak kecil baik cewek atau cowok hingga dewasa.

Kamu juga bisa mengatur volume suara, kecepatan suara, hingga pitch nya.

Dan Lainnya

Selain yang diatas tentu masih banyak situs layanan lainnya selain Sound Of Text, seperti Free TTS (Freetts.com) ataupun Vo Codes (Fakeyou.com).

Cara Menggunakan Sound of Text WA untuk Nada Dering

Jika sudah membuat suara dengan situs dan aplikasi diatas seperti Sound Of Text kemudian mendownloadnya dalam bentuk MP3, maka selanjutnya tinggal memasangnya di WhatsApp sebagai nada dering, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik pada tiga titik pojok kanan atas atau tombol Setelan.
  • Pilih Notifikasi, kemudia cari “Sound Of Text” dan pilih untuk dijadikan nada dering WA.

Kesimpulan

Itulah sekilas tentang Sound Of Text atau cara membuat nada dering WA dengan suara yang disesuaikan. Caranya cukup mudah, buat terlebih dahulu suaranya menggunakan layanan situs diatas.

Kemudian download suaranya dan simpan di folder suara di ponsel. Setelah itu jadikan sebagai nada dering WhatsApp. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.