Coreldraw adalah, Pengertian dan Kegunaan

CorelDraw adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985.

coreldraw adalah

Coreldraw dikenal sebagai software untuk kebutuhan desain grafis. Para desain grafis memanfaatkannya untuk membuat berbagai gambar grafik yang menarik sesuai denan kreatifitasnya masing-masing.

Software Coreldraw versi perdana atau CorelDraw 1.0 dikeluarkan pada tahun 1989 dan bisa berjalan pada perangkat PC dengan sistem operasi Windows 2.1.

Seiring perkembangan jaman, Coreldraw sudah mencapai versi 23 atau CorelDRAW Graphics Suite 2021. Tentu saja ada peningkatan fitur yang lebih canggih dan lengkap.

Selain digunakan di perangkat Windows, namun kini aplikasi CorelDraw sudah bisa digunakan lintas perangkat seperti iPad, Mac, web bahkan hingga perangkat smartphone sekalipun. Beberapa dari kamu pasti pernah menggunakan produk Corel di smartphone kan?

CorelDraw adalah?

Secara sederhananya, CorelDraw merupakan software yang digunakan untuk mengolah grafis berbasis garis atau vector. Sehingga menghasilkan sebuah objek yang merupakan kombinasi dari beberapa garis baik garis lulur maupun garis lengkung.

Sebenarnya, selain CorelDraw tentu ada banyak aplikasi atau software lainnya yang memiliki fungsi yang sama. Sebut saja Adobe Illustrator, Beneba Canvas, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer.

Software CorelDraw sendiri memang memiliki fitur dan fungsi yang sangat canggih. Mampu membuat gambar dan teks secara cepat, dengan kreatifitas yang dimiliki, para desainer bisa berekspresi menghasilkan gambar yang bagus.

Kegunaan CorelDraw

Sebagai seorang desain grafis tentu memiliki kreatifitas yang tinggi, termasuk saat menggunakan software CorelDraw dalam membuat berbagai gambar untuk berbagai kebutuhan, sebagai contoh diantaranya adalah:

Membuat gambar poster, membuat gambar spanduk, kartu undangan, stiker, brosur, gambar iklan, leaflet, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Hampir semua desain grafis menggunakan software coreldraw sebagai software utama dalam menyelesaikan pekerjaan desain grafisnya. Selain memiliki fitur lengkap dan canggih, aplikasi ini juga paling familir dibanding software lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.