Resep  

Cara Buat Roti Pisang, Resep Rumahan Lembut dan Kenyal

Kalau kamu punya waktu dan ingin mencoba membuat roti sendiri ketimbang beli, maka tepatlah kamu berada di sini, karena kali ini kita akan berikan resep cara buat roti pisang, resep rumahan yang lembut dan kenyal.

cara buat roti pisang

Tentu saja asalkan mau mencoba, rasanya membuat roti tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mempersiapkan semua bahan dan alat, kemudian ikuti instruksinya hingga selesai.

Kamu bisa berimprovisasi menyesuaikan dengan kecukupan takaran dari semua bahan yang sudah di siapkan.

Cara Buat Roti Pisang

Siapapun pasti menyukai buah pisang, buah pisang yang sudah matang selain bisa di nikmati secara langsung namun juga bisa di olah menjadi kue yang nikmat.

Ada banyak sekali macam olahan dari pisang, kalau di kampung kita mengenal nama “Ragesing” yakni olahan pisang yang dibungkus daun pisang kemudian di kukus, ada pula bolu pisang.

Dan kali ini kita akan berikan tips cara membuat roti pisang, yup, caranya ternyata mudah dan gak ribet, berikut ini cara buat roti pisang yang empuk dan kenyal.

Bahan Roti Pisang

Persiapkan beberapa bahan berikut ini sebelum cara buat roti pisang, pastikan semuanya ada ya bun, berikut ini diantaranta.

  • Tepung terigu sebanyak 500 gr
  • Gula pasir 500 gr
  • 1 sdm ragi instan
  • Susu cair putih 250 ml
  • Kuning telur 2 butir
  • 5 sdm mentega
  • 1/2 sdt garam
  • Choco chip 30 gr

Bahan Isian

  • Siapkan secukupnya pisang kepok yang sudah matang, bisa di potong memanjang atau sesuai dengan keinginan kamu.
  • Siapkan margarin secukupnya.

Bahan Olesan

  • Kuning telur 1 butir
  • 2 sdm Susu cair
  • 2 sdm butter

Peralatan yang Dibutuhkan

Berikut ini beberapa alat yang diperlukan untuk memudahkan cara buat roti pisang, atau kamu bisa mengakalinya dengan alat pengganti jika yang disebutkan ini tidak ada.

Diantaranya adalah wadah, loyang, spatula, oven, kuas, rolling pin, ayakan tepung, baking papper, piring saji, sarbet yang bersih.

Cara Buat Roti Pisang

  1. Pertama kamu perlu menghaluskan pisang di dalam bowl, bisa menggunakan garpu. Kemudian lelehkan margarin atau butter dan sisihkan.
  2. Setelah itu mulai masukan telur kedalam pisang tadi dan aduk-aduk hingga merata.
  3. Masukkan ragi dan aduk kembali hingga benar-benar tercampur merata.
  4. Masukan secara bertahap tepung yang sudah diayak, pelan-pelan saja dan aduk-aduk hingga tercampur rata.
  5. Tambahkan garam dan butter yang sudah leleh, aduk-aduk lagi hingga tercampur dan teksturnya lembek.
  6. Setelah tercampur semuanya dan merata, mulailah tutup bowl tersebut dengan serbet yang sudah disiapkan. Diamkan selama 1 jam hingga nantinya akan mengembang sendiri. Jangan lupa pada 15 atau 20 menit pertama aduk kembali adonan ya, dan diamkan hingga benar-benar mengembang.
  7. Setelah mengembang, kamu bisa bagi-bagi adonan kedalam beberapa bagian kecil sesuai dengan ukuran roti nantinya, misal menjadi 15 bagian.
  8. Gunakan tangan yang sudah diberikan cairan minyak agar tidak lengket dan bentuk-bentuk.
  9. Siapkan loyang yang sudah dilapisi baking papper dan juga dilapisi margarin tipis.
  10. Simpan adonan roti pisang tadi pada loyang tersebut. Taburkan choco chip, serta taburan terigu yang diayak diatasnya, tipis-tipis saja. Simpan adonan selama 45 menitan.
  11. Siapkan oven dengan api yang cukup, kemudian masukan loyang tadi untuk proses pemanggangan roti. Kira-kira selama 30 menitan hingga roti benar-benar matang. Kini roti siap disajikan.

Kesimpulan Cara Buat Roti Pisang

Nah itulah cara buat roti pisang rumahan yang lembut dan kenyal. Cukup mudah bukan? Kini kamu bisa mencobanya dirumah. Semoga artikel ini bisa memberikan tutorial yang lengkap dan mudah dipraktekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.