Bisnis  

Apa Itu Mockup? Gambaran Konsep Sebuah Desain

Kamu pasti sudah pernah mendengar istilah Mockup bukan? Biasanya Mockup digunakan sebagai gambaran dari sebuah desain produk. Semisal kamu berencana memasarkan sebuah kaos secara online, maka kamu membutuhkan gambar desain dari kaos kamu sebagai bahan promosi.

Apa itu MockUp

Lantas Apa itu Mockup?

Seperti dikatakan diatas, kita pasti sudah sering melihat produk kaos yang di pasarkan secara online. Gambar kaos tersebut sudah terpakai oleh seorang model bule.

Terlihat seperti nyata, namun jika diperhatikan tentu ada yang aneh. Misalkan pose dari model bule tersebut saat menggunakan kaos satu dan seterusnya terlihat sama. Hanya gambar kaosnya yang berbeda.

Nah cara membuat yang seperti itu adalah dengan menggunakan Mockup. Mockup seorang bule yang menggunakan kaos polos kemudian kaos tersebut bisa dirubah desainnya sesuai dengan keinginan.

Jadi Apa itu Mockup? Secara gampangnya Mockup adalah sebuah desain yang realistis yang menggambarkan sebuah produk. Biasanya Mockup adalah tampilan konsep yang realistis dari sebuah desain setengah jadi.

Jika jaman dulu, membuat desain gambar sebuah produk hanya berbekal pensil, namun saat ini seiring perkembangan teknologi komputerisasi, membuat Mockup akan lebih sempurna dengan bantuan komputer.

Desain gambar akan terlihat sempurna dan realistis seperti nyata. Biasanya untuk membuat Mockup sebuah kaos atau produk lainnya, software yang diperlukan adalah Adobe Photoshop.

Apa Fungsi Mockup?

Tentu saja Mockup memiliki fungsi yang sangat penting terutama untuk memberikan keyakinan bagi klien akan sebuah produk yang akan dibuat dengan menampilkan gambar yang realistis. Beberapa fungsi yang didapatkan dari Mockup diantaranya adalah:

  • Kita bisa melihat preview dari sebuah produk sebelum di produksi
  • Menghemat biaya karena tidak perlu dicetak sekedar untuk contoh
  • Mengontrol display sehingga tidak melenceng dari rancangan
  • Merupakan pedoman teknis dari sebuah konsep
  • Dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Mockup

Setelah mengetahui tentang apa itu Mockup, maka dengan sudut pandang kita bisa mengkategorikan jenis-jenis Mockup itu sendiri. Seiring perkembangan dunia teknologi, kini jenis-jenis Mockup tidak lagi hanya sekedar aplikasi, perangkat lunak hingga kode-kode.

Melainkan ada beberapa jenis Mockup lainnya yang perlu diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mockup Fisik

Mockup fisik sendiri biasa kita kenal dengan prototipe atau bentuk akhir dari sebuah desain. Misalkan sebelum memproduksi sebuah mobil maka pabrikan merilis terlebih dahulu desain akhir dari mobil tersebut berupa sebuah prototipe.

  1. Mockup Pakaian

Biasanya Mockup pakaian seperti kaos biasanya berupa bentuk digital seperti hasil editing menggunakan photoshop. Mockup pakaian ini sebagai preview sebelum di produksi secara masal. Namun bisa juga berbentuk fisik sebagai preview yang realistis atau sebagai contoh.

  1. Mockup Digital

Seperti namanya yakni Mockup digital maka akan tersaji dalam bentuk gambar digital yang realistis. Biasanya untuk di share atau dipasarkan secara online seperti di marketplace seperti shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya atau di sosial media atau situs web.

  1. Mockup Maket Still Image

Mockup maket still image memiliki fungsi untuk menampilkan gambaran dari sebuah produk fisik seperti kaos, buku hingga parcel.

Keunggulan Menggunakan Mockup

Jelas menggunakan Mockup akan memberikan berbagai manfaat karena memiliki cukup banyak keunggulan. Seperti memberikan gambaran yang realistis dari sebuah produk yang akan di produksi.

Kemudian memudahkan melakukan revisi atau perbaikan jika terjadi kesalahan atau ada kekurangan. Sebagai media presentasi yang memudahkan bagi kita meyakinkan klien, dan terakhir tentu saja hemat anggaran karena menghindari kesalahan sebelum di produksi.

Kesimpulan Apa Itu Mockup?

Setelah mengetahui pembahasan diatas maka kita bisa menyimpulkan apa itu Mockup, yakni sebuah gambaran nyata dari sebuah produk sebelum dilakukan produksi.

Bisa juga sebagai gambaran nyata dari sebuah produk yang sudah di produksi dan digunakan sebagai bahan promosi. Itulah penjelasan kami mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan wawasan untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.