Weekend Artinya? Lihat Penjelasan dan Contoh Kalimatnya

Sudah pasti menjelang hari Sabtu atau Minggu, kata weekend pasti semakin sering terdengar. Lantas apakah weekend artinya liburan atau akhir pekan?

Weekend Artinya

Weekend Artinya?

Seperti diketahui kata Weekend berasal dari bahasa Inggris yang merupakan gabungan dari dua kata, yakni Week dan End. Week memiliki arti Minggu sementara End berarti akhir.

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka Weekend bisa berarti “akhir minggu” atau lebih gampangnya kita menyebutnya dengan “akhir pekan”.

Pertanyaannya, lantas apakah weekend ini adalah hari Minggu? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Arti Weekend Sebenarnya

Kata Weekend sendiri berasal dari Barat karena menggunakan bahasa Inggris. Ternyata budaya di Barat menyebutkan istilah Weekend sebagai hari dimana mereka libur atau tidak bekerja.

Biasanya hari Sabtu atau Minggu mereka waktunya libur sehingga dua hari tersebut identik dengan weekend. Hal ini diungkapkan dalam kamus Cambrige sebagai berikut ini:

Saturday and Sunday, or Friday evening until Sunday night; the part of the week in which many people living in the west do not go to work.

(Sabtu dan Minggu, atau Jum’at malam hingga Minggu malam; bagian dari pekan yang mana orang-orang yang tinggal di barat tidak pergi bekerja)

Jadi bisa disimpulkan di Barat sana, hari Sabtu atau Minggu adalah hari dimana orang-orang libur bekerja sehingga hari tersebut disebut juga sebagai weekend.

Contoh Kalimat Weekend

  1. Aku akan menghabiskan akhir pekan denganmu : I will spend my weekend with you.
  2. Apakah kamu memiliki rencana untuk akhir pekan : Do you have plan for the weekend.
  3. Selamat berakhir pekan semuanya : Happy weekend everyone.

Rencana Terbaik Weekend

Setelah mengetahui weekend artinya apa, maka setiap orang memiliki weekend terbaiknya. Mengisi waktu libur harus seperti apa dan kemana.

Namun bagi saya yang sudah berkeluarga, waktu terbaik mengisi weekend adalah dengan bersama keluarga. Tidak perlu pergi ke tempat wisata jika kondisi keungan kurang memadai, tapi bersama keluarga dirumah dengan acara seadanya sudah sangat berarti.

Kesimpulan Weekend Artinya

Itulah sekilas tentang pengertian dari Weekend. Weekend selain memiliki akhir pekan, adalah hari dimana kita libur berkeja sehingga kita bisa menghabiskan waktu untuk kebersamaan dan kesenangan, atau bisa juga untuk beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *