Wisata Curug Ngebul Cisitu Bandung Barat, Rute dan Tiket Masuk

Kali ini kita akan berikan informasi tempat wisata Curug Ngebul Cisitu, Bandung Barat yang layak untuk dikunjungi di akhir pekan ini.

Halo Baraya sadayana, kali ini kita akan bahas seputar tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat, seputaran percurugan atau air terjun yang memang banyak sekali ditemukan di Kabupaten Bandung Barat.

Wisata Curug Ngebul Cisitu Bandung Barat

Wisata Curug Ngebul Cisitu Bandung Barat

Seperti diketahui, Kabupaten Bandung Barat memang memiliki potensi kekayaan alam yang cukup besar lantaran dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan dan sungai.

Maka tak heran dengan alam pegunungan yang masih terjaga, ada banyak sekali aliran sungai yang terus di aliri air untuk sepanjang tahunnya.

Sungai-sungai tersebut rata-rata bermuara ke Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat.

Namun sepanjang aliran sungai-cungai kecil tersebut pastilah terdapat banyak sekali curugan atau air terjun, salah satunya adalah Curug Ngebul Cisitu, Bandung Barat.

Kita tahulah selain Curug Ngebul ini, ada juga curug yang sudah cukup terkenal di kalangan penikmat wisata di Kabupaten Bandung Barat yakni Curug Malela, yang disebut sebagai Niagaranya Bandung Barat.

Selain Curug Malela, ada juga Curug Pelangi yang masih satu aliran sungai dengan Curug Ngebul dan Curug Malela. Namun untuk kali ini kita akan bahas full seputaran Curug Ngebul Cisitu, Bandung Barat.

Alamat Curug Ngebul Cisitu, Bandung Barat

Sebelum kita bahas lebih jauh lagi tentang Curug tersembunyi ini, kita kasih tahu dulu alamat lengkapnya. Jadi Curug Ngebul ini berada di Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Ngebul Cisitu, Bandung Barat

Cukup sulit menemukan jalan menuju Curug Ngebul karena lokasinya memang cukup jauh dari perkampungan. Salah satu cara paling efektif adalah kamu bisa menggunakan layanan Google Maps untuk menuju lokasi.

Silahkan tandai terlebih dahulu di Google Maps untuk Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

Nantinya, kamu bisa mengikuti jalan yang sudah ditunjukkan di Google Maps, kemudian jika ragu bisa tanyakan ke warga.

Di Kampung Cisitu, sebaiknya parkirkan kendaraan di rumah warga, ada warung atau masjid yang biasa digunakan untuk memarkirkan kendaraan.

Dari Kampung Cisitu, maka masih harus menempuh perjalanan jalan kaki menyusuri perkebunan dan perbukitan dengan pemandangan alam yang cukup indah menuju lokasi Curug Ngebul.

Jarak dari parkiran di Kampung Cisitu menuju Curug Ngebul membutuhkan waktu 1 jam hingga 1,5 jam. 1 Jam menuju pos pertama, kemudian 30 menit menuju Curug Ngebul dengan kondisi jalan kecil bersemak dan menurun tajam.

Kondisi jalannya memang masih setapak karena Curug Ngebul Cisitu Bandung Barat ini masih belum dikelola dengan baik, masih dikelola oleh warga dengan se-ala kadarnya saja dengan dana seadanya, selain itu masih belum mendapatkan perhatian pemerintah secara maksimal.

Jadi sebaiknya kamu persiapkan segala perbekalan dengan baik, seperti makan dan minum karena harus menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Keindahan Curug Ngebul Cisitu Bandung Barat

Kita tahu Curug Malela memiliki daya tarik yang cukup tinggi dengan keindahan air terjunnya yang melebar, selain itu Curug Malela sudah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Kabupaten Bandung Barat sehingga pembangunan fasilitasnya semakin lengkap dan baik.

Keindahan wisata curug ngebul cisitu bandung barat

Namun jika kamu berhasil menuju Curug Ngebul ini maka kamu akan sedikit melupakan Curug Malela. Keindahan Curug Ngebul juga tidak kalah cantiknya dengan Curug-curug lainnya.

Meskipun air terjunnya tidak melebar dan hanya tunggal dengan ketinggian sekitar 20 meter, namun debit airnya yang besar seolah menghujam ke dasar dan membentuk sebuah kolam yang lapang.

Selain itu, letak Curug dan Kolamnya seolah berada di teras atas lantaran dibagian bawah ada seperti curugan kecil yang melebar. Hal inilah yang membuat Curug ini terlihat sangat istimewa.

Bukan hanya itu, seperti namanya Curug Ngebul, ternyata nama ini memang diambil dari kondisi nyata di Curug ini. Lokasinya berada di lembah dan gemuruh air terjunnya memang cukup terdengar keras.

Saking bergemuruhnya hingga membuat “ngebul” atau seperti awan, embun, asap atau semacamnya yang sulit saya “tuliskan”. Apalagi saat kondisi cuaca tengah grimis atau hujan.

Maka akan ada kabut yang datang dari atas langit namun ada juga kabut yang dihasilkan dari Curug ini. Inilah yang menjadi asal mula nama Curug Ngebul ini.

Aktivitas Wisata di Curug Ngebul

Mengunjungi Curug Ngebul tentu karena ingin menikmati keindahan pemandangan alam disini. Debit airnya yang cukup tinggi, serta air terjunnya yang cukup tinggi pula, tidak disarankan untuk berenang dikawasan ini karena cukup berbahaya.

Kamu bisa menikmati bermain air di curugan yang kecilnya saja atau di teras bawah. Kamu bisa juga masak-masak dan makan-makan di samping curug.

Menariknya, bagi warga disini ternyata Curug Ngebul memiliki banyak ikan air tawarnya. Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata yang mengelola Curug Ngebul ini kerap memancing atau menangkap ikan yang ada disini.

Mungkin kamu sebagai wisatawan juga bisa mencoba melakukan hal yang sama yakni memancing dan menangkap ikan.

Aktivitas camping di curug ngebul cisitu bandung barat
Camping di Curug Ngebul, Foto IG @curug_ngebul_official

Oh ya, di Pos pertama sebelum ke Curug Ngebul atau berada tepat di atas Curug Ngebul terdapat sebuag bukit yang dipersiapkan sebagai tempat camping. Kamu bisa coba Camping di bukit tersebut.

Dijamim pemandangan alamnya sangat luar biasa, alam pegunungan yang berundak, kemudian terlihat aliran sungai dan Curug Ngebul dibagian bawahnya seolah seperti tengah berada di negara lain.

Apalagi jika suasana seperti ini kamu rasakan di pagi hari saat matahari mulai terbit, rasanya keindahan alamnya tiada duanya.

Tips Berlibur Ke Curug Ngebul Bandung Barat

Seperti dikatakan diatas tadi karena lokasi wisata Curug Ngebul Cisitu Bandung Barat ini jauh dari perkampungan, maka sebaiknya bawalah perbekalan yang cukup seperti air minum dan makan.

Perjalanan kaki dari parkiran atau perkampungan Cisitu membutuhkan waktu antara 1 hingga 1,5 jam.

Jika kondisi kemarau dan tidak hujan, kendaraan motor masih bisa dipaksakan untuk masuk hingga ke pos 1 yang dekat Curug Ngebul. Dari pos 1 tersebut harus berjalan kaki dengan kondisi jalan kecil dan curam dengan waktu sekitar 30 menit.

Namun jika kondisi cuaca tidak menentu dan sering hujan, sebaiknya jangan paksakan motor untuk sampai pos 1, sebaiknya parkirkan saja di perkampungan.

Hal ini dikhawatirkan jika kendaraan sampai Pos 1, kemudian ketika mau pulang terjadi hujan, maka sudah bisa dipastikan motor tidak akan bisa berjalan pulang karena kondisi jalan licin, bertanah liat dan naik turun.

Maka kamu terpaksa harus menginap di saung-saung atau gubuk-gubuk petani sampai kondisi jalannya mengering.

Tiket Masuk Curug Ngebul Cisitu

Sejauh ini wisata Curug Ngebul Cisitu Bandung Barat dikelola secara swadaya oleh pemuda setempat yakni oleh POKDARWIS Curug Ngebul. Pengelolaan, perawatan hingga pembangunan masih belum bisa dilakukan secara maksimal

Sehingga pengelola tidak mematok tarif yang pasti, namun sebagai wisatawan tentu kita harus mau memberi dengan nilai yang wajar. Mengingat pengelola menjamin keselamatan dan kenyamanan pengunjung dengan sangat baik, serta keramah tamahan warganya yang sangat menyenangkan.

Akhir Kata

Itulah sekilas tentang Wisata Curug Ngebul Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Curug ini memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Letaknya berada di lembah-lembah pengunungan menjadikannya seperti permata yang tersembunyi, namun dihalangi oleh pegunungan-pegunungan yang indah. Semoga saja Curug Ngebul ini kedepannya menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Bandung Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.