Cara Daftar Google Maps untuk Lokasi Bisnis Anda

Informasi kali ini kita akan membahas mengenai cara daftar google maps untuk lokasi bisnis anda, berikut ini penjelasannya.

Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bisnis atau toko atau usaha anda di daftarkan di Google Maps, pastinya akan sangat mudah ditemukan di google, terutama bagi mereka yang mencari sesuatu di google.

Manfaat Google Maps

Semua ponsel pastinya sudah memiliki aplikasi google maps yang merupakan fitur gratis yang dimiliki oleh google. Aplikasi Google Maps ini sangat bermanfaat sekali bagi kita terutama untuk menemukan lokasi-lokasi yang memang belum pernah kita datangi.

Apalagi jaman sekarang ini kita semakin sering menggunakan aplikasi google maps, sebut saja saat berpergian, saat menecoba menemukan lokasi, dan lain sebagainya.

Aplikasi Google Maps sendiri sudah terintegrasi kedalam banyak aplikasi lainnya, sebut saja WhatsApp yang biasa kita gunakan untuk “shareloc”, atau aplikasi GoJek untuk menunjukkan arah perjalanan.

Sementara bagi para pelaku bisnis tentu ada manfaat yang sangat besar sekali, kita bisa menandai lokasi kita di google maps sehingga bisa ditemukan dengan mudah di google.

Lantas bagaimana cara daftar google maps untuk lokasi bisnis anda? Simak terus ulasannya hingga selesai.

Cara Daftar Google Maps untuk Lokasi Bisnis Anda

Agar toko atau bisnis kamu mudah di temukan di internet, maka kamu wajib mendaftarkan bisnis kamu di Google Maps. Semisal ketika kamu mengetik “Toko Ponsel Cimahi”, maka akan muncul deretan daftar toko-toko pensel yang ada di Cimahi, seperti pada gambar dibawah ini.

Oh ya untuk memulai menandai lokasi nisnis kamu di google maps, maka kamu wajib memiliki akun goole, silahkan lihat caranya di artikel sebelumnya tentang cara buat akun google dengan mudah.

cara daftar google maps untuk lokasi bisnis anda

Daftar Google Maps di Laptop atau PC

daftar google bisnis
  • Pada google pencarian, ketik saja kata kunci “google maps”.
  • Atau bisa menuju ke sini https://www.google.co.id/maps/.
  • Klik Pada tiga garis di pojok kiri atas, kemudian pilih “Tambahkan Bisnis Anda”.
  • Kamu akan diarahkan ke halaman Bussiness Google.
  • Isikan data pada semua kolom yang tersedia, seperti “Nama Bisnis”, “Kategori Bisnis”, ikuti saja alurnya sampai selesai dan klik “Submite”.
  • Silahkan buka email Gmail kamu untuk melihat notifikasi dari google bisnisku berupa data-data yang sudah kamu isi.
  • Jika sudah benar, tunggu konformasi dari google, pengajuan mu di Google Bisnisku akan direview.
  • Tunggu saja beberapa hari sampai akun google bisnisku aktif, jika dalam beberapa minggu masih belum aktif, kamu bisa mencoba menghubungi google.

Daftar Bisnis di Google Maps menggunakan HP

  • Pastinya HP kamu sudah memiliki aplikasi Google Maps.
  • Buka saja aplikasi tersebut dan aktifkan lokasimu.
  • Klik pada settings atau tiga garis di pojok kiri atas.
  • Pilih “Tambahkan Tempat” dan isi semua kolom yang disediakan seperti nama toko, alamat, foto dan lain sebagainya.
  • Silahkan share lokasi bisnis kamu melalui berbagai media sosial.
  • Tunggi review dari Google dalam beberapa hari kedepan.
  • Jika keterima maka lokasi tokomu akan aktif di google.

Cara daftar Google Maps untuk Lokasi Bisnis anda dengan Google My Business

  • Pada pencarian keti saja “Google Business”.
  • Atau bisa menuju https://www.google.com/intl/id_id/business/.
  • Klik pada “Kelola Sekarang” di pojok kanan atas.
  • Isikan “Nama Bisnis” kamu pada kolom yang disediakan.
  • Pilih jenis bisnis semisal “retail Online”, “Toko Lokal” dan “Bisnis Layanan”, klik Beirkutnya.
  • Ikuti terus prosesnya dengan mengisi data pada kolom yang disediakan.
  • Agar lokasinya tampil di google search, Klik “YA”.
  • Maka kamu harus mengisi alamat detail dan tandai lokasi di google maps, tandai dengan seakurat mungkin.
  • Klik YA atau TIDAK untuk melayani pelanggan dari luar kota.
  • Kemudian isikan detail kontak, dan klik Selesai.
  • Selanjutnya proses verifikasi, isikan alamat kamu dengan benar.
  • Google akan mengirimkan surat berisi kode verifikasi ke alamat kamu.
  • Tunggu beberapa minggu samapi suratnya datang, kalau sudah datang lakukan verifikasi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Keuntungan Menampilkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Tentu saja ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat lokasi bisnis kamu sudah terdaftar di Google, berikut ini beberapa keunutngan yang bisa kamu dapatkan.

1. Bisnis Kamu Mudah Ditemukan

Seperti dikatakan diatas, jika bisnis kamu sudah terdaftar di google maps maka calon konsumen kamu akan mudah menemukan lokasi bisnismu. Hal ini sangat berguna sekali sebagai sarana promosi yang powerfull yang berimbas pada keuntungan perusahaanmu.

Semisal kamu memiliki sebuah toko ponsel di Cimahi, ketika orang mengetikan kata “toko ponsel di Cimahi”, maka otomatis toko kamu akan tampil dihalaman utama google dan berpeluang dikunjungi oleh mereka yang mencarinya.

2. Informasi Bisnismu Lebih Jelas

Selain itu, google maps akan menampilkan informasi lengkap mengenai data bisnis kamu. Seperti alamat, nomor ponsel, website, rute menuju lokasi yang bisa dibuka dan diarahkan menggunakan Google Maps, hingga ulasan apa adanya dari para pengunjung.

Tentu saja yang paling penting adalah ulasan dari pengunjung, maka jika kamu memiliki toko sebaiknya pelayanan terhadap konsumen haruslah baik agar ulasan mereka di google maps juga baik. Hal ini sangat berpengaruh terhadap calon konsumen lainnya.

Semua informasi toko kamu di Google Bisnisku akan terlihat bagus, rapi dan menarik. Tentu saja kamu perlu menggunakan foto-foto terbaik untuk menampilkan bisnismu di google maps.

3. Meningkatkan Rangking di Google Search

Bagi pelaku UMKM tentu ini sangat bagus untuk diterapkan mengenai cara daftar google maps untuk bisnis anda. Artinya posisi bisnismu di google pencarian akan berada di paling atas halaman utama google.

Artinya lokasi bisnismu akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Kamu gak perlu ribet-ribet belajar website dengan SEO yang cukup berat untuk bersaing di google, cukup dengan daftar di google bisnisku dengan lengkap, maka posisi tokomu bisa di halaman utama google.

4. Menambah Sales

Saya pernah beli smartphone di Bandung dengan datang langsung ke tokonya, awalnya melihat promo-promo mereka di instagram. Kemudian saya ketik kata kunci toko tersebut di google, maka muncul dihalaman utama pencarian toko tersebut lengkap dengan alamat, panduan rute menuju lokasi, hingga ulasan pelanggan.

Dengan modal tersebut akhirnya saya langsung menuju lokasi dengan mengandalkan google maps, dan tanpa kesulitan toko tersebut akhirnya ditemukan.

5. Cara Daftar Google Maps untuk Lokasi Bisnis anda Secara Gratis

Betul sekali, cara daftar google maps untuk lokasi bisnis anda memang mudah dan juga gratis. Jadi manfaatkan fasilitas ini untuk segera mendaftarkan bisnis kamu di google bisnisku. Hal ini akan meningkatkan performa bisnis kamu.

Akhir Kata

Itulah sekilas tentang cara daftar google maps untuk lokasi bisnis anda. Sebenarnya sangat mudah melakukannya tinggal ikuti saja terus instruksi yang diberikan.

Ada banyak sekali manfaat jika bisnis kamu sudah terdaftar dan ditandai di google maps. Tentu saja akan berpengaruh besar terhadap penjualan atau sales marketing. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.