PAPALIDAN! Wisata Air Sungai Cilanang yang lagi Hits di Cipongkor

wisata air sungai cilanang cipongkor
Keseruan wisatawan lokal papalidan di Sungai Cilanang, Kampung Bojong, Ds. Sarinagen, Kec. Cipongkor, Kab. Bandung Barat.

Wisata air Cilanang saat ini tengah hits di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah “papalidan” menyusuri sungai sepanjang 1 KM.

Meski baru dibuka sekitar satu bulanan, namun wisata air sungai Cilanang yang berada di Kampung Bojong, Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat ini sudah cukup banyak menarik perhatian publik.

Terbukti setiap akhir pekan yakni hari Sabtu dan Minggu, kawasan ini cukup ramai dipadati pengunjung.

Wisata Air Sungai Cilanang

Awalnya sungai Cilanang bukanlah tempat untuk berwisata, ini adalah sungai biasa yang sering digunakan warga untuk aktivitas biasa seperti mencuci karpet hingga memandikan domba.

Namun belakangan kawasan ini justru menjadi salah satu objek wisata yang tengah hits di Kecamatan Cipongkor.

Wisata sungai cilanang
Serunya papalidan dengan jarak 1 km menyusuri sungai Cilanang dengan arus sedang

Adalah Aang, Ki Cakra, Kang Enden dan rekan-rekan dari pemerhati lingkungan yang berinisiasi menciptakan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menyenangkan bagi masyarakat.

Menurut Aang, awalnya banyak sampah di sungai Cilanang. Karena lokasinya dibawah jembatan jalan Raya, beberapa oknum tidak bertanggung jawab kerap membuang sampah ke sungai.

“Mudah-mudahan, karena adanya kegiatan anak-anak dan warga disini, setidaknya warga menjadi sadar tidak membuang sampah ke sungai,” Kata Aang kepada MyCipongkor.com, Minggu (11/9/2022).

“Sekaligus mengajarkan anak-anak disini untuk tidak membuang sampah kesungai, bisa menjaga kelestarian sungai”, Tambahnya.

Aktivitas Wisata Sungai Cilanang

Masyarakat Cipongkor kini memiliki pilihan objek wisata alam yang sangat seru yakni wisata air Sungai Cilanang di Kampung Bojong, Desa Sarinagen. Kita bisa “papalidan” meyusuri aliran sungai Cilanang dengan menggunakan ban yang sudah disediakan.

Tidak perlu khawatir prihal keamanan dan keselamatan, pengelola sudah menyediakan alat-alat keselamatan yang lengkap seperti rompi pelampung hingga penutup kepala.

Wisata Cipongkor yang Hits
Wisata Air Sungai Cilanang memang pas untuk liburan keluarga

Papalidan di Sungai Cilanang juga aman untuk anak-anak lantaran memiliki aliran sungai yang sedang. Selain dilengkapi dengan rompi pelampung, pelindung kepala dan ban. Anak-anak juga diberikan jarak papalidan yang tidak terlalu jauh.

Tersedia tiga pilihan jarak papalidan yakni 300 meter untuk anak-anak, 500 meter dan 1 kilometer untuk dewasa.

Nantinya pengunjung akan berjalan kaki terlebih dahulu ke lokasi awal papalidan dengan melewati perkampungan dan persawahan. Tentu saja sepanjang perjalanan ini kita akan menyaksikan indahnya suasana alam pedesaan dengan background Gunung Masigit yang menjadi salah satu icon Kecamatan Cipongkor.

Pengunjung akan merasakan sensasi papalidan di Sungai Cilanang dengan melewati beberapa spot yang cukup menguras adrenalin. Selain itu ada juga kawasan untuk meloncat dari ketinggian.

Fasilitas

Sejauh ini tersedia beberapa fasilitas penunjang untuk papalidan seperti ban, rompi pelampung hingga pelindung kepala. Namun jumlahnya masih sangat terbatas sehingga banyak masyarakat yang harus antri menggunakan fasilitas ini.

“Sejauh ini kami berusaha menyediakan sendiri fasilitas ini, inipun hasil dari swadaya sendiri, mudah-mudahan kedepannya jumlahnya semakin banyak agar pengunjung bisa kebagian”, Kata Ki Cakra.

Wisata Cipongkor Bandung Barat
Salah satu kegiatan berwisata di Sungai Cilanang

Jam Buka Wisata Air Sungai Cilanang

Wisata air sungai Cilanang yang lagi hits di Cipongkor ini tidak setiap hari buka. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi papalidan di Sungai Cilanang bisa datang di hari Sabtu dan Minggu yang dimulai pada pukul 8 pagi hingga selesai.

Akhir Kata

Itulah sekilas tentang wisata air Sungai Cilanang yang lag hits di Cipongkor, lokasinya ada di Kampung Bojong, Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Berwisata disini kamu akan merasakan sensasi papalidan yang seru dengan jarak 1 kilometer menyusuri sungai. Beberapa spot membuat kita harus ekstra waspada karena aliran sungainya cukup deras. Datanglah kesini setiap akhir pekan dan dimulai pukul 8 pagi.

Responses (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published.