Berwisata ke Curug Buana Rongga, Air Terjun Tertinggi di Bandung Barat

curug buana rongga
Curug Buana di Kecamatan Rongga, Tertinggi di Kab. Bandung Barat

Berwisata ke Curug Buana di Kecamatan Rongga yang merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Bandung Barat.

Pagi ini, Selasa (20/9/2022), tim MyCipongkor berangkat menuju Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Kami berangkat dari depan Kantor Kecamatan Cipongkor dengan tujuan akhir adalah Curug Buana.

Curug ini sangat spesial lantaran memiliki ketinggian puluhan hingga ratusan meter. Menariknya pada bagian atas curug terdapat tiga kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Pengunjung bisa berenang di kolam tersebut dengan aliran air yang cukup deras serta jernih. Selain itu view dari kolam sangat luar biasa indah dengan pemandangan pegunungan dihadapan kita.

Inilah ulasan kami mengenai Curug Buana, di Kecamatan Rongga yang merupakan salah satu curug tertinggi di Kabupaten Bandung Barat.

Rute Perjalanan Menuju Curug Buana Rongga

Kami berangkat pagi dari depan Kantor Kecamatan Cipongkor, alasannya adalah karena ingin menikmati suasana pagi disepanjang perjalanan. Selain itu nantinya kita akan melewati persawahan di lereng pegunungan dengan view yang sangat indah.

Perjalanan menggunakan motor membutuhkan waktu sekitar satu jam. Rutenya adalah dari Kecamatan Cipongkor kita mengambil jalan pintas menuju Desa Cibitung, Kecamatan Rongga.

Ikuti jalan utama hingga menuju ke arah Kantor Kecamatan Rongga yang berada di Desa Cibedug. Disini terdapat masjid besar Rongga yang juga merupakan Islamic Center dan juga icon dari Kecamatan.

Menuju ke Curug Buana Rongga
Persiapan dan parkir kendaraan di rumah Warga di Kampung Cikukup, Desa Bojongsalam, Kec. Rongga

Perjalanan dilanjutkan ke arah Desa Bojong Salam dengan melewati perkebunan teh, ikuti terus jalan utama hingga terakhir kita berhenti di Kampung Cikukuk di Desa Bojong Salam. Disini kita bisa memarkirkan kendaraan dan mulai berjalan kaki menuju lokasi.

Jalan Kaki Menuju Curug Buana Rongga

Perjalanan yang melelahkan akan dimulai dari sini karena kita akan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Tidak ada akses jalan yang memadai layaknya tempat wisata karena pada dasarnya Curug ini masih tersembunyi dan belum banyak yang tahu.

Sejauh ini Curug ini belum dijadikan tempat berwisata sehingga tidak ada tiket masuk, siapapun bebas mengunjungi Curug Buana yang merupakan salah satu Curug tertinggi di Kabupaten Bandung Barat.

rute menuju curug buana rongga
Pemandangan alam persawahan yang indah di pedesaan

Kita menggunakan akses jalan setapak yang biasa digunakan oleh warga dan para petani setempat. Sejak awal perjalanan ini kita sudah disuguhkan pemandangan alam pedesaan yang sangat indah. Apalagi saat ini masih cukup pagi dengan udara yang sangat segar serta bias sinar matahari pagi yang membuat semuanya terlihat sangat sempurna.

Diawal perjalan sudah terlihat dua curug yang cukup besar, namun ternyata bukan kedua curug ini yang menjadi tujuan kita melainkan curug berikutnya yang menjadi akhir dari aliran Sungai di kawasan ini.

Pasalnya aliran sungai Curug Buana dari puncak gunung hingga kedasar mencapai ratusan meter yang tidak memungkinkan bagi kami pergi hingga kedasar. Nantinya kita akan bermain dipuncak curugnya yang terdapat tiga kolam yang sangat nyaman untuk berenang.

Sepanjang perjalanan menuju Curug Buana Rongga, kita disuguhkan pemandangan persawahan yang indah serta curug-curug dengan aliran sungai yang jernih. Sungai ini dimanfaatkan oleh warga untuk kebutuhan irigasi persawahan dan pertanian.

Aktivitas di Curug

Setelah perjalanan sekitar 45 menit akhirnya kami sampai di Curug yang indah ini. Disini terdapat tiga curugan dengan air yang jernih dan deras. Curugan pertama dengan ketinggian sekitar 12 meter, kemudian curugan kedua dan ketiga sekitar 6 meter.

berenang di curug buana rongga
Aktivitas berenang di Curug Buana Rongga

Masing-masing curugan memiliki kolam yang cukup luas dan dalam sehingga aman untuk berenang dan meloncat.

Aliran air di Curug ketiga langsung mengalir ke bawah dengan ketinggian sekitar 100 meteran yang membentuk kolam kecil. Kemudian sambung lagi dengan curug berikutnya dan seterusnya.

Maka tak salah jika Curug Buana Rongga ini merupakan Curug tertinggi di Kabupaten Bandung Barat, mungkin sekitar 300 meteran atau lebih.

loncat dari ketinggian
Loncat dari ketinggian 10 meter, aktivitas berenang di Curug Buana Rongga

Aktivitas yang bisa dilakukan di Curug ini adalah berenang di kolam di tiga curug kecil diatas. Kolamnya cukup dalam dan lebar sehingga kita bisa loncat dari ketinggian 10 meter atau 6 meter.

tiga kolam berenang diatas gunung
Tiga kolam untuk berenang yang menyenangkan di Curug Buana

Kita bisa sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah karena di hadapan kita adalah pegunungan-pegunungan dan perbukitan. Saat berenang di kolam ketiga kita seolah berenang diatas gunung dengan view yang terbuka.

Tips Wisata Ke Curug Buana Rongga

Curug Buana Rongga sejauh ini belum dibuka secara resmi sebagai tempat wisata sehingga tidak ada petugas yang menjaganya. Maka kita perlu hati-hati saat berkunjung kesini, terlebih kita nantinya berada di paling puncak curug yang ketinggian totalnya mencapai 300 meteran lebih.

Jang coba-coba melihat bagian bawah curug dari ketinggian jika kamu pobia terhadap ketinggian. Selain itu jangan datang kesini saat musim hujan untuk menghindari banjir bandang.

Jika ada banjir bandang maka akan sulit bagi kita untuk mencari tempat yang aman.

Jagalah kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sambah sembarangan, jika membawah sampah sebaiknya bawa kembali sampahnya dan buang pada tempatnya.

Akhir Kata

Curug Buana Rongga adalah curug yang masih sangat alami, belum tersentuh oleh banyak orang sehingga kita wajib menjaga kelestarian curug dan alamnya. Semoga Curug Buana Rongga bisa dikelola dengan baik agar kedepannya kita semua bisa sama-sama menjaga kelestariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.