Cara Bikin Saluran WhatsApp via HP Mudah dan Cepat

Informasi kali ini kita akan membahas mengenai cara bikin saluran Whatsapp menggunakan smartphone dengan cepan dan juga mudah.

Seperti diketahui Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang sangat populer di dunia dengan jumlah pengguna yang banyak. Aplikasi yang dikembangkan oleh Meta ini terus mengalami perubahan dengan update fitur terbaru. Hal ini untuk memberikan pengalaman baru bagi pengguna, juga pemanfaatan aplikasi yang lebih maksimal.

Salah satu update terbaru yang diberikan Meta adalah dengan adanya saluran whatsapp. Fitur ini bisa dikatakan mirip dengan fitur yang ada di aplikasi telegram. Beberapa orang merasakan mirip seperti grup Whatsapp meskipun ada perbedaan yang mendasar antara keduanya.

saluran whatsapp

Saluran WhatsApp

Seperti dikatakan diatas, saluran whatsapp hadir sebagai fitur terbaru yang diberikan meta. Fitur ini hampir mirip dengan grup WA, hanya saja setiap follower sebuah saluran tidak bisa berkomunikasi dengan follower lainnya melainkan hanya bisa memberikan reaksi terhadap informasi yang diberikan oleh pemilik saluran.

Hal ini tentu memberikan manfaat bagi pemilik saluran dan juga followernya dimana pemilik saluran bisa memberikan informasi langsung kepada followernya. Sementara follower bisa mendapatkan informasi pada saluran tersebut tanpa khawatir informasi tersebut tenggelam oleh chattingan follower lainnya.

Pemilik saluran bisa membagikan berbagai konten langsungs eperti link youtube, link artikel sebuah berita, foto maupun video seara langsung.

Perubahan Tampilan WhatsApp

Hadirnya fitur Saluran Whatsapp sedikit memberikan perubahan kepada tampilan WA kita. Pada tab “Status” kini berubah menjadi tab “Pembaruan”. Tab ini berisi status semua teman kontak kamu yang ditampilkan secara horizontal.

Sementara pada bagian bawahnya merupakan informasi dari saluran WA. Jika kamu sudah memfollow salah satu saluran maka akan tampil informasi terbaru yang dibagian oleh saluran tersebut.

Cara Bikin Saluran WhatsApp

Meski fitur ini sudah hadir di Indonesia namun tidak semua akun WA bisa membuat saluran. Hanya akun yang sudah terverifikasi resmi yang bisa membuat saluran, sementara akun personal tidak bisa.

Cara mendapatkan akun resmi adalah kamu harus mendaftar terlebih dahulu di Whatsapp Business. Daftarkan nama bisnis kamu dan isi data secara lengkap, nantinya WA akan meninjau permohonan kamu, selanjutnya tinggal bikin saluran yang diinginkan, caranya sebagai berikut:

  1. Pastikan aplikasi Whatsapp kamu yang terbaru.
  2. Geser ke tab “Pembaruan” dan klik tanda plus “+”.
  3. Silahkan setujui ketentuan yang ditampilkan.
  4. Buat nama saluran dan isikan deskripsi saluran.
  5. Setelah itu silahkan klik “buat saluran” dan publikasikan.

Cara Mencari Saluran Whatsapp Sesuai Minat

Sementara ini jumlah saluran whatsapp di Indonesia masih belum banyak, hanya akun-akun resmi seperti tokoh, portal berita, klub olah raga dan lain-lain yang memilikinya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp kamu, pilih tab “Pembaruan”.
  2. Terdapat banyak saluran yang tertera, Pilih pada “Cari Saluran”.
  3. Kamu bisa ketik nama yang ingin kamu follow, misal “PERSIB”.
  4. Atau kamu bisa pilih sesuai tab yang tersedia seperti “paling aktif”, “populer”, “baru”.
  5. Setelah ditemukan saluran yang diinginkan tinggal centang saja atau follow.

Kenapa WhatsApp Saya Belum Muncul Saluran

Sejauh ini fitur saluran baru dihadirkan di Indonesia sehingga belum semua aplikasi Whatsapp mendapatkannya. Jika WA kamu masih belum ada saluran cobalah untuk update aplikasi WA ke versi terbaru. Kemudian kamu bisa tunggu beberapa saat sambil merefresh.

Kesimpulan

Saluran Whatsapp hadir dengan manfaat yang lebih terasa terutama bagi kamu yang ingin membangun komunitas ekslusif dengan tujuan pemasaran. Bisa juga sebagai media promosi website kamu untuk menarik trafik yang banyak. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *