Tren  

Cara Mematikan Pohon Kelapa, Cepat dan Aman

cara mematikan pohon kelapa

Informasi kali ini kita akan membahas mengenai cara mematikan pohon kelapa. Ada beberapa alasan kenapa kita harus mematikan pohon kelapa, misal pohon kelapa tersebut sudah terlihat tua dan tidak produktif, atau pohon kelapa yang kamu miliki bisa menimbulkan bahaya.

Misalkan pohon kelapa yang berbuah lebat namun cukup tinggi sehingga sulit untuk memetiknya, sementara pohon kelapa tersebut berada di pemukiman padat penduduk sehingga rentan terhadap buah kelapa yang jatuh. Atau pohon kelapa yang sudah tua dan berpotensi tumbang akibat angin kencang.

Pada kesempatan kali ini kita juga akan membahas mengenai metode cara mematikan pohon kelapa sawit yang biasa di tanam di perkebunan. Biasanya perkebunan kelapa sawit membutuhkan lahan yang sangat luas dengan masa produktif yang sudah bisa di perkirakan. Maka perlu ada cara mematikan pohon kelapa yang baik dan aman agar nantinya bisa di tanam kembali.

Pertimbangan Kenapa Harus mematikan Pohon kelapa

Seperti disebutkan diatas, ada banyak alasan kenapa kita harus mematikan pohon kelapa dan menyingkirkannya. Bisa jadi karena pohon kelapa tersebut sudah cukup tua dan tidak produktif. Pohon kelapa tersebut berada di tengah pemukiman penduduk dan rentan terhadap buah kelapa yang jatuh dan menimpa warga.

Sementara untuk perkebunan kelapa sawit tentu pertimbangannya adalah lahan tersebut akan kembali di gunakan untuk menanam kembali pohon kelapa sawit. Maka cukup bijaksana jika membuhun pohon kelapa sawit tidak harus dengan cara yang merugikan orang banyak semisal dengan melakukan pembakaran hutan.

Cara Mematikan Pohon kelapa

Mematikan pohon kelapa sangatlah mudah lantaran sudah umum dilakukan. Pastinya yang paling baik adalah dengan menebangnya dan menyingkirkannya. Sebaiknya mintalah tenaga profesional yang ahli menebang pohon.

Menggunakan mesin gergaji agar prosesnya cepat serta tim yang sudah terbiasa menebang pohon agar jatuhnya pohon kelapa bisa diarahkan ke tempat aman. Selain itu kita juga masih bisa mendapatkan untuk dari hasil penjualan pohon kelapa.

Sebenarnya sudah cukup dengan cara menebangnya saja, namun kamu kalau masih pengen ada kerjaan tambahan bisa juga mencoba menggali akar pohon kelapanya. Setelah semuanya beres, pertimbangkan untuk menanam pohon lainnya semisal pohon mangga yang lebih produktif dan tidak terlalu tinggi, atau bisa juga pohon rambutan. Hal ini bisa juga sebagai langkah menjaga ekosistem di tempat tersebut sebelumnya.

Cara Mematikan Pohon kelapa Sawit

Berbeda dengan cara mematikan pohon kelapa biasa pada umumnya, mematikan pohon kelapa sawit tentu tidak akan cukup hanya dengan menebangnya saja. Biasanya kelapa sawit ditanam di perkebungan dengan luas lahan mencapai puluhan hingga ratusan bahkan ribuan hektar.

Tidak semua pohon kelapa sawit tumbuh sempurna dan bahkan cenderung tidak produktif. Sebaiknya pohon kelapa sawit tersebut harus di musnahkan agar tidak menggangu pohon kelapa sawit lainnya yang tumbuh bagus. Selain itu nantinya bisa di tanami lagi dengan bibit yang baru.

Biasanya perusahan-perusahaan besar akan menggunakan metode zat kimia untuk proses pemusnahan tanpa harus menebangnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Natrium Arsenit (Na3AsO3)

Cairan ini biasa digunakan oleh perusahaan perkebungan kelapa sawit untuk mematikan tanamannya yang tidak produktif. Caranya adalah dengan membuat lubang pada batang pohon kelapa sawit. Buatlah lubang secara miring agar nantinya cairannya masuk sempurna hingga ke intinya.

Masukan cariran Natrium Arsinit pada lubang yang sudah dibuat sebanyak 20 cc/pohon. Tutup lubang tersebut dengan batang pohon bisa di tambahkan tanah agar tertutup rapat.

Harap berhat-hati dalam melakukan prosesnya lantaran cairan ini sangat berbahaya dan beracun, Bahkan kita dilarang memanen buah yang sebelumnya telah di berikan cairan racun ini.

Nantinya dalam beberapa waktu kedepan pohon kelapa sawit akan mati dan bisa ditanam kembali dengan yang baru.

2. Menggunakan Herbisida

Metode berikutnya adalah dengan membuat racun menggunakan herbisida. Ada dua metode penggunaan herbisida yakni dengan jenis Glifosat dengan cara yang hampir sama seperti pada metode pertama yakni Natrium Arsenit.

Hanya saja campurannya adalah herbisida glifosat sebanyak 250 cc harus di campur dengan 10 liter air. Kemudian masukan kedalam pohon kelapa sawit yang sudah dilubangi.

Metode berikutnya adalah dengan Herbisida Garlon yakni dengan cara di infus pada akar kelapa sawit. Masukan herbisida garlon pada plastik es lilin sebanyak 2 sendok makan, tambahkan air secukupnya.

Kemudian potong akar kelapa sawit yang masih hidup dan merupakan akar muda. Masukan ujung akarnya kedalam plastik herbisida garlon tadi dan ikat. Nantinya akar akan menyerap cairan tersebut dan menyebabkan pohon kelapa sawit mati dalam beberapa hari kedepan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mematikan pohon kelapa baik kelapa biasa pada umumnya ataupun kelapa sawit. Harap perhatikan keselamatan serta berhat-hati saat menggunakan carian yang mengandung zat racun yang sangat kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *