Layar LCD HP Vivo Tidak Berfungsi, Cara Mengatasinya

Layar LCD HP Vivo Tidak Berfungsi – Siapapun pasti pernah mengalami ponselnya eror atau tidak berfungsi dengan baik. Biasanya semua ponsel di desain memiliki ketahanan dalam waktu beberapa tahun saja, setelah itu ponsel menjadi lebih sering eror dan bahkan rusak.

Pemakaian ponsel yang terus menerus memang memberikan beban yang terus bertambah, cache yang semakin penuh, kapasitas memori yang semakin terkuras, aplikasi-aplikasi yang terpasang terus mendapatkan update yang membuat kapasitas penyimpanan dan RAM semakin sempit.

Layar LCD HP Vivo Tidak Berfungsi

Hal ini sudah pasti memberikan dampak penurunan performa ponsel yang semakin terasa. Selain itu beberapa komponen pada ponsel juga kerap kali mengalami eror dan kerusakan, baik kerusakan ringan hingga parah yang membuatnya harus segera di ganti. Salah satu komponen yang tidak jarang harus di ganti adalah bagian layar LCD yang eror dan tidak berfungsi.

Layar LCD HP Vivo Tidak Berfungsi

Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai Layar LCD HP Vivo Tidak Berfungsi. Banyak kasus dimana pengguna ponsel Vivo mengalami hal ini. Saya sendiri mengalami hal ini yakni HP Vivo S1 Pro kondisi layar LCD tidak berfungsi sama sekali meskipun ponsel dalam keadaan menyala dan aktif seperti biasa. Namun layar LCD tidak bisa dioperasikan sama sekali.

Sebagai informasi, HP Vivo S1 Pro merupakan ponsel menengah dimana layar yang digunakan sudah Super AMOLED yang sudah pasti memiliki kualitas yang sangat baik setara dengan ponsel kelas atas.

Layarnya berukuran 6.38 inci dibekali resolusi Full HD dengan tingkat kejernihan yang baik. Ponsel ini di rilis pada tahun 2019 lalu sehingga saya sudah menggunakannya selama 5 tahunan. Ponsel ini memiliki RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB.

Penyebab Layar LCD HP Vivo Error

Semakin berkembangnya teknologi tentu dibarengi dengan perkembangan kebutuhan pengguna dalam hal multimedia pada ponselnya. Ponsel tidak lagi sebagai alat komunikasi biasa melainkan sebagai sarana hiburan yang lengkap yang ada pada genggaman kita.

Jika kamu seorang konten kreator maka bisa memanfaatkan ponsel sebagai senjata utama dalam pembuatan konten. Memanfaatkan kamera utama untuk merekam video hingga menginstal aplikasi editing video yang berkualitas. Jika jenuh maka kamu bisa streaming film sesukanya melalui aplikasi streaming film baik yang gratis hingga berbayar.

Selain itu sudah pasti kamu juga membutuhkan hiburan lainnya seperti game. Ponsel Vivo S1 Pro saya hanya memiliki dua aplikasi game yakni Mobile Legends dan PUBG Mobile. Sudah pasti kedua aplikasi itu kini memakan kapasitas memori yang cukup besar mengingat aplikasi game selalu mendapatkan update. Game PUBG Mobile bahkan menghabiskan kapasitas memori gingga 10 GB lebih.

Alhasil performa ponsel mengalami penurunan yang cukup terasa, semisal tiba-tiba ponsel menjadi hang atau merestart sendiri. Apalagi saat kita ngegame sudah pasti menghabiskan waktu yang cukup lama yang membuat ponsel menjadi sangat panas.

Hal inilah yang membuat layar LCD HP Vivo S1 Pro menjadi tidak berfungsi sama sekali. Bahkan saat ponsel coba di restart paksa namun tetap saja kondisi layar tidak bisa di gunakan. Secara teknis jika layar eror maka sudah pasti tidak akan bisa menampilkan gambar sama sekali, namun kenyataannya semua gambar ditampilkan dengan baik. Hanya saja memang tidak bisa di gerakan atau tidak berfungsi.

Bisa jadi soket LCD ke mesin ponsel ada yang eror atau kebakar sehingga layar LCD tidak bisa digunakan meskipun layar masih mampu menampilkan gambar.

Solusi Layar LCD HP Vivo Rusak

Setelah melakukan pengecekan secara seksama maka kesimpulannya layar LCD HP Vivo S1 Pro saya rusak dan sudah tidak bisa digunakan. Solusinya adalah dengan menggantinya dengan layar LCD yang baru.

Saat ini memang banyak tersedia di marketplace layar LCD Vivo S1 Pro, namun perlu di ingat layar tersebut memang bukanlah layar original. Juga jenis layar yang berbeda dengan layar original. Ponsel Vivo S1 Pro menggunakan layar jenis Super AMOLED dengan resolusi Full HD, sementara layar dengan ukuran serupa banyak dijual di marketplace dengan jenis TFT dengan resolusi rendah.

Maka sudah pasti kualitas gambar yang ditamplkan akan terasa jauh berbeda penurunannya. Selain itu daya tahannya juga tidak terjamin akan sanggup bertahan berapa lama. Harga yang ditawarkan untuk layar LCD ini bervariatif namun ada di kisaran Rp.250.000 hingga Rp.350.000.

Namun kamu tidak memiliki pilihan lain selain membeli layar LCD seperti ini apalagi jika ponsel kamu dianggap memiliki data yang sangat penting dan membutuhkan akses kedalamnya untuk kemudian di pindahkan ke ponsel yang baru.

Cara Mengganti Layar LCD HP Vivo

Ada banyak tutorial yang bisa kamu tonton di Youtube mengenai cara mengganti layar HP Vivo S1 Pro. Kamu bisa mencobanya sendiri atau jika tidak yakin maka bisa menggunakan jasa service ponsel.

Namun secara umum kamu hanya perlu membuka casing ponsel terlebih dahulu dengan menggunakan kuku. Kemudian melepas baterai ponsel yang terpasang dengan melepaskan lemnya, kemudian lepas soket baterai agar ponsel mati.

Setelah itu lepas soket LCD yang berada di bagian sudut bawah ponsel dan lepaskan LCD secara perlahan.

Setelah itu ganti dengan LCD yang baru kamu beli dan pasangkan seperti semula. Pasang secara rapi dan nyalakan ponselnya.

Kesimpulan

Itulah sekilas tentang Layar LCD HP Vivo S1 Pro tidak berfungsi dan rusak, penyebab hingga cara mengatasinya. Kinerja yang berlebihan membuat performa ponsel mengalami penurunan, imbasnya beberapa komponen rusak termasuk pada komponen layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *