Bisnis  

Modal Bisnis Kaos Sablon DTF dan Potensi Keuntungannya

Informasi kali ini kita akan bahas mengenai modal bisnis kaos sablon DTF dan peluang keuntungannya. Saya tertarik bahas ini lantaran saya sendiri mulai tertarik untuk terjun di bisnis ini. Ada beberapa alasan yang membuat saya tertarik ke usaha sablon kaos, mungkin kamu juga perlu menyimak alasan tersebut sebagai motivasi dan inspirasi untuk membuka usaha.

bisnis kaos sablon dtf

Inspirasi Bisnis Kaos Sablon DTF

Awalnya saya tidak begitu paham dengan bisnis ini dan juga kurang begitu tertarik, namun belakangan cukup ramai di kampung saya mengingat ada seseorang pemuda yang tiba-tiba diberitakan sukses berbisnis kaos sablon.

Sukses disini adalah dia dikabarkan mampu meraup keuntungan hingga Rp.30 jutaan setiap bulannya, bahkan dia sampai mempekerjakan teman-temannya sebagai karyawannya. Bukan hanya itu, kabar beredar seorang karyawannya mampu dia gaji hingga Rp.7 jutaan setiap bulan. Entah benar atau tidak, namun ketika saya ikuti perkembangannya memang cukup mencengangkan, akun jualan kaosnya di marketplace ternyata sudah mampu menjual hingga ribuan kaos.

Maka benarlah apa yang diberikatan orang-orang bahwasannya dia menjadi pemuda yang sukses di bisnis ini. Bisnis kaos sablon DTF yang hanya dilakukan di pelosok pedesaan namun mampu memberikan penghasilan yang menjanjikan.

Ternyata kisah ini tidak cukup sampai disini, ketika saya sudah mulai tertarik dengan bisnis kaos sablon DTF sayapun teringat dengan teman yang memang berkecimpung di bisnis ini. Seseorang mantan karyawan yang memutuskan resign untuk mulai berbisnis kaos sablon.

Dia dipercaya sebuah perusahaan percetakan untuk menghandel bisnis ini mulai dari produksi hingga pemasaran. Dia memimpin super tim nya sendiri hingga sukses menjual puluhan ribu kaos setiap bulannya.

Luar biasanya ada mitra dropship nya yang mampu meghasilkan penjualan hingga Rp.30 jutaan setiap bulannya. Berarti ada ribuan kaos yang sukses dia jual meski hanya sebagai mitra dropshipnya.

Apa itu Bisnis Kaos Sablon DTF?

Bisnis kaos sablon DTF saat ini semakin populer di Indonesia, Proses sablon yang cepat dan dengan biaya yang murah membuat bisnis ini semakin diminati. Dengan teknik sablon DTF ini maka kamu bisa mencetak kaos atau sablon kaos satuan jadi tidak melulu harus banyak.

Hal ini sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis UMKM lantaran biasa produksi bisa kita kontrol. Kamu bisa mempromosikan sebuah desain gambar untuk kaos di internet kemudian jika ada yang pesan maka bisa langsung di cetak atau di sablon hari itu juga dan kemudian di kirim ke konsumen kamu.

Apa itu sablon DTF? Sablon teknik DTF atau Direct Transfer Film adalah sebuah teknik menyablon yang memanfaatkan film sebagai media transfer antara desain ke media yang diinginkan semisal kaos. Jadi sebuah desain gambar di komputer harus di print terlebih dulu ke media film hingga akhirnya di tempelkan atau di press di kaos.

Ada banyak mesin printer DTF dengan berbagai kualitas, namun biasanya untuk para pemula menggunakan mesin printer EPSON biasa yang di modifikasi menjadi mesin printer DTF. Kelemahannya untuk mesin modifikasi ini adalah mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik namun kelebihannya adalah harga yang lebih murah.

Kelebihan Mesin Sablon DTF

Teknik ini bisa dibilang teknik yang simpel dan tidak membutuhkan keahlian yang ekstra. Disisi lain biaya produksi setiap produk juga semakin murah. Nah ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bisnis kaos sablon DTF, diantaranya adalah:

1. Biaya Produksi yang Rendah

Biaya produksi untuk sablon kaos dengan teknik DTF bisa dibilang cukup rendah dibanding teknik lainnya. Kamu hanya memerlukan tinta printer, pet film, powder kemudian kaos polos yang bisa kamu beli dengan harga murah. Jika dihitung-hitung untuk produksi satu kaos sablon DTF antara 30 ribuan saja.

2. Hasil Sablon Lebih Baik

Selain itu teknik sablon DTF memiliki kualitas sablon yang lebih baik ketimbang teknik lainnya. Garbar terlihat lebih tajam dan kut serta tidak mudah pudar.

3. Bisa Sablon Satuan

Mengingat teknik ini menggunakan printer maka kamu bisa sablon kaos satuan, kamu bisa menjual sablon kaos custom satuan ke pelanggan kamu.

4. Tidak Membutuhan Ruangn Besar

Berbeda dengan teknik sablon manual yang membutuhkan ruangan yang lebih besar, maka dengan peralatan sablon DTF kamu hanya memerlukan ruangan yang cukup. Bahkan kamu bisa memulai bisnis ini hanya dari kos-kosan saja.

Berapa Modal Bisnis Kaos Sablon DTF

Bisnis kaos sablon DTF memang memerlukan modal yang tidak sedikit, apalagi untuk membeli mesin printer DTF nya. Meski ada mesin rakitan yang relatif lebih murah namun daya tahannya kerap menjadi masalah. Beberapa pembisnis mengeluhkan mesin rakitannya dalam sebulan bisa dua kali harus mengganti kepala printernya, padahal harganya juga tidak murah.

Hanya saja mesin rakitan ini selain harganya murah juga tidak membutuhkan daya listrik yang besar, selain itu kamu bisa memulai bisnis pada ruangan yang kecil sekalipun.

Bagi kamu yang memiliki dana yang unlimited tentu bisa mencoba membeli mesin print skala industri yang harganya antara Rp.70 jutaan hingga ratusan juta. Mampu mencetak dalam ukuran besar hingga dalam jumlah banyak, biasanya juga digunakan untuk mencetak banner.

Kekurangannya adalah mesin besar memerlukan ruangan besar dan juga listri berdaya tinggi. Bagi pemula tentu mesin ini tidak terlalu disarankan.

1. Harga Mesin Sablon Kaos DTF

Harga tentu bervariasi, ada mesin rakitan yang dijual sekitar Rp.15 jutaan, namun ada juga mesin sablon DTF yang bukan rakitan atau mesin khusus yang dibandrol sekitar Rp.20 jutaan. Kamu tinggal memilih mesin jenis apa yang kamu minati. Kita ambil contoh mesin DTF yang sudah jadi di kisaran Ro,20 jutaan.

2. Harga Mesin Press

Sablon DTF memang memerlukan mesin press untuk mencetak hasil sablonan di kertas film ke kaos polos. Mesin press ini bervariasi mulai dari yang harganya Rp.2 jutaan hingga diatas Rp.5 jutaan. Kita ambil mesin press yang berkualitas dikisaran Rp.5 jutaan.

Asumsi kamu sudah memiliki komputer atau laptop untuk editing atau desain kaosnya juga UPS sebagai penstabil komputer kamu. Oh ya bagi kamu yang membutuhkan tutorial cara cepat membuat desain gambar kaos bisa cek di artikel sebelumnya. Maka modal awal yang harus kamu keluarkan sekitar Rp.25 jutaan.

  • Mesin DTF : Rp.20.000.000
  • Mesin Pres: Rp.5.000.000
  • TOTAL MODAL AWAL : Rp.25.000.000

Selain modal awal tentu ada modal produksi yang meliputi kaos polos, pet film, powder, hingga tinta. Berikut ini rincian untuk modal produksi satu kaos:

  • Kaos Polos : Rp.20.000
  • PET Film A4 : Rp.5.500
  • Powder : Rp.536
  • Tinta WCMYK : Rp.3.500
  • TOTAL BIAYA PRODUKSI 1 KAOS : Rp.29.536 atau saya bulatkan menjadi Rp.30.000

Potensi Keuntungan Bisnis Kaos Sablon DTF

Setelah mengetahui modal awal hingga modal untuk produksi setiap kaos maka kita bisa dengan mudah menghitung potensi keuntungan bisnis ini.

Sebagai contoh kita akan menjual kaos ke konsumen dengan harga dikisaran Rp.80.000 per pcs. Maka dengan modal produksi perkaos hanya Rp.30.000 kamu sudah mengantongi profit Rp.50.000 perkaos. Tentu ini belum dipotong oleh biaya operasional seperti listrik.

Kita hitung jika dalam sehari kamu bisa menjual 10 pcs kaos maka dalam sebulan total penjualanmu mencapai 300 kaos. Profit dalam sebulan mencapai Rp.15.000.000. Asumsi biaya listrik perbulan adalah sekitar Rp.500.000, maka total profit bersih kamu adalah Rp.14.500.000. Ini jika kamu kerjakan sendirian tanpa merekrut karyawan.

Berapa Bulan Balik Modal (BEP) ?

Setelah mengetahui potensi keuntungan diatas maka bisa dihitung berapa bulan akan balik modal atau Break Event Poin (BEP). Rumusnya adalah Modal awal dibagi profit bersih, maka:

  • Rp.25.000.000 : Rp.14.500.000 = 1.7 bulan.

Maka dalam sebulan lewat sedikit saja kamu sudah bisa balik modal, dan bulan berikutnya adalah profit yang sangat luar biasa. Kamu hanya perlu menjual minimal 10 kaos saja setiap hari agar bisa mengantongi keuntungan Rp.14,5 juta setiap bulan. Bagaimana tertarik dengan bisnis ini?

Tips Bisnis Kaos DTF Agar Sukses

Saya pribadi tipe orang yang penuh perhitungan jika harus memulai sebuah bisnis termasuk bisnis kaos ini. Tidak mau asal buka saja namun tidak tahu bagaimana kedepannya. Tapi kita dituntut untuk menganalisa peluang dari pasar bisnis kita.

Sederhananya bisnis kaos adalah bisnis desain gambar mengingat kaos pada dasarnya adalah sama. Gradasi 24s, 30s dan seterusnya. Bentuk kaos tidak ada perbedaan antar kaos oblong yang satu dengan yang lainnya, paling yang berbeda adalah warna.

Lantas pertanyaannya, bentuk kaos sama tapi bisnis kaos ada yang sukses ada yang rugi. Tentu jawabannya adalah target pasar mana yang akan kamu bidik.

Perbedaan produk kaos satu dengan yang lainnya ada pada desain gambar yang ditawarkan. Jika kamu menganalisa pasar dan menemukan sebuah target potensial, maka sebaiknya kamu fokus terlebih dahulu di target pasar tersebut.

Misalkan target pasar kamu adalah para gamer atau mobile game, maka kamu bisa membuat kaos bertemakan FF, mobile legend, PUBG dan lain sebagainya. Hal ini akan memudahkan kamu dalam proses pemasaran karena targetnya sudah jelas.

Itulah sekilas tentang bisnis kaos sablon DTF, potensi penghasilannya serta tips untuk memulai bisnisnya. Jika ada pertanyaan silahkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *