Apakah Investasi Bitcoin Aman dan Legal di Indonesia?

Investasi Bitcoin di Indonesia

Mata uang kripto Bitcoin adalah yang paling populer untuk saat ini, harganya yang terus melambung membuat banyak orang tertarik untuk berivestasi di bitcoin. Pertanyaannya apakah investasi bitcoin aman dan bagaimana legalitasnya di Indonesia?

Bitcoin adalah mata uang kripto yang tengah naik daun, apalagi menjelang akhir tahun biasanya trennya akan bullish. Jika kita cek harga bitcoin hari ini, Kamis (14/10/2021) maka cukup mencengangkan karena menyentuh angka Rp.800 jutaan, padahal tiga mingguan lalu masih dikisaran Rp.500 jutaan.

Bitcoin Aman Jika..?

Kembali ke pertanyaan apakah investasi bitcoin aman? Tentu jawabannya tak lepas dari legalitasnya sebagai mata uang kripto di Indonesia. Dan menariknya, Bitcoin sudah di akui oleh pemerintah Indonesia sebagai salah satu instrumen investasi sehingga kamu gak perlu khawatir jika ingin menginvestasikan uang kamu ke bitcoin.

Meski sudah diakui di Indonesia keberadaannya sebagai sebuah instrumen investasi, namun perlu di ingat karakteristik bitcoin yakni memiliki volatilitas yang tinggi. Artinya hari ini harganya bisa jauh berbeda dengan besok atau lusa menjadi lebih mahal, begitupun sebaliknya.

Investasi di bitcoin ataupun instrumen lainnya tentu memiliki risiko yang sangat besar disamping return atau keuntungan yang besar pula sehingga kamu harus benar-benar berpikir terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi di bitcoin.

1. Legalitas Bitcoin di Indonesia

Bitcoin sudah di akui oleh pemerintah Indonesia melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Bitcoin hanya boleh sebagai instrumen investasi tidak untuk sebagai alat pembayaran yang sah. Berikut ini Peraturan-peraturan seputar Bitcoin.

  • Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto dan
  • Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka. Aturan ini ditandatangani pada 8 Februari 2019.

2. Investasi Jangka Panjang dan Trading Bitcoin

Harga bitcoin pada awal tahun 2021 mencapai titik terendah di kisaran Rp.400 jutaan, kini menjelang akhir tahun harganya sudah mencapai Rp.800 jutaan perkeping bitcoin.

Jika awal tahun kamu membeli satu keping bitcoin saja maka sudah pasti hari ini kamu memperoleh keuntungan 100%. Prediksi tahun 2022 dari berbagai pengaman ekonomi dunia menyebutkan harga bitcoin rata-rata akan menyentuh angka Rp.2 miliar. Tentu jika benar terjadi maka potensinya sangat besar sekali.

Investasi di bitcoin untuk memperoleh keuntungan ada dua macam, investasi jangka panjang seperti hari ini kamu membeli satu keping bitcoin seharga Rp.800 juta dengan harapan tahun depan harganya jauh lebih besar sehingga ketika dijual maka kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Atau kamu yang ingin memperoleh keuntungan harian maka bisa mencoba trading bitcoin. Tentu saja kamu harus memiliki keahlian trading terlebih dahulu agar trading kamu bisa profit secara konsisten.

Baik trading maupun investasi bitcoin semuanya bisa dilakukan dengan cara mendaftar dan membuat akun di perusahaan exchange. Di Indonesia ada 13 perusahaan exchange yang sudah terdaftar dan diawasi OJK, diantaranya adalah Indodax, Toko Kripto, Luna dan lain sebagainya.

Kesimpulan Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu instrumen investasi yang sah di Indonesia sehingga aman jika di jadikan alat investasi sobat sekalian. Meski begitu kamu perlu memahami bahwa investasi di bitcoin memiliki sifat high risk high return.

Agar investasi bitcoin kamu aman dan nyaman maka pilihlah di perusahaan exchange yang sudah terdaftar di pemerintah dan di awasi oleh OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.