Apa yang Kamu Ketahui Tentang Teknik Scanning?

Artikel kali ini akan membahas mengenai teknik scanning. Teknik ini berkaitan erat dengan aktivitas membaca. Lantas apa yang kamu ketahui tentang teknik scanning ini?

Sebagai seorang pelajar tentu kita dihadapkan dengan banyak buku pelajaran yang harus dibaca, apalagi saat kita hendak menghadapi ujian dimana kita harus semakin giat membaca dan belajar agar hasil ujian kita memuaskan.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Teknik Scanning

Pastinya kamu akan pusing saat melihat tumpukan buku yang harus dibaca, apalagi mata pelajaran yang akan di ujikan bersifat hafalan. Pasti akan pusing tujuh keliling kalau harus menghafal setiap lembar dari buku tersebut.

Tapi tunggu dulu, ternyata ada metode membaca yang cepat dan cepat pula mengertinya. Adalah teknik skimming dan scanning. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai teknik scanning.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Teknik Scanning?

Pasti kamu tidak asing dengan kata scan atau scanning. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka scanning memiliki arti memindai.

Namun memindai disini tentu berbeda dengan memindai sebuah data dari komputer atau dengan alat scan di warung fotocopy. Scanning disini memiliki makna sebagai metode cara cepat membaca berbagai informasi yang lebih akurat dan spesifik dari sebuah buku.

Dalam artian, kita sudah mengetahui nih informasi apa dari sebuah buku, maka kita akan fokus pada isi buku yang spesifik itu. Lantas bagaimana cara membaca dengan metode scanning?

  1. Menentukan Kata Kunci

Tentu saja hal pertama yang harus kamu ketahui adalah kata kunci dari informasi yang ingin kamu cari. Tentukan kata kunci tersebut minimal dua kata. Lalu kamu tinggal buka-buka buku tersebut setiap halaman dan mencari paragraf yang mengandung dua kata kunci tersebut.

  1. Lihat Secara Cepat

Kalau harus dibaca perlembar maka akan memakan waktu yang cukup lama, dengan tekni scanning ini kamu hanya perlu melihat sekilas atau cengan cepat.

Jika sudah terlihat dua kata untuk kata kunci informasi yang ingin kamu ketahui, maka kamu bisa fokus membaca paragraf tersebut.

  1. Membaca Informasi di Paragraf dan Sekitarnya

Meski sudah ketemu secara sekilas dua kata kunci tersebut, maka kamu tinggal membacanya di paragraf tersebut. Namun bisa saja paragraf tersebut tidak memberikan informasi yang kamu butuhkan meskipun mengandung kata kunci yang kamu cari.

Maka kamu tinggal membacanya di sekitar paragraf tersebut. Atau mungkin membaca di lembar berikutnya kalau diperlukan.

  1. Cari Kata yang Dicetak Berbeda

Bisa jadi kata kunci yang kamu cari ternyata di cetak miring, cetak tebal atau di berikan garis bawah. Maka kamu bisa juga fokus ke kata yang dicetak berbeda tersebut.

  1. Memperhatikan Tabel dan Ilustrasi Lainnya

Informasi yang disampaikan menggunakan gambar, ilustrasi, tabel dan lainnya biasanya juga akan mempermudah dalam mencari informasi yang kamu perlukan.

  1. Lihat Bab dab Sub Bab

Perhatikan pada bagian ini, biasanya kamu sudah mengetahui informasi yang akan kamu cari akan berada di bab atau sub bab apa.

Kesimpulan

Dari uraian diatas tentu sekilas kita akan berpikir teknik ini akan sangat mudah jika dilakukan secara terkomputerisasi. Namun ini adalah sebuah metode membaca buku fisik sehingga perlu kecermatan dan ketelitian mata saat membaca.

Teknik ini bisa digunakan oleh kamu yang mencari sebuah informasi pada buku, dan membutuhkan kecepatan. Maka kamu bisa mulai melakukan teknik scanning ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.