Cara Buat Google Docs Lengkap dan Mudah

Informasi kali ini akan membahas mengenai cara buat Google Docs lengkap dan mudah, simak panduannya dibawah ini.

Seperti diketahui, Google Docs adalah salah satu aplikasi atau fitur gratis yang disediakan oleh Google untuk berbagai kebutuhan pekerjaan, seperti pekerjaan administrasi perkantoran.

Secara mudahnya aplikasi ini sama seperti aplikasi Ms.Word yang sering kita gunakan untuk membuat surat menyurat. Hanya saja aplikasi ini berbasis website dan bisa dilakukan secara online. Artinya kamu bisa melakukan pembuatan surat bersama-sama dengan rekan kamu secara online.

Dengan demikian, kamu maupun rekan kamu bisa melakukan editing terhadap surat-surat yang tengah dibuat atau memperbaiki bersama-sama. Selain bisa dilakukan secara online maupun offline.

Pengertian Google Docs

Seperti dikatakan sekilas diatas, google docs merupakan aplikasi gratis yang dimiliki oleh google yang berfungsi untuk mengolah kata, lembar sebar, alat presentasi dan lain sebagainya dengan berbasis website, bisa digunakan secara online maupun offline.

Fungsi Google Docs

Meski secara umum hampir mirip dengan Ms.Word, namun nyatanya Google Docs memiliki 5 fungsi utama yang sangat membantu aktivitas kerja kita. Diantaranya adalah sebagai aplikasi untuk mengetik dokumen seperti layaknya Ms.Word.

Selain itu bisa digunakan sebagai Ms. Power Point atau Slides yang berfungsi untuk presentasi. Bisa sebagai Ms. Excel atau Spreadsheet. Dua layanan lainnya adalah Google Form dan aplikasi untuk penyimpanan data untuk berbagai jenis berkas dan file.

Kamu bisa mengakses layanan ini selain di PC atau Laptop, juga bisa melalui smartphone baik berbasis android maupun iOS atau iPhone.

Cara Buat Google Docs di Laptop

Google Docs merupakan layanan gratis yang dimiliki oleh google, maka untuk mendapatkan semua fasilitas google kita wajib memiliki akun google. Kamu bisa lihat di artikel sebelumnya mengenai buat akun google.

Setelah memiliki akun google maka kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas Google seperti Google Drive, Email Gmail, Google Docs dan lain sebagainya. Berikut ini langkah-langkahnya:

fasilitas google dokumen
  • Langkah pertama akses halaman https://docs.google.com/document/u/0/ dari browser kamu.
  • Maka halaman pertama akan otomatis masuk ke Dokumen, untuk membuat dokumen tinggal klik tanda PLUS (KOSONG), atau kamu bisa memilih template-template yang disediakan.
  • Halaman Dokumen ini hampir mirip dengan MS.Word, jadi kamu sudah tidak asing lagi apa yang harus dilakukan disini.
  • Klik garis tiga (Menu Utama) di samping kiri pojok atas.
  • Maka akan muncul berbagai pilihan seperti Dokumen, Spreatsheet (Excel), Slide (Power Point), Formulir hingga Google Drive.
  • Silahkan pilih saja yang ingin kamu gunakan.
  • Kamu juga bisa membagikan kerjaan kamu dengan cara klik “Bagikan” atau “Share” di pojok kanan atas.
  • Masukan email tujuan atau orang yang bisa melihat atau mengedit pekerjaan kamu.

Cara Buat Google Docs di HP

Tentu saja aplikasi ini juga bisa digunakan di HP baik HP berbasis android ataupun iPhone berbasis iOS. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Unduh dan instal aplikasi Google Docs ke HP Kamu, kamu bisa download di Google Playstore untuk pengguna android atau Apple Store untuk pengguna iPhone.
  • Buka aplikasinya kemudian seperti pada tampilan umumnya akan ada tanda plus untuk memulai Dokumen baru.
  • Kamu juga bisa menggunakan berbagai template yang disediakan.
  • Sayangnya untuk Spreadsheet (excel), kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu dari Google Playstore maupun Apple Store.
  • Begitupun dengan Slide atau Powerpoint.
  • Kamu juga bisa membagikan kerjaan kamu ke orang lain sama seperti diatas.

Cara Buat Dokumen Dengan Voice Typing

Cara lainnya adalah kamu bisa membuat tulisan dengan bermodalkan suara. Jadi suara kamu akan otomatis diketik menjadi tulisan, aplikasi ini disebut sebagai Voice Typing.

Cocok untuk kamu yang males ngetik dan ingin simpel dan cepat, fitur ini juga tersedia untuk berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia, berikut ini caranya.

cara membuat dokumen dengan voive typing
  • Buka aplikasi Google Docs di laptop atau HP kamu.
  • Kemudian pada halaman dokumen pilih menu “Alat” atau dalam bahasa Inggris “Tools”.
  • Setelah itu klik “Dikte” dengan logo speaker, nantinya akan muncul tombol speaker.
  • Klik tombol speaker tersebut dan mulailah berbicara.
  • Maka apa yang kamu bicarakan akan menjadi tulisan.
  • Pastikan microphone yang kamu gunakan berfungsi dengan baik agar apa yang kamu katakan bisa diketik otomatis dengan baik dan benar.

Tips Membuat Dokumen Baru

Selain mengakses halaman https://docs.google.com/document/u/0/ untuk memulai membuat dokumen dan fitur lainnya, sebenarnya google juga menyediakan domain baru yang lebih simpel yakni “docs.new”.

Kamu tinggal akses saja alamat domain baru tersebut pada browser yang biasa kamu gunakan, maka otomatis akan langsung masuk ke lembar kerja dokumen.

Selain docs.new juga ada alamat domain lainnya seperti doc.new atau documents.new. Selain itu ada juga domain lainnya seperti sheet.new, spreadsheet.new. Silahkan coba saja yang mana yang lebih nyaman untuk kamu.

Cara Buat Google Docs Offline

Layanan Google Dokumen secara offline

Oh ya, meski aplikasi ini berbasis website namun nyatanya aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline. Artinya kamu bisa bekerja dimana saja dan kapan saja sekalipun laptop kamu tidak terhubung internet. Cara settingannya adalah sebagai berikut.

Masuk ke menu “pengaturan” atau “setelan” yang ada tiga garis di pojok kiri atas. Kemudian aktifkan pada fitur offline, klik OKE.

Cara Bagikan Dokumen Kepada Orang Lain

Selanjutnya kamu bisa membagikan google docs kepada orang lain, dan jika semuanya online maka partner kamu bisa juga ikut mengetik dan mengedit juga melakukan revisi atas kerja bersama tersebut.

Membagikan google dokumen kepada orang lain

Cara membagikannya cukup mudah, klik “share” atau “Bagikan”di pojok kanan atas. Kemudian masukan email orang tujuan, tentukan status orang tersebut apakah bisa melakukan pengeditan, memberikan komentar atau hanya sekedar melihat saja. Setelah itu klik “DONE”.

Akhir Kata

Itulah sekilas tentang Google Docs, sebuah layanan perkantoran yang sangat diperlukan orang siapapun. Jika sebelum-sebelumnya kamu menggunakan aplikasi Ms.Word, Excel dan lain sebagainya, maka kali ini kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini dan bisa digunakan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.