Panduan Google Sites, Cara Buat Website Pembelajaran Gratis

Informasi kali ini akan membahas mengenai panduan google sites, cara membuat website pembelajaran gratis, simpel dan mudah.

Saat jaman semakin modern dimana kehidupan dunia maya sudah semakin berkembang, banyak orang ternyata lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya atau internet.

Maka tepatlah jika kita memanfaatkan dunia internet untuk berbagai kegiatan, salah satunya untuk kegiatan belajar mengajar. Apalagi saat ini sebagian daerah di Indonesia masih menerapkan pembelajaran online.

Meski sebagian lagi sudah menerapkan sistem tatap muka, namun tetap saja pembelajaran online juga terkadang masih digunakan.

Selain melakukan pembelajaran via zoom, chat, hingga aplikasi belajar online lainnya, namun ada satu cara lagi yang dirasa cukup efektif dalam menyampaikan berbagai materi kepada siswanya, yakni dengan memanfaatkan website.

Ada banyak platform website gratis yang bisa dimanfaatkan jika para guru enggan mengeluarkan uang untuk membuat website berbayar. Salah satu website gratis yang diberikan google adalah google sites.

Kenapa memilih Google sites? Aplikasi ini sangat mudah digunakan, simpel dan ringan, kita bisa membuat materi pembelajaran lengkap di google site, kuis-kuis atau soal-soal ujian, hingga survey. Semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Cepat diakses dan mudah di bagikan.

Sekilas Tentang Google Sites

Google Sites merupakan fitur yang disediakan oleh google, platform ini merupakan kolaborasi google Workspace. Kamu bisa membuat blog atau website secara sederhana di google sites dan semuanya adalah gratis.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan admin dengan berbagai tugas, misal admin yang bisa mengedit artikel atau update artikel. Hal ini cukup menyenangkan jika memberikan tugas kelompok kepada para siswa, jadi semua siswa bisa bekerja bersama dengan menggunakan Google Sites, setelah itu hasil kerjaannya berupa website di google sites tinggal diserahkan ke guru.

Ada beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung aktivitas blogging atau website kamu dengan google sites, diantaranya adalah:

  1. Kamu bisa membuat blog dengan template yang sudah disediakan.
  2. Mengatur layout atau tampilan blog atau website dengan mudah.
  3. Sudah terintegrasi dengan Google Workspace Suite, youtube hingga Google Maps.
  4. Bisa embed HTML hingga image carousel.
  5. Tersedia fitur divider dan table of content sehingga konten kamu semakin bagus dan rapi.

Cara Membuat Website dengan Google Sites

Berbeda dengan mesin atau platform website builder lainnya, pada google sites dirancang sangat sederhana sehingga siapapun yang masih awam pasti tidak akan kesulitan membuat website disini. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buat Akun Google

Seperti diketahui, Google sites meruakan fitur gratis yang disediakan oleh google sehingga untuk mengaksesnya kamu wajib memiliki akun google terlebih dahulu. Cara membuatnya cukup mudah silahkan kunjungi artikel sebelumnya tentang cara buat akun google.

2. Akses Google Sites

Langkah selanjutnya adalah buka browser yang biasa kamu gunakan yang sudah terkait dengan akun Google, misalkan di Google Chrome. Kemudian buka link berikut ini: KLIK DISINI.

3. Membuat Website Baru

Pada halaman dashboard akan muncul beberapa pilihan, seperti tombol plus dengan tulisan “kosong” yakni untuk membuat situs web baru, atau kamu bisa memanfaatkan template-template yang tersedia agar kerja kamu lebih cepat.

4. Judul Website kamu dan Halaman

menambahkan judul dan halaman di google sites

Hal berikutnya agar lebih mudah diingat sama orang lain, maka kamu wajib mengisi judul website, juga judul halaman kamu. Misalkan judul website “belajar MTK”, judul halaman “Materi dan Tugas Matematika”.

5. Layout Website

Selanjutnya kamu perlu mengatur layout website, tampilan website bisa kamu desain sesuka hati. Sebaiknya sebagai website untuk pembelajaran maka buatlah yang lebih simpel dan sederhana agar murid bisa lebih mudah memahaminya.

Cara mendesain website cukup mudah, lihat pada panel-panel Editor Google Sites dimana lokasi editing ada di bagian samping, atas dan tengah.

fitur gsites

Atas

Pada bagian atas terdapat tombol-tombol yang berungsi sebagai alat pengeditan. Seperti tombol UNDO untuk membatalkan perubahan yang telah dibuat. Tombol RENDO yakni mengembalikan perubahan ke awal. Tombol Preview, Copy Link, Share with Other, Setting, Publish dan lain sebagainya.

Tengah

Mengedit di bagian ini nantinya akan ditampilkan di halaman website utama kamu. Kamu bisa mengedit font, warna background, mengetik dan membuat paragraf dan lain sebagainya.

Samping

Dibagian samping terdapat beberapa menu yang bisa kamu gunakan sebagai pendukung untuk melakukan editing pada blog. Terdapat tiga menu utama yakni Insert, Pages dan Themes.

Misal pada menu “Insert” terdapat beberapa element lagi seperti “kotak Teks” yang merupakan area untuk membuat tulisan. “Gambar” untuk mengupload gambar yang biasa disisipkan pada tulisan yang kita buat. “Sematkan” untuk menyisipkan link atau element web dari sumber lain seperti youtube, facebook, dll. Juga “Drive” untuk menyertakan file dari google drive.

Kemudian ada juga pilihan “Layout” yang bisa kamu pilih sesuai selera, nantinya blog atau website kamu akan memiliki tampilan seperti layout tersebut.

Lihat juga pada fitur bagian paling bawah, tersedia beberapa fasilitas seperti table of content, tombol, menyisipkan youtube, peta dengan google maps, dan lain sebagainya, silahkan coba satu persatu dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain menu “Insert”, kamu juga bisa memanfaatkan menu “Halaman” untuk membuat menu halaman-halaman baru. Misal nama halamanya “Materi MTK”, nantinya setiap artikel tentang materi matematika akan disimpan di halaman ini.

Kemudian bisa menambah halaman baru semisal “Tugas MTK” yang nantinya akan diisi oleh artikel-artikel tugas matematika.

Dan terakhir adalah “TEMA” yakni membuat tampilan website di google sites kamu sesuai dengan tema yang kamu pilih. Kamu juga bisa menambahkan logo pada websitenya, jenis font dan lain sebagainya. Bikin yang sederhana namun menarik.

6. Mempublikasikan Website Kamu

publikasikan google sites

Tampilan website kamu sudah cukup bagus, sudah ada artikel-artikelnya, secara keseluruhan kamu puas dengan websitenya. Maka langkah selanjutnya adalah mempublikasikan website kamu agar tampil di internet dan bisa diakses oleh banyak orang terutama para murid.

Klik pada “Publikasikan” di kanan pojok atas, masukan alamat website kamu misal “belajarmateik”, maka alamat website kamu adalah “https://sites.google.com/view/belajarmateik” yang nantinya bisa diakses oleh siapa saja dari seluruh dunia.

Centang pada setelan penelusuran dan terakhir klik “Publikasikan”, kini blog atau website mu sudah online.

7. Cara Custom Domain Google Sites

Kamu pasti sering melihat website dengan alamat domain berakhiran .com, .id, sch.id dan lain sebagainya. Itu adalah domain-domain berbayar dengan langganan pertahun.

Menggunakan domain yang simpel tentu akan membuat blog terlihat lebih profesional. Jika sebelumnya alamat website kamu di google sites adalah “https://sites.google.com/view/belajarmateik” maka setelah di custom domain menjadi “belajarmateik.com”. Tentu saja ini terlihat lebih simpel, mudah diingat dan profesional.

Harga langganan domain cukup terjangkau dan setiap penyedia menawarkan harga yang berbeda tergantung promonya. Biasanya harga pertama kali beli jika tengah promo dikisaran Rp.100.000 untuk domain TLD “dot.com”, nantinya perpanjangan tahun berikutnya rata-rata sekitar Rp.150.000, cukup terjangkau bukan?

Cara custom domain tinggal cari di google, ada banyak tutorial yang disediakan dan ikuti saja tutorialnya.

Akhir Kata

Itulah ulasan kami mengenai google sites, sebuah layanan gratis dari google yang berfungsi untuk membuat website atau blog. Cocok digunakan sebagai website pembelajaran dengan perpaduan belajar offline dan online. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.