Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Sebagai sebuah keluarga tentu kita dihadapkan dengan banyak persoalan dan kebutuhan, hal ini berkaitan erat dengan keuangan rumah tangga kita. Maka perlu adanya perencanaan keuangan untuk mengatur segala kebutuhan kita sehari-hari.

Memenuhi kebutuhan rumah tangga kita serta mempersiapkan rencana masa depan. Meskipun penghasilan kita hanya sebesar Rp.3 juta perbulan justru alangkah lebih baiknya kita mulai mengatur dan merencanakan keuangan kita agar pengeluaran kita setiap bulannya bisa terkontrol dan menjadi lebih bijak.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp.3 juta, diantaranya adalah sebagai berikut:

Membuat Anggaran Bulanan:

Pada dasarnya kita sadar saat berbelanja kebutuhan setiap harinya, namun ketika direkap dalam sebulan malah ada banyak pengeluaran yang justru tidak pada mestinya, terkadang uang yang sudah kita siapkan diawal bulan seharusnya cukup hingga bulan berikunya, namun nyatanya baru pertengahan bulan sudah habis.

Maka disinilah pentingnya membuat anggaran bulanan yang rapi dan realistis. Misalkan membuat anggaran bulanan mulai dari pengeluaran hal kecil hingga besar, mulai dari kebutuhan makan, pulsa, uang sekolah, jajan dan seterusnya.

Dengan demikian kamu akan tahu sebenarnya berapa uang yang kamu butuhkan setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan sehar-hari.

Prioritas Pengeluaran

Kita pasti sudah mengetahui mana yang paling penting yang harus diutamakan dalam membuat anggaran pengeluaran harian. Sebut saja pembayaran listrik, air, makan adalah hal yang wajib di prioritaskan. Sementara membeli baju baru tidak terlalu penting.

Hindari pembelanjaan yang tidak perlu

Kamu sudah memiliki daftar di prioritas pengeluaran, maka sebaiknya dengan uang bulanan hanya Rp.3 juta tersebut jangan terlalu memaksakan untuk membeli barang-barang yang tidak penting yang tidak memiliki manfaat jangka panjang.

Jika ada uang sisa sebaiknya di simpan atau ditabung, atau bisa dialihkan untuk berinvestasi yang menguntungkan.

Manfaatkan aplikasi keuangan

Saat ini kamu tidak perlu mencatat semua pengeluaran kamu pada selembar kertas atau buku, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi keuangan yang bisa kamu unduh dan instal.

Aplikasi tersebut membantu kamu dalam merencanakan keuangan kamu setiap bulannya. Bahkan ada tips-tips yang bermanfaat bagi pengguna.

Mulai menabung

Gaji Rp.3 juta bagi sebagian besar orang mungkin tidaklah terlalu besar, namun dengan keinginan yang kuat serta disiplin dalam mengatur keuangan rumah tangga kamu, maka bisa saja akan ada sisa yang bisa kamu manfaatkan.

Bisa juga kamu menganggarkan sedikit uang untuk ditabung, meskipun sedikit namun dilakukan secara terus menerus maka bisa menjadi besar dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan darurat.

Itulah beberapa tips tentang cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp.3 juta. Lakukan secara disiplin dan konsisten maka kamu akan terhindar dari kesulitan. Semoga tips ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *