Tren  

Tips Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji Minimalis

Tips Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji Minimalis

Impian semua orang yang belum memiliki rumah terutama bagi mereka yang baru menjalani kehidupan baru sebagai sebuah keluarga, maka rumah impianlah yang mereka dambakan dan inginkan.

Hanya saja cukup sulit bagi kita yang hanya berpenghasilan pas-pasan untuk bisa segera mewujudkannya mengingat membangun atau membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak murah.

Oleh sebab itu, kita harus mulai pintar-pintar dalam mengatur keuangan kita, memiliki perencanaan jangka panjang dengan menabung sehingga rumah yang kita impikan bisa segera terwujud.

Tips Menabung untuk Membeli Rumah

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menabung untuk membeli rumah:

1. Membuat Rencana Keuangan

Bagi kita yang ingin memiliki rumah namun terkendala keuangan lantaran penghasilan bulanan yang serba minimalis, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana keuangan.

Rencanakan berapa uang yang akan kamu sisihkan untuk ditabung untuk membangun rumah idaman, kemudian berapa lama kamu akan menambung hingga tujuan kamu tercapai.

Uang yang pas-pasan sebisa mungkin maksimalkan untuk memenuhi kebutuhan utama di kehidupan kamu seperti makan, transportasi, sekolah dan lain-lain. Buatlah rencana keuangan kamu secara realistis mungkin.

2. Tahan Belanja Berlebihan

Emosi dan nafsu berbelanja setiap orang terutama ibu-ibu memang terkenal tinggi. Terutama untuk barang-barang yang tidak terlalu penting sebaiknya jangan di beli.

Jajan makanan juga bisa disebut pemicu pengeluaran yang membengkak. Tidak terasa setiap saat jajan kalau dihitung bisa menghabiskan uang yang cukup banyak. Sekiranya perut sudah kenyang lebih baik jangan terlalu sering jajan.

3. Gunakan Aplikasi Menabung

Cara paling mudah untuk mengatur pengeluaran hingga tabungan maka kamu bisa mencoba aplikasi keuangan yang sederhana. Beberapa aplikasi menabung yang bagus diantaranya adalah Finansialku, aplikasi celenganku atau Endow.

Dengan aplikasi ini semua pengeluaran kamu akan tercatat dengan baik, juga uang yang kamu tabungkan tercatat hingga target yang kamu butuhkan akan terlihat berapa lama dan besar lagi.

4. Jangan Gunakan Uang Tabungan

Sebisa mungkin kamu harus memiliki tekad yang kuat untuk tidak pernah menggunakan uang tabungan kamu untuk keperluan lain. Uang tersebut diniatkan untuk membangun atau membeli rumah maka jangan gunakan uang tersebut dengan tujuan lain.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan tambahan adalah cara yang cukup bagus untuk mempercepat tabungan rumah kamu. Uang tambahan tersebut bisa dialokasikan penuh untuk ditabungkan sehingga akan mempercepat tujuan kamu tercapai.

Menabung untuk membeli rumah membutuhkan kesabaran dan disiplin. Namun, jika Anda memiliki perencanaan dan tips yang baik, maka Anda dapat mencapai tujuan Anda dan memiliki rumah impian Anda sendiri. Semoga tips ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *