Hidden GEM Bandung Barat, Curug Hawu Cipongkor yang Memesona

hidden gem bandung barat curug hawu

Satu lagi hidden gem Bandung Barat ditemukan, lokasinya berada di Kampung Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor. Tempat menawan ini berupa curug kecil dengan kolam yang cukup luas dan dalam. Curug ini bernama Curug Hawu yang lokasinya jauh dari pemukiman warga dan berada di tengah hutan.

Hidden Gem Bandung Barat ini Bernama Curug Hawu

Seperti diketahui, Kabupaten Bandung Barat dikenal dengan objek wisata alamnya yang menawan, terutama kawasan Parompong dan Lembang yang memang bisa disebut pusatnya wisata alam Bandung dan sekitarnya.

Sayangnya tidak banyak yang mengulas Kabupaten Bandung Barat bagian selatan seperti yang berada di Kecamatan Cipongkor. Padahal didaerah sini juga terdapat beberapa tempat yang menurut kami memiliki keindahan alam yang tidak kalah menawannya.

Salah satunya adalah Curug Hawu yang berada di Kampung Rahong, Desa Baranangsiang. Curug ini lokasinya berdekatan dan satu aliran sungai dengan Cukang Rahong yang memang sudah dikenal lebih dulu dibandingkan dengan Curug Hawu.

Lokasi Curug Hawu sendiri cukup tersembunyi lantaran berada di tengah hutan dan di apit oleh tebing-tebing tinggi dan pegunungan. Tebing ini dahulunya merupakan aliran sungai Citarum dengan debit air yang besar.

Namun setelah dibendung oleh PLTA Saguling, maka tinggal menyisakan aliran sungai kecil dengan beberapa curug yang dihiasi bebatuan yang indah menawan.

Di sepanjang aliran sungai ini memang memiliki beberapa tempat yang cukup menarik untuk di ulas. Selain objek wisata Cukang Rahong atau Curug Hawu yang memang belum banyak diketahui warga, juga ada Curug Halimum yang lokasinya beberapa ratus meter dari Curug Hawu.

Curug Halimun sendiri dahulunya merupakan curug terbesar di pulau Jawa, saat ini warga setempat mencoba mengembangkan kawasan tersebut sebagai salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Masih dialiran sungai ini juga ada Sanghyang Heuleut yang memang sudah cukup dikenal. Sanghiyang Heuleut berupa danau di tengah hutan yang cukup luas dan dalam, pengunjung bisa bebas berenang di air yang jernih dan menyegarkan.

Yang Bisa dilakukan di Curug Hawu, Hidden Gem Bandung Barat

Lokasi Curug Hawu sendiri memang cukup tersembunyi, bahkan warga setempatpun tidak banyak yang mentehauinya.

Curug yang tidak terlalu tinggi dengan kolam air yang cukup luas dan dalam, maka kamu bisa berenang sepuasnya. Selain itu ada gundukan pasir yang bersih yang cocok untuk memasang tenda. Kamu bisa camping dan bermalam atau bisa sebatas ngaliwet sambil menikmati suasana alam Curug Hawu.

Curug Hawu di apit oleh tebing-tebing tinggi dan pegubungan sehingga sepanjang hari akan terasa sejuk dan teduh. Jadi kamu akan betah berlama-lama disini melakukan berbagai aktivitas.

Rute dan Akses Jalan Menuju Curug Hawu

Patokannya dari arah Kantor Kecamatan Cipongkor tinggal menuju arah Baranangsiang. Kemudian belok kiri ke arah pasar Baranangsiang menuju Kampung Rahong. Sayangnya akses jalan yang akan kita lalui cukup buruk karena berupa bebatuan.

Kamu bisa parkirkan kendaraan di rumah warga terakhir di Kampung Rahong dan berjalan kaki ke Curug Hawu dengan akses jalan menurun dan terjal. Perjalanan sekitar 20 menit dari rumah warga.

Akhir Kata

Itulah sekilas tentang Hidden Gem Bandung Barat berupa Curug Hawu dengan keindahan alam yang menawan. Datanglah kesini pada saat musim kemarau agar kamu bisa mendapatkan air yang jernih, jangan datang musim hujan karena akan berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *