Redmi Note 13 Pro Plus 5G Harga Rp6 Juta, Spek Dewa Kamera 200 MP

Pekan ini kita bahas mengenai ponsel seri Note terbaru yang dirilis oleh Xiaomi. Beberapa waktu lalu kita bahas Redmi Note 13 Pro 5G, kali ini kita bahas varian paling tingginya di seri ini yakni Xiaomi Redmi Note 13 Pro Plus 5G. Sebagai seri tertinggi dari Note 13, tentu saja ponsel ini dibekali dengan spesifikasi kelas dewa. Dengan harga Rp.6 juta pas, lantas apakah ponsel ini layak untuk kamu beli?

Tunggu dulu, jangan terburu-buru sob, kita akan kupas tuntas mengenai ponsel ini dan produk bandingannya.

Beda 500 Ribu, Pilih Redmi 12T atau Redmi Note 13 Pro Plus 5G?

Awal peluncuran ponsel ini dibandrol dikisaran harga Rp.6,5 juta pas. Ponsel ini memang termasuk dalam jajaran ponsel kelas menengah atas dari Xiaomi. Spesifikasinya memang cukup garanng, namun jika dibandingkan dengan seri lainnya yakni Redmi 13T tentu kamu akan auto bingung.

Pasalnya harga yang ditawarkan hanya berbeda sekitar Rp.500 ribuan saja. Redmi 13T dibandrol diangka Rp.7 juta namun memiliki fasilitas dan spesifikasi yang jauh lebih unggul. Ponsel ini akan mendapat update hingga 5 tahun kedepan, disamping itu bagi para penggemar fotograpy tentu 13T jauh lebih unggul dengan lensa asal Jerman yakni Leica.

Meskipun resolusinya ada di 50 MP dan berbeda jauh dengan Redmi Note 13 Pro Plus 5G dengan 200 MP, tapi urusan spesifikasi lensa dan sensor jelas hasilnyapun menjadi lebih berbeda. Redmi 13T mampu menghasilkan kualitas foto hingga video yang jauh lebih baik.

Review Lengkap Redmi Note 13 Pro Plus 5G

Mungkin jika dibandingkan dengan 13T yang masih satu brand yakni Xiaomi bisa dikatakan kalah lah, tapi belum tentu juga kalah saing dengan merek lain yang berada di kisaran yang sama. Kita ulas lagi bagian spesifikasinya.

Dilihat dari sisi tampilan ponsel ini nampak berbeda dibandingkan seri Note 13 lainnya. Layar cekung pada bagian sisi-sisinya seakan kita terbawa ke beberapa tahun kebelakang, layar lengkung dengan bezel minimalis inilah yang biasa digunakan pada ponsel-ponsel kelas atas lainnya. Alhasil dari sisi tampilan ponsel ini sudah terlihat menarik dan lebih premium.

Selain layar tentu saja fitur pendukungnya, dengan sertifikat IP68 maka kamu tidak perlu khawatir lagi ponsel ini terkena air. Lapisan Corning Gorilla Victus juga memberikan kekuatan tambahan sebagai anti gores yang terkenal baik.

Layar 6.67 inci dengan panel AMOLED menjadi andalan Redmi Note 13 Pro Plus 5G. Resolusi tinggi 1220 x 2712 dengan framerate 120 Hz dan juga lapisan kaca Gorilla Victus membuatnya terlihat menawan.

Performa dan Fitur

Ponsel ini memang dirilis bulan September 2023 lalu sehingga basiknya masih menggunakan android 13 dengan MIUI 14. Meski begitu kedepannya ponsel ini akan mendapatkan beberapa update. Sayangnya update yang didapatkan hanya hingga beberapa bulan kedepan saja.

Mesin Mediatek Dimensity 7200 Ultra (4 nm) dengan prosessor Octa-core menjadikan performa ponsel ini terasa kenceng. Akan semakin nyaman mengoperasikan berbagai game sekalipun game dengan spesifikasi berat. Grafik mampu diolah dengan baik dengan GPU Mali-G610 MC4. Apalagi kapasitas memori cukup besar yakni 12 GB RAM dan 512 GB memori internal.

Urusan Kamera

Jika dibandingkan dengan seri Note 13 lainnya tentu kamera ponsel ini memiliki megapixel yang lebih besar yakni 200 MP. Tapi ya itu tadi, ukuran yang besar terkadang hanya gimmik saja mengingat hasil yang ditampilkan tidak begitu superior dan terkesan biasa saja.

Mungkin dengan mengandalkan kamera utama 200 MP mampu menghasilkan gambar yang cukup lumayan meskipun tidak terlalu wah. Apalagi dengan dua kamera pendukungnya yang hanya 8 MP dan 2 MP dengan lensa ultrawide dan macro. Hasilnyapun terkesan biasa saja.

Meski begitu, kamera ponsel ini mampu merekam video hingga resolusi 4K pada 24fps. Resolusi yang tinggi dengan hasil video yang terkesan biasa hanya akan memakan kapasitas memori saja, maka lebih baik kamu bijak dalam menentukan berapa resolusi video yang ideal untuk digunakan.

Pada bagian depan juga hanya memasang 16 MP saja denga spek dan hasil jepretan yang biasa saja. Jadi bagi kami, kamera memang tidak begitu menjadi perhatian utama di ponsel ini.

Baterai

Smartphone ini dibekali baterai Li-Po 5000 mAh dengan fast charging 120W. Ini menjadi keunggulan yang cukup menarik bagi kami. Redmi Note 13 Pro Plus 5G diklaim mampu mengisi daya hingga 100 persen hanya dalam waktu 19 menit saja. Kamu bisa sambil santai ngopi sambil menunggu ponsel ini terisi daya penuh.

Spesifikasi Redmi Note 13 Pro Plus 5G

  • Rilis: September 2023
  • Dual SIM, GSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE/5G
  • Layar: 6.67 inci AMOLED. 1220 x 2712 pixels (~446 ppi density)
  • Gorilla Glass Victus, IP68 dust/water resistant (up to 1.5m for 30 min)
  • OS: Android 13, MIUI 14
  • Chipset: Mediatek Dimensity 7200 Ultra (4 nm)
  • Prosessor: Octa-core (2×2.8 GHz Cortex-A715 & 6×2.0 GHz Cortex-A510)
  • GPU: Mali-G610 MC4
  • Memori: 512GB 12GB RAM
  • Kamera Belakang: 200 MP, 8MP dan 2MP (video 4K/24fps)
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
  • Bluetooth 5.3, A2DP, LE
  • NFC, Infrared, USB Type-C 2.0, OTG
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh, 120W fast charging 100% dalam 19 menit.

Harga Redmi Note 13 Pro Plus 5G

Pada pertama rilis ponsel ini memang dibandrol diangka Rp.6.5 jutaan. Namun saat kami cek di berbagai marketplace, harga ponsel saat ini ada di kisaran Rp.6 juta pas. Sepertinya Xiaomi tidak ingin ponsel ini kalah pamor dibanding Redmi 13T yang hanya selisih 500 ribuan saja, alhasil harga Redmi Note 13 Pro Plus 5G kembali diturunkan menjadi dikisaran Rp.6 juta saja. Bagaimana, apakah kalian tertarik dengan ponsel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *