3 Handphone yang ada NFC Murah Terbaru 2024

Kali ini kita akan berikan informasi terupdate tentang handphone yang ada NFC murah terbaru untuk tahun ini. Seperti diketahui fitur NFC awalnya memang tidak terlalu dilirik, namun semakin kesini kebutuhan pengguna semakin komplek sehingga membutuhkan fitur yang lebih memudahkan dalam setiap aktivitas, salah satunya adalah fitur NFC yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Kita tahu untuk beberapa tahun kebelakang hanya ponsel-ponsel kelas menengah hingga atas saja yang dibekali dengan fitur ini. Namun belakangan fitur ini juga sudah bisa di temukan di ponsel-ponsel dengan harga yang murah dan terjangkau. Lantas pertanyaannya, seberapa penting fitur NFC ini untuk kita? Berikut ini ulasannya.

Handphone yang ada NFC, Apa Sih Fungsinya?

NFC atau Near Field Communication adalah sebuah fitur yang terdapat pada ponsel untuk memudahkan pengguna dalam melakukan banyak hal. Jika dahulu kala kita mengenal infrared hingga bluetooth untuk berbagi file dan informasi, namun saat ini sudah ada yang lebih canggih lagi yakni NFC.

Fungsinya adalah sebagai transmisi nirkabel dengan standar RFID (Radio Frequency Indetification). Kita bisa mengirimkan dan bertukar informasi dengan memanfaatkan induksi elektromagnetik. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fitur ini, diantaranya adalah.

1. Bisa Cek Saldo dan Top UP uang Elektronik

Sebagai contoh saat ini pembayaran TOL tidak lagi menggunakan uang cash melainkan uang elektronik. Kamu akan menempelkan kartu yang sudah ada saldo uangnya pada saat pembayaran TOL. Namun bagaimana jika kita tidak tahu berapa rupiah lagi saldo yang ada di kartu tersebut?

Maka solusinya cara mengecek saldo bisa menggunakan NFC yang ada di ponsel kamu. Tinggal aktifkan fitur NFC kemudian tempelkan kartu tersebut di ponsel kamu, maka otomatis akan muncul saldo yang tersisa. Kamu juga bisa langsung Top UP saldo menggunakan fitur tersebut.

2. Sebagai Alat Pembayaran

Tidak bawa uang cash saat belanja di minimarket? Tenang saja lantaran saat ini sudah banyak minimarket yang menyediakan pembayaran secara elektronik, lebih simpel dan tidak perlu meyimpan uang receh kembalian. Gunakan ponsel kamu dengan fitur NFC dan lakukan pembayaran dengan menempelkan ponsel kamu pada sensor NFC yang ada di kasir minimarket.

3. Fitur lainnya

Fitur lainnya dengan memanfaatkan NFC diantaranya adalah bisa untuk berbagi kontak antar ponsel, berbagi foto dan video, berbagi jaringan wifi dan lain sebagainya. Nah pastinya kamu akan membutuhkan fitur NFC ini bukan?

Handphone yang ada NFC Harga Murah

Lantas ponsel apa saja yang memiliki fitur NFC terlebih ponsel dengan harga yang cukup murah dan terjangkau? Seiring berkembangnya kebutuhan pengguna akan fitur ini, maka saat ini banyak vendor yang sudah mulai memasang fitur ini di produk ponsel terbarunya, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Samsung Galaxy A05s

Ini adalah salah satu ponsel Samsung termurah yang dilengkapi dengan fitur NFC. Dengan ponsel ini kamu bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan aman. Lantas apa saja kelebihan dari ponsel ini? Berikut ini spesifikasinya.

handphone yang ada NFC

Kelebihannya

  • Harganya cukup terjangkau yakni sekitar Rp.1 jutaan, namun sudah ada fitur NFC yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan.
  • Layarnya berukuran 6.7 inci sehingga lebih luas dan nyaman saat melihat berbagai informasi yang ditampilkan, apalagi resolusinya sudah Full HD
  • Mesinnya cukup garang dikelasnya dengan chipset Snapfragon 680 4G serta prosessor Octa-core sudah cukup mampu melibas berbagai aktivitas multimedia.
  • Sekalipun secara RAM cukup nanggung yakni 6 GB juga kapasitas memori 128 GB. Tapi sejatinya itu adalah kapasitas minimal yang memang sudah wajib terpenuhi untuk ponsel masa kini.
  • Urusan kamera cukup bagus dengan 50 MP autofocus meski untuk merekam video sudah pasti harus ekstra hati-hati agar gambar tidak goyang parah mengingat tidak ada OIS.
  • Selfie dengan 1 MP sudah cukup lumayan lah, video call terlihat baik asalkan jaringan internetnya bagus.
  • Baterai 5000 mAh termasuk gede untuk ponsel dengan spek minimalis, dibekali fast charging 25W menjadi proses pengisian daya lebih maksimal.

Kekurangannya

  • OS android masih versi 13 untuk bawaan pabrik, tidak tahu apakah akan ada update atau tidak ke versi terbaru.
  • Refresh rate 90 Hz dan tingkat kecerahan pada layar nampaknya masih minimalis.
  • Ponsel belum suport jaringan 5G

2. Infinix Hot 40 Pro

Kalau nyari ponsel dengan spek garang namun dibandrol dengan harga murah, tentu untuk tahun ini mata kita tertuju kepada ponsel keluaran Infinix. Salah satunya adalah Infinix Hot 40 Pro, selain itu ini adalah handphone yang ada NFC dengan harga yang cukup terjangkau. Lantas apa saja kunggulan ponsel ini? Berikut ini ulasannya.

handphone yang ada NFC

Kelebihannya

  • Jelas ini adalah ponsel paling diunggulkan ketimbang ponsel lainnya. Fitur utamanya seperti yang kita bahas kali ini adalah NFC, maka ponsel ini sudah memilikinya.
  • Selanjutnya adalah layar yang jernih berukuran 6.78 inci dengan jenis IPS-LCD 120Hz. Resolusinya juga tinggi yakni full HD.
  • Performanya tidak perlu diragukan lagi mengingat ponsel ini didesain juga untuk kebutuhan gaming.
  • Chipset Mediatek Helio G99 masih menjadi andalan infinix untuk melibas berbagai game, apakagi diperkuat prosessor Octa-core dan juga grafis berkualitas dari Mali G57.
  • Bukan hanya itu, infinix membekali dirinya dengan RAM besar 8 GB dan memori bawaan 256 GB.
  • Kamera utamanya cukup besar yakni 108 MP dengan kemampuan mengambil gambar yang tajam dan jernih. Sementara resolusi maksimal video adalah 2K, kamu bisa mengaktifkan gyro-EIS pada resolusi 1080p.
  • Urusan selfi juga tak kalah mentereng dengan 32 MP dengan resolusi maksimal video 1080p.
  • Baterai besar 5000 mAh turut memberikan daya tahan lebih lama. Proses pengisian daya semakin cepat dengan fast charging 33W.

Kekurangannya

  • Ponsel ini masih berada pada jaringan 4G LTE atau belum 5G
  • Sistem operasi android bawaan yakni versi 13, mungkin saja akan mendapat update ke versi terbarunya.
  • Tingkat kejelasan layar masih dibawah 1000 nits, artinya kalau berada dibawah sinar matahari tentu akan kurang jelas.

3. Xiaomi Redmi Note 13

Redmi Note 13 adalah Handphone yang ada NFC yang paling baru yang dirilis Xiaomi dan dibandrol paling murah untuk produk Xiaomi saat ini. Meski harga terjangkau, ponsel ini memiliki spesifikasi paling oke dibanding merek lainnya.

Kelebihannya

  • Hal pertama yang menjadi kelebihan dari ponsel ini adalah ini adalah handphone yang ada NFC paling baru dari Xiaomi yang dirilis awal tahun 2024 ini. Harganya paling murah dan terjangkau.
  • Kualitas layar sangat baik dikelasnya dengan dimensi 6.67 inci namun sudah AMOLED 120Hz, juga memiliki tingkat keterangan mencapai 1800 nits.
  • Mesin garang dengan chipset Snapdragon 685 dan juga CPU Octa-core.
  • Dibekali RAM 8 GB dan memori bawaan 256 GB.
  • Juga kamera utama berkualitas berukuran 108 MP dan kamera belakang 16 MP.
  • Baterai besar 5000 mAh dengan 33W fast charging.

Kekurangannya

  • Jaringan masih 4G LTE
  • Sistemm android versi 13 dan belum tahu apakah dapat upgrade atau tidak.
  • Harga lebih mahal ketimbang yang lainnya.

Kesimpulan

itulah ponsel keluaran terbaru di tahun 2024 ini sebagai handphone yang ada NFC namun dibandrol paling murah di kelasnya. Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan mungkin kamu bisa coba pilih Infinix Hot 40 Pro mengingat harganya berada di bawah Redmi Note 13. Hanya saja kualitas keterangan layar masih sangat kurang. Tapi jika ingin layar yang jernih maka bisa coba Redmi Note 13 dengan penambahan harga tentus aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *